Berkarier sebagai sutradara memang bukanlah pekerjaan yang mudah, khususnya di industri perfilman Hollywood yang sering menarik perhatian dunia. Baru-baru ini sutradara Secret Invasion Ali Selim mengaku bahwa dirinya khawatir akan mendapatkan ancaman pembunuhan karena twist War Machine di series MCU-nya. Meskipun belum terjadi, tetapi faktanya di Hollywood sendiri hal mengerikan seperti ini memang pernah benar-benar dialami oleh beberapa sineas populer. Termasuk oleh para sutradara yang akan kita bahas kali ini, di mana mereka sempat diancam akan dibunuh hanya karena film garapannya.

Stanley Kubrick – A Clockwork Orange (1971)

Sebagai penggemar setia Hollywood rasanya kurang afdol jika kita belum pernah menonton film karya Stanley Kubrick. Meskipun dia telah meninggal dunia pada tahun 1999 silam, tetapi sampai hari ini masih banyak penggemar yang menonton film-film terbaiknya, misalnya 2001: A Space Odyssey (1968) dan The Shining (1980). Nah karena popularitasnya inilah sutradara legendaris asal Amerika ini pernah diancam akan dibunuh. Semuanya bermula karena film kontroversialnya yang berjudul A Clockwork Orange telah memicu serangkaian kejahatan brutal di Inggris. Kubrick yang masih sayang dengan nyawanya lantas terpaksa menarik film A Clockwork Orange dari bioskop sejumlah negara.

Seth Rogen – The Interview (2014)

Sutradara Diancam Dibunuh

Nama Seth Rogen belakangan ini kembali hangat dibicarakan penggemar karena dia dianggap telah berhasil membawa kembali waralaba Teenage Mutant Ninja Turtles ke layar lebar sebagai kreator sekaligus aktor film terbarunya. Namun tahukah kalian bahwa tahun 2014 silam Rogen justru takut ketika namanya dikenal seluruh dunia. Hal tersebut bisa terjadi karena aktor dan juga sutradara Hollywood ini pernah diancam akan dibunuh oleh orang-orang tak dikenal karena film komedinya The Interview yang berlatar di Korea Utara. Selain Rogen, para aktor lainnya juga sempat mendapatkan ancaman serupa, termasuk Randall Park yang berperan sebagai Supreme Leader Kim Jong-un di filmnya.

Adam Wingard – Death Note (2017)

Sutradara Diancam Dibunuh

Adam Wingard adalah sutradara berikutnya yang sempat diancam akan dibunuh karena film Netflix-nya yang berjudul Death Note. Diadaptasi dari manga dan anime populer berjudul sama, Death Note bercerita tentang pemuda bernama Kira yang tiba-tiba menemukan buku kematian, di mana nama yang tertulis di dalamnya sudah dipastikan akan mati. Karena film adaptasi dari Netflix ini sudah menuai kontroversi sejak awal, saat masih menulis naskahnya sutradara Godzilla vs Kong ini mengaku sudah mendapatkan sejumlah ancaman pembunuhan dari pihak anonim. Walaupun begitu, hal tersebut tidak membuat Wingard kapok untuk mengembangkan film Death Note lainnya bersama Netflix.

Rian Johnson – Star Wars: The Last Jedi (2017)

Sutradara Diancam Dibunuh

Rian Johnson dikenal sebagai sutradara film Star Wars: The Last Jedi yang merupakan film kedua dari trilogi sekuel Star Wars. Meskipun Disney dan Lucasfilm suka dengan film garapannya tersebut, di mana Johnson sempat mendapatkan tawaran untuk trilogi lainnya, tetapi hal yang sama tidak dirasakan oleh sebagian oknum penggemar. Menurut Johnson sendiri penggemar Star Wars adalah penggemar paling toksik. Hal tersebut merujuk pada fakta bahwa sutradara sekaligus kreator waralaba Knives Out ini pernah mengaku bahwa dia diancam akan dibunuh oleh para oknum penggemar Star Wars yang marah karena kematian Luke Skywalker di filmnya.

Russo Bersaudara – Avengers: Infinity War (2018)

Sutradara Diancam Dibunuh

Kesuksesan dan popularitas waralaba raksasa sekelas Marvel Cinenatic Universe ternyata tidak serta-merta membuat para sutradaranya aman dari ancaman pembunuhan yang dilayangkan oleh para oknum penggemar. Hal tersebut terbukti dari laporan terkait sutradara Russo Bersaudara, yaitu Joe dan Anthony Russo, yang diancam akan dibunuh karena film MCU-nya yang berjudul Avengers: Infinity War. Hanya karena filmnya dirumorkan tidak akan menampilkan karakter Hawkeye dari aktor Clint Barton, beberapa oknum penggemar sampai tega mengancam akan membunuh duo sutradara ini.

James Gunn – The Suicide Squad (2021)

Sutradara Diancam Dibunuh

Satu lagi sutradara film superhero yang sempat diancam akan dibunuh adalah James Gunn. Sutradara waralaba Guardians of the Galaxy yang kini menjadi co-CEO DC Studios ini ternyata pernah mendapatkan sejumlah ancaman pembunuhan dari oknum yang mengaku sebagai penggemar The Suicide SquadOknum tersebut sampai mengirimkan ancaman setiap hari kepada Gunn hanya karena tidak ingin karakter favoritnya mati. Gunn sendiri merahasiakan siapa karakter yang dimaksud, tetapi dia mengungkapkan bahwa hal-hal seperti ini merupakan bukti bahwa ada yang salah dengan kefanatikan seseorang terhadap karakter fiktif.

Rhys Waterfield – Winnie The Pooh: Blood And Honey (2023)

Terakhir, sutradara yang belum lama ini diancam akan dibunuh karena filmnya adalah Rhys Waterfield. Pada bulan Januari lalu, Waterfield merilis film slasher terbarunya yang berjudul Winnie The Pooh: Blood And Honey. Meskipun filmnya ini memakai nama dari karakter menggemaskan Disney, tetapi secara cerita film Waterfield ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Pooh. Di filmnya Pooh hanyalah samaran yang dipakai pembunuh berantai untuk mengeksekusi para korbannya. Waterfield mengaku bahwa dirinya sempat mengalami gangguan mental karena petisi yang menyuruh filmnya dihentikan dan juga ancaman pembunuhan yang ditujukan kepadanya.

Itulah para sutradara yang pernah diancam akan dibunuh hanya karena filmnya tidak sesuai dengan ekspektasi semua orang. Pada akhirnya kebebasan berekspresi dan kreativitas seorang sutradara menjadi terbelenggu karena adanya kontroversi dan ancaman mengerikan. Itulah mengapa bisa kita simpulkan bahwa sutradara merupakan salah satu pekerjaan yang cukup berbahaya. Di sisi lain sebagai penonton, kita seharusnya bisa lebih rasional sekaligus tetap menghargai keberanian sutradara dalam menyampaikan karyanya. Jika tidak suka, kita hanya perlu move on dan mencari film lain yang sesuai selera.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.