Menjelang kemunculan Gear 5 milik Luffy muncul pertanyaan mengapa transformasi tersebut menjadi sangat penting dalam alur cerita One Piece. Teknik Gear 5 dari Monkey D Luffy saat ini sedang menjadi bahan perbincangan hangat dari para fans One Piece. Pasalnya, animenya akan menghadirkan transformasi epik dari Luffy tersebut pada episode yang akan datang.

Hype dari Gear 5 benar-benar sangat luar biasa yang bisa kita lihat di berbagai platform media sosial. Para fans sudah tidak sabar untuk melihat kekuatan terbaru dari Monkey D Luffy tersebut. Namun, pertanyaan besarnya adalah mengapa kemudian Gear 5 menjadi sangat penting dalam alur cerita One Piece? Apa pengaruhnya bagi Luffy dan seluruh elemen yang ada di dalamnya?

Gear 5 Membuat Luffy Bisa Hadapi Musuh Terkuat

Transformasi Gear merupakan salah satu kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Luffy berkat kekuatan buah iblis yang dia miliki. Kedahsyatan dari transformasi Gear tersebut sudah sering membantu Luffy untuk mengalahkan berbagai musuh kuat yang ada dalam cerita. Contohnya adalah Luffy menggunakan Gear 2 untuk mengalahkan Blueno dan juga Rob Lucci dalam arc Enies Lobby.

Gear 3 juga digunakan oleh Luffy dalam pertarungan menghadapi Rob Lucci di Enies Lobby, yang membuat Rob Lucci terkejut dengan serangannya. Terakhir adalah Gear 4, yang merupakan teknik Gear terbaru yang Luffy gunakan pasca dua tahun latihan di Rusukaina. Kemampuan Gear 4 tersebut pertama kali dia gunakan untuk menghadapi Donquixote Doflamingo dan berhasil mengalahkannya.

gear 5 one piece

Gear 4 juga kemudian kembali digunakan dalam arc Whole Cake Island untuk mengalahkan Charlotte Katakuri. Lawan yang dihadapi Luffy saat ini adalah Kaido, yang mana level kekuatannya jauh di atas Doflamingo, Rob Lucci, dan juga Katakuri. Dalam beberapa pertarungan sebelumnya diperlihatkan bagaimana Gear 4 Luffy nyatanya tidak mampu untuk menyerang Kaido.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Gear 5 jadi sangat penting dalam cerita One Piece, karena salah satunya adalah untuk menghadapi musuh yang jauh lebih kuat seperti Kaido. Kita belum tahu siapa lawan kuat selanjutnya yang akan dihadapi oleh Luffy setelah Kaido. Yang jelas levelnya tidak akan lebih rendah dari Yonko tersebut. Sehingga, logikanya Luffy butuh kekuatan dahsyat untuk bisa mengalahkan mereka dan Gear 5 adalah jawabannya.

Gear 5 Hadirkan Kekuatan Yang Unik di One Piece

Transformasi Gear dari Luffy – mulai dari Gear 2,3, dan 4 – memang merupakan transformasi yang dahsyat. Namun, kekuatan tersebut tidak ada yang istimewa. Gear 4 mungkin bisa jadi sedikit pengecualian dari hal ini, meskipun pada dasarnya kekuatan tersebut sama. Bahkan, banyak yang beranggapan teknik milik karakter lain, seperti Zoro, jauh lebih menarik dibandingkan Gear Luffy.

Jadi, meskipun memang Gear memberikan kekuatan dahsyat kepada Luffy tidak ada hal istimewa atau menarik dari hal tersebut. Tetapi, hal ini berbeda dengan Gear 5. Transformasi tersebut benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru, baik secara kekuatan atau pun secara penampilan. Gear 5 menghadirkan penampilan yang sangat berbeda dari transformasi Gear lainnya yaitu serba putih.

gear 5 one piece

Nampak Luffy sangat berbeda ketika dia mengakses Gear 5, di mana rambut serta pakaian Luffy semuanya menjadi putih. Luffy juga nampak lebih “lucu” dengan penampilan dan perilakunya yang penuh aksi jenaka. Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan inspirasi Oda Sensei dari Gear 5 yaitu kartun Tom and Jerry serta komik lainnya. Inilah yang membuat Luffy nampak unik dibandingkan sebelumnya.

Bagaimana dengan kekuatannya? Gear 5, untuk saat ini, bisa dibilang adalah puncak dari kekuatan Luffy. Kekuatan dan kedahsyatan dari Gear 5 berkali-kali lipat jauh lebih dahsyat dari kekuatan normal atau kekuatan Gear milik Luffy. Hal ini bisa dilihat ketika Luffy dengan mudah mampu untuk menghajar Kaido atau bahkan membuat form Zoan Kaido nampak tidak berdaya.

Gear 5 dan Koneksi Dengan Joy Boy

Salah satu fakta mengejutkan dari buah iblis Luffy adalah ternyata nama asli dari buah iblis tersebut bukan Gomu Gomu, melainkan Hito Hito no Mi, Model: Nika. Gorosei sendiri mengatakan jika buah iblis ini memiliki kekuatan paling dahsyat dan mengerikan di seluruh dunia. Di sisi lain, Nika sendiri ternyata bukanlah sosok biasa berdasarkan penjelasan dari Who’s Who kepada Jinbei.

gear 5 one piece

Nika sendiri dianggap sebagai “Sun God” dan sosok penting yang dianggap sebagai dewa penyelamat, terutama bagi para budak. Yang juga tidak kalah menarik adalah buah iblis Nika dan transformasi Gear 5 nyatanya memiliki koneksi dengan Joy Boy. Pertama, Gear 5 aktif atau muncul di tubuh Luffy melalui genderang kebebasan yang kembali muncul setelah 800 tahun menghilang.

Kedua, Zunesha, gajah yang sempat menjadi rekan dari Joy Boy, juga mengakui jika Luffy dan genderang kebebasan tersebut menjadi pertanda kemunculan kembali dari Joy Boy. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dalam ceritanya, rasanya tidak berlebihan jika buah iblis Nika yang kemudian memilih sendiri siapa pengguna atau pemilik kekuatan selanjutnya yang tidak lain adalah Luffy. Hal ini pun didukung pernyataan Gorosei yang menyebutkan jika buah iblis Zoan memiliki kemampuan untuk “berpikir” sendiri.

Gear 5 Beri Petunjuk Tentang Shanks

Sosok Shanks merupakan salah satu karakter yang sangat misterius. Dia juga diyakini menyimpan banyak sekali rahasia besar yang belum terungkap sampai saat ini. Yang menarik adalah bagaimana Shanks dan kelompoknya mencuri buah iblis Nika puluhan tahun lalu ketika dijaga oleh Who’s Who. Mengapa Shanks mencuri buah iblis tersebut? Apakah Shanks tahu rahasia tentang buah iblisnya?

Pertanyaan tersebut memang masih belum terjawab saat ini, namun banyak fans yang meyakini jika ada hal yang diketahui oleh Shanks mengenai buah iblis tersebut sehingga dia kemudian mencurinya. Namun, sayangnya, Luffy kemudian tidak sengaja memakannya. Dan yang juga menarik adalah ketika pada awalnya Shanks nampak marah dan keberatan Luffy memakan buah iblis tersebut, namun setelah dia melihat jika Luffy merupakan “cermin” dari Roger, Shanks nampak lega dan bahkan mau bertaruh demi Luffy.

Gear 5 kemungkinan akan menjadi jembatan atau petunjuk mengenai pertanyaan besar mengenai sosok Shanks dan berbagai rahasia besar yang dia miliki. Gear 5 juga mungkin bisa menjawab pertanyaan besar mengenai Shanks tentang alasan mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan sekarang. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.