Berdasarkan informasi yang ada diketahui jika beberapa judul manga yang kemungkinan akan tamat di tahun 2023 ini. Tahun 2023 menjadi tahun yang menarik bagi manga dan juga anime, di mana ada banyak judul baru dan juga berbagai hal menarik yang terjadi di tahun ini. Meskipun begitu, di tahun 2023 juga mungkin akan jadi tahun yang sedih bagi para fans sebagian judul manga.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Di tahun 2023 ini ada kemungkinan jika beberapa judul manga akan menyelesaikan ceritanya alias akan tamat. Meskipun ada yang sudah memberikan jadwal pastinya, namun sebagian lainnya masih belum ada jadwal kapan mereka akan mengakhiri ceritanya. Lalu, manga apa saja yang akan tamat di tahun 2023 ini? Berikut adalah daftarnya.

My Home Hero

My Home Hero merupakan sebuah manga yang ditulis oleh Naoki Yamakawa dan mulai diserialisasikan pada 2017. Dan sejak saat itu juga manganya sudah jadi bagian dari Weekly Shonen Magazine. Kepopuleran dari manganya membuat My Home Hero dibuat versi animenya oleh Tezuka Production dan kesuksesan dari animenya membuat para fans pun penasaran untuk membaca manganya.

Untuk saat ini, memang belum ada informasi kapan manganya akan selesai. Namun, ada kemungkinan besar jika manga My Home Hero akan mencapai puncak ceritanya sebelum akhir tahun ini. Dan jika kemudian manganya memang benar tamat, para fans pun berharap jika akan ada musim kedua dari animenya. My Home Hero sendiri berkisah tentang seorang ayah yang berjuang untuk menyelamatkan putrinya.

Tengu Hunter Brothers

Manga Tengu Hunter Brothers adalah manga hasil karya Shinta Harekawa yang penuh dengan adegan aksi. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang anak laki-laki bernama Mamoru Yamaemori, yang berjuang untuk menghadapi makhluk mengerikan bernama Tengu. Tengu sendiri adalah makhluk mengerikan yang berada di wilayah hutan dan selalu memangsa manusia.

Pertempuran Mamoru Yamaemori untuk menghadapi para Tengu tidak sendirian. Dia bergabung bersama dua saudaranya yang berusaha untuk membantunya dalam menjalankan misi tersebut. Mereka bertiga berjuang untuk melindungi orang-orang di wilayah pegunungan dari makhluk Tengu. Tengu Hunter Brothers dijadwalkan akan selesai pada September mendatang.

My Hero Academia

Ini adalah salah satu manga yang sudah diketahui oleh para fans sejak beberapa waktu lalu akan menyelesaikan seriesnya. My Hero Academia merupakan salah satu series yang populer dalam beberapa tahun belakangan. Para fans dari seriesnya benar-benar sangat luar biasa, yang bisa dilihat dari angka penjualangan yang mencapai lebih dari 50 juta kopi dan angkanya masih akan terus meningkat.

manga tamat

Saat ini, baik manga atau pun animenya sudah memasuki arc terakhir yaitu Final War Arc. Dan sesuai dengan namanya, ini akan menjadi arc perang besar terakhir di series My Hero Academia. Kohei Horikoshi, mangaka dari seriesnya, mengaku bahwa dia sudah tidak sanggup lagi untuk menggambar seriesnya dalam waktu yang lama. Hal ini pun merujuk pada kemungkinan jika manga My Hero Academia akan tamat di tahun 2023.

Noragami

Noragami merupakan manga karya Adachitoka, dua mangaka bertalenta. Adachitoka sendiri merupakan gabungan dari dua nama, yaitu Adachi dan Tokashiki, yang sebelumnya menjadi asisten dari Mangaka lainnya, Motohiro Katou. Adachitoka memulai manga Noragami pada Desember 2010 dan mulai jadi bagian dari Kodansha’s Monthly Shonen Magazine.

Pada majalah Kodansha Juli 2022 kemarin, dikonfirmasi oleh Adachitoka bahwa manganya sedang memasuki arc terakhir. Banyak fans yang berharap jika setelah 2023 ini ceritanya masih terus akan berlanjut. Namun, mengingat seriesnya sedang memasuki arc terakhir ada kemungkinan jika kemudian manga ini akan tamat di akhir 2023.

Seraph Of The End

Seraph of the End merupakan manga karya Takaya Kagami yang sangat populer, di mana total penjualannya mencapai lebih dari 10 juta kopi. Manganya yang populer menginspirasi kemunculan adaptasi anime, beberpa light novel, dan bahkan video game. Namun, dalam manga volume 26 sang mangaka mengumumkan jika Seraph of the End akan mencapai puncak ceritanya dalam waktu dekat.

manga tamat

Kabar mengenai manga Seraph Of The End yang akan tamat di tahun 2023 ini sebenarnya bukan sebuah kejutan yang besar bagi para fans. Pasalnya, kabar mengenai hal ini sudah sejak bertahun-tahun lalu muncul. Meskipun kagami sudah memastikan ceritanya akan selesai, namun belum diketahui kapan jadwal pasti manganya akan selesai. Tetapi, kemungkinan manganya selesai di tahun 2023 ini.

Jujutsu Kaisen

Seris yang luar biasa populer selain My Hero Academia. Manga Jujutsu Kaisen ditulis oleh Gege Akutami dan berhasil mendapatkan perhatian dari para penggemar manga. Kesuksesan dan popularitas dari manganya semakin melejut setelah musim pertama adaptasi anime Jujutsu Kaisen berhsail meledak di pasaran. Mereka pun bahkan sempat merilis satu film layar lebar, yang lagi-lagi sukses besar.

manga tamat

Pada acara Jump Festa ’23, dikonfirmasi jika musim kedua animenya akan rilis pada Juli 2023. Gege Akutami sendiri diketahui tidak ingin memperpanjang cerita dari Jujutsu Kaisen. Dan banyak wawancara dari Akutami mengklaim jika dia ingin segera menyelesaikan manganya, bahkan dia ingin selesai dalam waktu satu tahun. Jika tidak ada kendala apa pun, maka manganya kemungkinan akan berakhir di tahun 2023.

Berserk

Bagaimana kemudian Berserk masuk dalam daftar manga yang akan tamat di tahun 2023 mungkin akan membuat Geeks heran. Namun, pada kenyataanya, Kouji Mori, sahabat dari Kentaro Miura, mengonfirmasi jika dialah yang akan menyelesaikan cerita manga Berserk. Tetapi, keputusan Mori tersebut banyak ditentang oleh para fans yang tidak ingin manganya diselesaikan oleh Miura sendiri.

manga tamat

Sebenarnya, belum ada informasi kapan manga Berserk akan dimulai. Chapter 371 sendiri baru muncul pada Desember 2022 kemarin dan itu jadi chapter pertama dari Mori mengambil alih tugas Miura. Namun, sampai saat ini, manga Berserk belum lagi merilis chapter terbaru yang mana hal ini membuat banyak spekulasi di kalangan fans. Mereka berpendapat jika Mori mungkin ingin merilis semua cerita Berserk dalam format manga yang penuh. Sehingga, Mori mungkin butuh waktu untuk menyelesaikan ceritanya.

Meskipun para fans mungkin ingin cerita dari manga favorit mereka untuk tetap terus muncul, namun pada akhirnya ceritanya harus berakhir. Banyak faktor yang membuat para mangaka memutuskan untuk segera menyelesaikan ceritanya, seperti kesehatan atau hal lainnya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa cerita akhir dari manga-manga tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.