Hype Gear 5 dari Monkey D Luffy dalam anime One Piece terbukti benar-benar sangat luar biasa bahkan berhasil memecahkan beberapa rekor. Seperti yang sudah dipromosikan sebelumnya, Gear 5 Luffy akan muncul dalam episode 1071 dalam anime One Piece. Dan berdasarkan informasinya, Gear 5 Luffy ini akan muncul dalam dua episode yaitu episode 1071 dan episode 1072.

Gear 5 sendiri diketahui merupakan puncak dari kekuatan Luffy saat ini. Kekuatan tersebut merupakan hasil awakening dari buah iblis yang dia miliki. Gear 5 menjadi puncak kekuatan dari Luffy dalam pertarungan melawan Kaido dalam pertempuran di Onigashima. Dengan popularitas dan hype yang sangat tinggi ada beberapa rekor yang kemudian dipecahkan oleh Gear 5 Luffy. Apa saja?

“Hancurkan” Situs Streaming

Karena series anime One Piece tayang di Jepang, artinya para penonton di luar Jepang harus menunggu momen di mana episode tersebut didistribusikan. Untuk menonton setiap episode One Piece bisa dilakukan dengan dua cara; menonton melalui platform streaming resmi dan tidak resmi. Salah satu platform streaming resmi yang menayangkan series One Piece adalah Crunchyroll.

Berdasarkan informasi yang ada, situs Crunchyroll sempat sulit diakses karena beban penonton yang masuk ke server mereka jumlahnya membludak. Sehingga, kecepatan untuk mengakses situs tersebut pun menurun drastis. Yang luar biasa adalah selain situs streaming resmi, beberapa situs streaming ilegal lainnya pun mengalami hal yang sama. Server mereka sempat down karena beban pengunjung dan penonton yang sangat luar biasa banyak.

Jadi Trending Di Twitter

Di jagat media sosial sendiri Gear 5 benar-benar menjadi bahan perbincangan hangat para fans. Secara spesifik, dalam hal ini media sosial Twitter sempat memperlihatkan bagaimana Gear 5 sempat menjadi trending topic di posisi 5 dan 3 dunia yang mana tentunya hal itu benar-benar sangat luar biasa. Kemudian, kata kunci ‘Gear 5’ sudah mencapai 100 ribu cuitan hanya beberapa menit setelah episodenya rilis dan mencapai 170 ribu cuitan setelah 5 jam perilisannya.

Hype dari Gear 5 sendiri sebenarnya, di media sosial Twitter khususnya, sudah sejak beberapa waktu lalu muncul dengan jumlah traffic yang luar biasa. Bahkan, Gear 5 sempat juga trending di negara Jepang dan beberapa negara lainnya sebelum episode 1071 ini rilis. Mayoritas isi cuitannya mengatakan bahwa mereka tidak sabar untuk melihat animasi dari Gear 5 milik Luffy yang diprediksi sangat epik.

Lebih Trending Dari Episode Lainnya

Berkaitan dengan trending topic di media sosial Twitter, yang menarik adalah episode One Piece minggu ini serta transformasi Gear 5 Luffy sempat sama-sama masuk trending topic dunia melalui #gear5 dan #ONEPIECE1071. Bahkan, ada tiga tagar yang jadi trending dengan kemunculan #Luffy. Anime One Piece episode 1071 bisa dibilang adalah episode yang paling banyak dibicarakan oleh orang-orang untuk saat ini, dibandingkan beberapa episode lainnya.

gear 5 luffy

Diketahui, beberapa episode lainnya yang juga sempat masuk trending topic atau menjadi bahan perbincangan orang-orang di media sosial. Contohnya One Piece episode 1015 di mana dalam episode tersebut memperlihatkan transformasi epik dari Roronoa Zoro ketika bertarung melawan King. Juga, episode 1062 di mana Zoro menggunakan teknik King of Hell untuk menghabisi King.

Memunculkan Perang Fandom

Hype yang luar biasa dari Gear 5 ini ternyata bukan hanya memancing perhatian dari para fans One Piece, melainkan juga para fans dari fandom atau penggemar dari series anime lainnya. Penggemar dari anime besar dan populer di dunia lainnya, Bleach dan Naruto (serta Boruto), saling perang di jagat media sosial terkait dengan kemunculan Gear 5 ini di mana mereka mengatakan jika hype dari Gear 5 tersebut tidak mampu menghebohkan internet.

Para penggemar dari anime Bleach dan Naruto nampak bersatu di internet di mana mereka membandingkan jika Gear 5 Luffy tidak seheboh atau seluar biasa transformsi Baryon Mode dari Uzumaki Naruto dan juga Final Genshuga Tensho milik Ichigo Kurosaki dari anime Bleach. Penggemar dari anime Dragon Ball juga bahkan mengatakan jika hype Gear 5 tidak mampu mengalahkan hype dari Ultra Instinct Goku secara statistik.

Memunculkan Banyak Ratusan Akun Email Baru

Masih berbicara mengenai rekor Gear 5 Luffy dari sudut pandang fans anime lain, ternyata ada juga rekor lainnya yang muncul dari para penggemar Attack on Titan. Jika para fans dari Dragon Ball, Naruto, dan Bleach membandingkan berbagai transformasi terbaik dari karakter utama mereka berdasarkan analitik, namun penggemar dari anime lain ternyata melakukan hal lain untuk menjatuhkan pamor Gear 5.

Menurut informasi yang beredar, diketahui seorang penggemar dari anime Attack on Titan sengaja membuat 300 akun email baru. Tujuannya adalah untuk melakukan ulasan buruk secara sporadis atau yang biasa disebut sebagai review bombing. Dan hal ini terjadi di situs rating film dan series, IMDb, di mana episdoe 1071 mendapatkan rating 1/10.

Dikerjakan Lima Animator Top

Salah satu rekor Gear 5 Luffy yang juga tidak kalah luar biasa adalah adegan tersebut ternyata dikerjakan oleh empat animator top dan legendaris. Yang pertama adalah Tatsuya Nagamine, di mana dia adalah animator yang bertanggung jawab untuk adegan Gear 5. Nagamine adalah sosok yang membuat film One Piece Film Z dan Dragon Ball Super: Broly. Kemudian, ada sosok Shida Naoto.

gear 5 luffy

Shida Naoto merupakan salah satu animator kawakan di Toei Animation, di mana dia sempat mengerjakan adegan Goku vs Jiren. Selanjutnya, Vincent Chasard merupakan animator yang mengerjakan adegan pertarungan Zoro vs King, Naruto vs Isshiki, dan sebagainya. Terakhir adalah Weiling Zhang. Zhang memang baru mengerjakan proyek One Piece, namun dia terkenal mengerjakan proyek epik lainnya yaitu Jujustu Kaisen, Boruto, Mob Psycho.

Selain menghadirkan beberapa animator luar biasa di atas, Eiichiro Oda juga benar-benar sangat serius dalam menghadirkan animasi Gear 5 ini. Diketahui, animator yang biasa mengerjakan berbagai animasi barat, termasuk animasi Looney Toones, juga mengerjakan proyek One Piece ini yaitu Ole Lekon. Mengapa kemudian hal ini masuk salah satu catatan rekor, karena biasanya momen pertarungan tidak dikerjakan oleh sebanyak ini.

Jadi Adegan Paling Mahal

Menghadirkan sebuah episode animasi tentunya bukan sebuah pekerjaan yang mudah dan murah. Untuk menghadirkan kualitas animasi yang bagus dan luar biasa tentunya dibutuhkan sosok yang terampil dan berpengalaman. Dan seperti diketahui di atas, episode 1071 anime One Piece diketahui menyewa jasa lima orang animator legendaris dan luar biasa untuk mengerjakan adegan dari Gear 5.

gear 5 luffy

Menurut informasi yang ada, episode 1071 anime One Piece menjadi episode yang paling mahal sejauh ini. Meskipun tidak diketahui angka pastinya, namun melihat dari berbagai faktor yang ada wajar jika kemudian episode 1071 jadi salah satu episode yang paling mahal di sepanjang seriesnya atau bahkan mungkin yang termahal. Sekedar informasi, jika satu episode One Piece membutuhkan biaya 8.000 sampai 10.000 Dollar Amerika atau 10 sampai 13,5 juta Yen atau sekitar 151 juta Rupiah. Kemungkinan angkanya berkali-kali lipat untuk mengerjakan episode 1071 ini.

Nonton Bareng Di Berbagai Negara

Catatan rekor Gear 5 Monkey D Luffy yang paling epik dari semuanya adalah bagaimana para fans dari seluruh dunia melakukan kegiatan ‘nonton bareng’ khusus untuk episode Gear 5 ini. Diketahui ada sekitar 25 negara yang melakukan kegiatan nonton bersama Gear 5. Beberapa diantaranya adalah Amerika, Perancis, Mesir, Puerto Rico, dan bahkan Indonesia melakukan kegiatan ini berbagai wilayah.

gear 5 luffy

Di Indonesia sendiri, mulai dari komunitas besar sampai komunitas kecil melakukan kegiatan kumpul bersama sambil melakukan nonton bareng tersebut. Hal ini tentunya tidak pernah terjadi sebelumnya, khususnya di episode sebelumnya dalam anime One Piece. Fakta ini membuktikan bahwa hype dari Gear 5 benar-benar sangat luar biasa, di mana banyak fans penasaran dengan hal tersebut.

Gear 5 Monkey D Luffy berhasil memecahkan beberapa rekor yang sangat luar biasa, mulai dari jumlah penonton sampai hal-hal lainnya. Ini tentunya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa baik untuk series One Piece sendiri atau pun bagi Eiichiro Oda. Masih harus kita tunggu kejutan apa lagi dan rekor apa lagi yang akan dihadirkan oleh series One Piece selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.