Gear 5 Lufy tidak diragukan lagi adalah kekuatan paling dahsyat di dunia One Piece, namun apakah dia bisa bagikan kekuatan tersebut ke para Nakama? Monkey D Luffy merupakan sosok karakter yang paling cepat dalam hal peningkatan kekuatan di series One Piece. Peningkatan kekuatan Luffy jauh lebih drastis dari para Nakama lainnya bahkan karakter lain.

Hal ini bisa dilihat dari kekuatan Luffy sebelum dan sesudah timeskip, di mana pasca timeskip kekuatan Luffy seolah berkali-kali lipat bertambah. Puncak dari kekuatan Luffy sendiri saat ini adalah Gear 5 yang jadi bukti kedahsyatan buah iblisnya. Namun, ada sebuah pertanyaan besar di kalangan fans apakah kekuatan gear 5 Luffy bisa dia bagikan kepada para Nakama di kru Topi Jerami?

Gear 5 Luffy

Setelah sempat sejak lama dispekulasikan dan didiskusikan oleh para fans dari series One Piece, pada akhirnya Eiichiro Oda mewujudkan hal tersebut di mana Luffy menghadirkan Gear 5. Kemampuan Gear 5 pertama kali muncul dalam pertarungan Luffy melawan Kaido di pertempuran Onigashima. Ini menjadi kekuatan terbaru dari Luffy dan kemampuan yang paling kuat yang Luffy miliki saat ini dibandingkan sebelumnya.

Petunjuk kuat mengenai kemunculan Gear 5 hadir dalam kolom SBS Volume 98 kemarin. Oda menjawab bahwa setelah 4G akan muncul 5G. Dan akhirnya, pada One Piece chapter 1044 kemarin dan di episode 1071 Oda Sensei secara resmi memperkenalkan Gear 5 dari Luffy. Luffy sendiri pada awalnya masih terasa bingung dengan apa yang terjadi kepada tubuhnya, apalagi awakening tersebut terasa tiba-tiba.

Namun, setelah beberapa saat pada akhirnya Luffy mulai terbiasa dengan kekuatannya, dan dia pun menyebut kekuatan barunya sebagai Gear 5. Dengan kedahsyatan dari kekuatan baru Luffy ini, membuat sang kapten dari kru Topi Jerami akan semakin sulit untuk dikalahkan. Di sisi lain, pihak World Government akan semakin terancam dengan keberadaan Luffy.

gear 5 one piece

Berdasarkan dari apa yang sudah dihadirkan sejauh ini, baik dalam manga atau pun animenya, Oda Sensei baru menghadirkan beberapa gambaran kekuatan dari Gear 5 Luffy. Ada beberapa momen di mana kita diperlihatkan kekuatan dari Gear 5 Luffy. Misalnya ketika kekuatan dari Luffy meningkat tajam. Kemudian, tubuh Luffy mampu untuk berubah menjadi sangat besar.

Setelah Luffy kembali sadar, lengan Luffy langsung membesar dan dia pun langsung mencengkram Kaido kembali ke atap. Padahal, saat itu, Kaido sedang berada dalam mode naga miliknya. Dan mode naga Kaido dianggap sebagai mode yang paling kuat, yang artinya level kekuatan Luffy sudah berada di atas Kaido. Selanjutnya, Luffy pun bahkan sempat membanting tubuh Kaido beberapa kali, sebuah momen yang sebelumnya tidak terjadi, meskipun Luffy sudah menggunakan Advanced Conqueror Haki.

Luffy Bagikan Kekuatan Gear 5

Dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya, Gear 5 memang wajar jadi kekuatan paling dahsyat dalam cerita One Piece untuk saat ini. Karena, dengan kekuatan yang tidak terbatas artinya tidak ada satu pun orang yang akan sanggup menandingi Luffy. Namun, mungkin Oda sengaja menghadirkan hal tersebut karena Luffy akan menghadapi musuh yang jauh lebih kuat di masa depan.

Berkaitan dengan musuh yang jauh lebih kuat di masa depan dan kekuatan Gear 5 Luffy, ada sebuah spekulasi di kalangan fans yang cukup menarik. Spekulasi tersebut menyebutkan jika kekuatan dari Gear 5 Luffy akan mampu untuk dibagikan kepada para Nakama di kru Topi Jerami. Kemungkinan, para kru bajak laut Topi Jerami tersebut akan memiliki kekuatan Gear 5 Luffy di akhir ceritanya.

Namun, apakah hal tersebut memang bisa untuk dilakukan? Bisakah kekuatan Gear 5 dibagikan kepada orang lain? Seperti yang disebutkan di atas, kita masih belum melihat banyak kekuatan dari Gear 5. Di sisi lain, dalam sejarah cerita One Piece belum pernah ada kekuatan dari buah iblis yang kemudian bisa diberikan kepada orang lain. Sejauh ini, cara untuk bisa mendapatkan kekuatan buah iblis adalah dengan memakan buah iblisnya atau mencuri kekuatan buah iblis milik orang lain seperti yang dilakukan oleh Blackbeard.

Meskipun begitu, pengguna dari buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika mungkin bisa jadi pengguna buah iblis pertama yang mampu membagikan kekuatannya kepada orang lain. Bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut? Pertama, Luffy bisa saja dengan sukarela membagikan kekuatannya kepada kru lainnya. Konsepnya mirip seperti Shazam dalam cerita komik DC.

Yang mungkin membedakannya adalah kekuatan Gear 5 yang nantinya akan dimiliki oleh kru Topi Jerami lain bisa jadi tidak akan sedahsyat milik Luffy. Tubuh mereka tidak akan bisa berubah menjadi besar atau elastis seperti Luffy, namun level kekuatan dan kemampuan lainnya akan meningkat drastis seperti halnya Luffy. Dengan begitu, kru Topi Jerami akan mampu menghadapi Im dan juga para Gorosei untuk menghancurkan World Government.

Cara kedua adalah melalui rekayasa genetik. Vegapunk diketahui mampu menciptakan tiruan buah iblis yang mendekati sempurna. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Momonosuke yang memakan buah iblis tiruan dari Uo Uo no Mi yang dibuat oleh Vegapunk. Berdasarkan hal tersebut artinya Vegapunk juga kemungkinan bisa menirukan kekuatan dahsyat dari buah iblis Nika meskipun tidak sepenuhnya sempurna.

Jadi, apakah Luffy akan bagikan kekuatan Gear 5 kepada para Nakama? Jawabannya adalah bisa jadi. Meskipun sejauh ini dalam cerita One Piece kekuatan buah iblis tidak bisa dibagikan kepada orang lain, namun buah iblis Nika mungkin bisa jadi yang pertama melakukan hal tersebut. Dan dengan cara ini juga Luffy serta kru Topi Jerami akan mampu menghancurkan World Government.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.