Meskipun jadi puncak kekuatan Monkey D Luffy saat ini dalam cerita anime One Piece, Gear 5 ternyata adalah lelucon yang Oda buat untuk para fans. Gear 5 dari Luffy saat ini sedang menjadi buah bibir banyak orang, baik para fans dari series One Piece atau pun dari penggemar anime lainnya. Hype dari Gear 5 ini benar-benar sangat luar biasa di mana transformasi Luffy tersebut banyak jadi perbincangaan di seluruh dunia.

Gear 5 sendiri merupakan puncak dari kekuatan buah iblis milik Luffy, setidaknya untuk saat ini. Transformasi ini muncul di episode 1071 kemarin dalam pertarungan Luffy melawan Kaido. Dalam transformasi baru ini, Luffy benar-benar menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Hal ini karena kekuatan dari Gear 5 diketahui tidak memiliki batas. Namun, ada sebuah fakta menarik mengenai Gear 5 ini.

oda gear 5

Ternyata, Oda Sensei sengaja membuat transformasi Gear 5 sebagai lelucon agar para fans merasa jijik atau merasa kurang senang dengan transformasi tersebut. Hal ini diketahui dalam wawancara Eiichiro Oda dengan kreator Detective Conan, Aoyama Gosho. Dalam cuitan akun fan One Piece, Sandman_AP, dijelaskan jika Oda sengaja membuat atau menghadirkan transformasi Gear 5 sebagai lelucon bagi para pembacanya. Hal ini karena dia merasa para fans terlalu menanggapi serius pertarungan di series One Piece.

Oda mengatakan bahwa para fans pasti akan merasa kurang senang atau jijik dengan Gear 5, yang mana inspirasinya adalah kartun Tom and Jerry. Oda pun menyebutkan bahwa dia merasa jika elemen lelucon dari kartun seperti Loony Toones saat ini sudah tidak lagi digunakan dalam berbagai media, yang mana hal tersebut menjadi momen baginya untuk menggunakan gaya lelucon tersebut di Gear 5 dari Luffy. Sang kreator pun mengaku jika dia sangat senang dan menikmati momen menggambar Gear 5 apalagai setelah banyak momen serius di arc Wano.

Terlepas dari sisi konyol dan penuh lelucon dari Gear 5 yang Oda hadirkan, ada hal penting lainnya yang ditunjukan dalam ceritanya mengenai transformasi terbaru Luffy tersebut. Dengan menggunakan Gear 5, Luffy pada akhirnya mampu mengimbangi kekuatan dari Kaido yang sangat luar biasa. Dan seperti yang disebutkan dalam episodenya, ini merupakan puncak kekuatan yang dia miliki setidaknya untuk saat ini. Kita nantikan saja ya Geeks berbagai kejutan lainnya dari transformasi Luffy tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.