Sejak Gear 5 pertama kali diperkenalkan oleh Eiichiro Oda melalui manga One Piece Chapter 1044, sekarang dunia otaku tampaknya makin penasaran dengan kekuatan teranyar sekaligus terhebat Monkey D. Luffy ini. Pasalnya awakening Gomu Gomu no Mi ini memungkinkan Luffy untuk memperkuat tubuh karetnya dan memanipulasi lingkungan di sekitarnya. Mengingat pada tanggal 6 Agustus nanti kekuatan Dewa Matahari Nika ini akan melakukan debutnya juga di anime One Piece episode 1071, kali ini kita akan membahas berbagai fakta menarik Gear 5 yang jarang diketahui. Penasaran? So, check this out!

Sempat Disinggung di SBS 98

Fakta gear 5 one piece

Tahukah kalian Geeks bahwa fakta pertama terkait eksistensi Gear 5 Luffy sebenarnya sudah pernah disinggung oleh Eiichiro Oda sebelum kita bisa melihatnya. Tepatnya di SBS Volume 98, di mana Oda pernah mendapatkan pertanyaan dari penggemar apakah Luffy akan memiliki Gear 5 atau tidak. Pada saat itu mungkin masih belum banyak yang percaya bahwa Luffy akan mendapatkan kekuatan yang lebih hebat dari Gear 4. Walaupun begitu Oda justru menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan kode bahwa “dunia sudah mulai bertransisi dari teknologi 4G ke 5G.” Lima volume setelahnya, barulah Gear 5 benar-benar dikonfirmasi oleh Oda melalui SBS 103.

Terinspirasi dari Efek Kartun

Fakta gear 5 one piece

Setelah Luffy diceritakan berhasil mencapai Gear 5 dalam pertempuran terakhirnya melawan Kaidou, sejak saat itulah Oda mulai perlahan-lahan membeberkan beberapa fakta baru kepada penggemar terkait kekuatan terhebat di One Piece ini. Dalam transkrip wawancaranya di Weekly Shonen Jump 2022 #34, Oda mengatakan bahwa yang menjadi sumber inspirasinya dalam membuat Gear 5 adalah gaya animasi ‘rubber hose’ yang biasanya dipakai kartun jadul. Lebih spesifik lagi Oda mengaku bahwa dia ingin pertarungan Luffy dan Kaidou selucu Tom and Jerry. Di mana Luffy menggambarkan sisi humor kartun, sedangkan Kaidou mewakili keseriusan yang mengerikan.

Punya Jurus yang Tidak Asing

Banyak penggemar yang merasa bahwa fungsi utama Gear 5 sendiri adalah memungkinkan Luffy untuk mengeluarkan sejumlah teknik baru yang belum pernah ada sebelumnya dalam cerita One Piece. Misalnya mengubah kekuatan musuh dan lingkungan di sekitarnya menjadi karet yang bisa dia manfaatkan. Fakta ini ternyata tidak sepenuhnya benar, karena ternyata sebelum Luffy menjadi raksasa dengan teknik Gear 5′ Gomu Gomu no Gigant, ternyata dia pernah diperlihatkan membesar juga di episode filler anime One Piece Arc Z’s Ambition. Jadi akan lebih tepat jika berbagai teknik baru Gear 5 sebenarnya merupakan variasi teknik-teknik lama Luffy, tentunya dengan sentuhan humor yang ada di kepalanya.

Debut Lebih Awal di Film Red

Fakta gear 5 one piece

Fakta Gear 5 selanjutnya yang harus kalian tahu adalah ternyata penampilan Luffy dengan kekuatan Dewa Matahari Nika ini sudah melakukan debut animenya lebih awal di film One Piece Film: Red (2022). Meskipun cerita canon-nya baru akan dirilis pada tanggal 6 Agustus nanti, tetapi Luffy dengan aura khas Gear 5 sudah pernah diperlihatkan sekilas dalam pertarungan klimaks di film Red. Pada saat itu sejumlah penonton yang tidak mengikuti cerita mangatnya mengaku bahwa mereka sempat kebingungan dengan tampilan Luffy yang berbeda selama beberapa detik. Alasan para animatornya melakukan hal tersebut murni karena mereka ingin merayakan debut Gear 5 di manganya.

Gear Pertama di Bounty Luffy

Fakta gear 5 one piece

Fakta terakhir, Gear 5 ternyata merupakan Gear pertama Luffy yang dipajang di poster bounty miliknya. Semuanya bermula ketika Morgans merasa awakening Luffy ini terlalu membingungkan, sehingga ketika Guernica memberikan foto Gear 5 kepadanya, dia langsung mencetaknya tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Dunia. Kelima Elder yang kecewa dengan keputusan tersebut mengatakan bahwa pengungkapan awakening Luffy kepada dunia sangatlah berbahaya. Namun karena poster tersebut sudah tersebar dengan nilai buronan Luffy yang mencapai 3 miliar berry, Pemerintah Dunia hanya bisa berusaha mengantisipasi setiap dampaknya.

Itulah bebagai fakta Gear 5 Luffy yang bisa kalian jadikan bekal untuk melihatnya di anime One Piece pada tanggal 6 Agustus nanti. Meskipun Gear 5 sudah pernah diperkenalkan di manga dan bahkan One Piece Film: Red, tetapi menariknya hal tersebut sama sekali tidak mengurangi antusias penggemar. Alasannya sangat sederhana, karena proses Luffy mencapai Gear 5 saat melawan Kaidou adalah sejarah yang sangat penting dalam dunia One Piece bahkan mungkin dalam sejarah anime secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.