Buat Geeks penggemar series Naruto, ada beberapa judul manga spinoff dan juga light novel yang bisa dibaca untuk mengikuti alur cerita lainnya di luar cerita utama. Naruto merupakan salah satu series shonen yang populer bahkan hingga saat ini. Sudah sejak lama seriesnya disandingkan dengan berbagai judul populer lainnya seperti One Piece dan juga Bleach.

Manga Naruto sendiri sudah selesai setelah 700 chapter berjalan. Begitu juga dengan versi animenya setelah berjalan lebih dari 700 episode. Meskipun alur cerita utamanya sudah selesai, Geeks masih bisa mengikuti berbagai cerita lainnya dari Naruto dan para shinobi Konoha ini melalui berbagai judul manga spinoff atau light novel yang dirilis oleh Masashi Kishimoto. Lalu, apa saja manga spinoff dan light novel tersebut?

Sasuke’s Story: Sunrise

Teman baik sekaligus rival dari Uzumaki Naruto, Sasuke Uchiha, sudah banyak melakukan hal yang mencerminkan sikap dan keputusannya. Setelah sempat pergi dari Konoha dan berubah menjadi jahat, Sasuke memutuskan untuk kembali pergi dari Konoha demi memulai sebuah perjalanan dan petualangan demi menebus kesalahan yang dia lakukan. Sauke’s Story: Sunrise menghadirkan cerita lengkap dari petualangan tersebut.

Sasuke’s Story: Sunrise berfokus pada petualangan Sasuke pasca seriesnya selesai. Para pembaca akan diajak berpetualang dalam menjalankan misi utama yang dia jalani, yaitu menyelidiki tentang Kaguya Otsutsuki serta melindungi desa Konoha dari kejauhan. Para pembaca juga diperlhatkan momen ketika Sasuke berhadapan dengan kelompok bernama Dark Thunder dan berusaha untuk menghentikannya. Kita akan melihat momen yang jarang terlihat yaitu apa yang Sasuke pikirkan dalam setiap langkah yang dia ambil.

Sakura’s Story: Love Riding on The Spring Breeze

Sosok Sakura Haruno merupakan karakter yang sangat jarang dieksplor dalam cerita utama Naruto. Kunoichi paling pintar dan juga kuat dari Team 7 ini sering kali mendapatkan tanggapan negatif dari para fans, karena memang sangat jarang ceritanya muncul. Namun, Kishimoto sempat memberikan kesempatan bagi Sakura untuk jadi fokus utama cerita dalam Sakura’s Story: Love Riding on The Spring Breeze.

Dalam ceritanya, Sakura diperlihatkan sudah menjadi bagian dari ninja medis pasca perang dunia shinobi keempat. Dia diketahui sedang menangani pasien anak yang sakit parah. Namun, Sakura harus menghadapi kenyataan pahit ketika dia mengetahui Sasuke bergabung dengan kelompok jahat yang berniat menyerang Konoha. Sakuran benar-benar berjuang mempertahankan hubungan mereka dan berusaha untuk membersihkan nama Sasuke agar mereka bisa hidup dengan tenang.

Naruto: The Seventh Hokage And The Scarlet Spring

Ini merupakan manga yang terhitung baru di mana setting ceritanya adlaah pasca manga naruto selesai dan di awal cerita Boruto: Naruto Next Generation. Fokus ceritanya sendiri adalah Sarada Uchiha, putri dari Sasuke dan Sakura, di mana Sarada berusaha untuk mencari tahu siapa ibunya yang sebenarnya. Hal ini terjadi setelah Sarada menemukan foto Sasuke bersama Karin Uzumaki.

manga spinoff light novel naruto

Sarada pun kemudian ragu jika Sakura Haruno adalah ibu kandungnya dan dia pun berusaha untuk mencari Sasuke Uchiha dan mencari tahu fakta sebenarnya. Manga spinoff ini memberikan sedikit gambaran dari para karakter utama dalam cerita Boruto dan jadi cara untuk membantu para fans untuk bisa memami hubungan antara Haruno Sakura dan juga Sasuke serta Sarada.

Itachi’s Story: Daylight

Itachi Uchiha merupakan salah satu karakter yang populer dalam franchise Naruto, meskipun dia bukan karakter utama. Banyak fans yang bersimpati terhadap sosok Itachi yang rela melakukan apa pun demi melindungi Konoha. Banyak yang kemudian penasaran dengan masa lalu dari Itachi, yang mana kemudian Kishimoto akhirnya hadirkan dalam cerita Itachi’s Story: Daylight.

manga spinoff light novel naruto

Itachi’s Story: Daylight berkisah tentang masa kecil dari Itachi serta momen ketika dia diterima sebagai salah satu passukan Anbu. Dalam cerita ini juga kita melihat bagaimana Itachi kemudian mengetahui rencana gelap dari klan Uchiha terhadap Konoha. Light novel ini mungkin sedikit banyaknya bisa menjawab cerita masa lalu dari Itachi yang membuat para fans penasaran.

Naruto: Mission: Protect The Waterfall Village!

Ini merupakan salah satu cerita awal spinoff Naruto yang diperkenalkan kepada para fans. Ceritanya sendiri berfokus pada Team 7, bersama dengan guru mereka yaitu Kakashi, menjalani salah satu misi mereka yaitu melindungi pemimpin dari desa Air Terjun (Waterfall Village) kembali ke desanya. Namun, tiba-tiba Kakashi mendapatkan panggilan mendadak membuat Team 7 harus sendirian demi melindungi sang pemimpin. desa.

Naruto: Mission: Protect The Waterfall Village! menghadirkan banyak momen aksi dari Naruto dan juga Team 7. Para pembaca juga akan diperlihatkan bagaimana para shinobi muda tersebut harus menjalani misi mematikan dan anggota Team 7 dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan cepat serta mengembangkan kemampuan bertarung mereka.

Naruto: Innocent Heart, Demonic Blood

Pertarungan antara Team 7 menghadapi Zabuza dan Haku merupakan salah satu pertarungan bersejarah dan epik bagi Team 7 atau pun bagi Naruto. Novel ini sebenarnya tidak menghadirkan banyak hal baru dari arc tersebut, karena ceritanya sendiri benar-benar sama dari momen di anime atau manganya. Namun, buat Geeks yang menikmati arc tersebut novel ini tentunya bisa menjadi cerita yang tetap bisa dinikmati.

Shikamaru’s Story: A Cloud Drifting In The Silent Dark

Nara Shikamaru merupakan shinobi pertama yang dipromosikan menjadi Genin dari generasi Naruto. Hal ini wajar mengingat Shikamaru adalah sosok yang tangguh serta cerdas. Belum lagi dia memiliki kemampuan yang di atas rata-rata shinobi lainnya. Hal tersebut membuat Shikamaru menjadi salah satu shinobi favorit pra fans. Dalam Shikamaru’s Story: A Cloud Drifting In The Silent Dark para pembaca akan dibawa berpetualang dalam sebuah misi.

manga spinoff light novel naruto

Shikamaru diharuskan pergi ke sebuah wilayah yaitu The Land Of Silence. Hal ini terjadi setelah banyak ninja yang dinyatakan menghilang, termasuk salah satunya adalah shinobi dari Konoha, yaitu Sai. Shikamaru pun melakukan investigasi untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjad dan apa penyebab menghilangnya para shinobi tersebut. Banyak hal menarik yang kemudian muncul dalam light novel ini serta memperlihatkan sisi lain dari sosok Shikamaru.

Chibi’s Sasuke Sharingan Legend

Berbeda dengan light nover atau manga spinoff lainnya dalam daftar ini, Chibi’s Sasuke Sharingan Legend merupakan manga yang masuk genre komedi. Chibi’s Sasuke Sharingan Legend menghadirkan cerita yang berfokus pada sosok Uchiha Sasuke, namun tone cerita dari manga ini berbeda dari cerita utama. Dalam cerita utamanya, kita melihat bagaimana Sasuke merupakan karakter yang dipenuhi kegelapan, kesedihan, dan sebagainya.

Namun, dalam manga ini, para pembaca akan diajak dalam sebuah alur cerita yang ringa, menyenangkan, dan konyol. Contohnya, dalam manga ini kita akan melihat Sasuke terlibat dalam perang bantal, menjadi Nintuber, dan banyak hal menyenangkan lainnya. Para fans benar-benar diperlihatkan dari sisi lucu serta menyenangkan dari Uchiha Sasuke, yang dilakukan bukan hanya dari cerita melainkan juga artworknya.

Naruto’s Story: Family Day

Naruto’s Story: Family Day juga menjadi cerita spinoff menyenangkan lainnya dalam daftar ini. Light novel ini menghadirkan cerita dari Naruto, Sasuke, serta beberapa karakter yang jarang muncul seperti Kiba, Shino, dan Choji, ketika merayakan Hari Keluarga. Naruto berusaha untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup sambil juga menjalani misi untuk mencari boneka Kurama demi Himawari.

manga spinoff light novel naruto

Boneka spesial tersebut hanya dijual saat Hari Keluarga saja. Sasuke pun diperlihatkan berusaha untuk bisa menjalin hubungan dengan putrinya, Sarada, yang membuatnya tidak jarang merasakan malu. Buat Geeks yang mencari alur cerita lain dari franchise Naruto yang ringan dan menarik, bisa coba untuk membaca light novel ini.

Naruto: The Whorl Within The Spiral

Naruto: The Whorl Within The Spiral merupakan manga spinoff terbaru yang dirilis oleh Kishimoto. Manga one-shot ini merupakan hadiah dari acara yang diadakan pada tahun lalu. Naruto: The Whorl Within The Spiral menghadirkan cerita tentang Minato Namikaze serta sosok Kushina Uzumaki. Dalam ceritanya, kita diperlihatkan bagaimana Minato coba untuk menghadirkan teknik Rasengan.

manga spinoff light novel naruto

Pada awalnya, Minato selalu gagal untuk bisa menciptakan teknik tersebut sampai kemudian sebuah peristiwa menginspirasi Minato untuk bisa membuat teknik tersebut bekerja. Dan yang menarik adalah dalam manga one-shot ini juga diperlihatkan bagaimana jutsu tersebut kemudian diberi nama ‘Rasengan’ dan makna yang begitu dalam dari nama Rasengan tersebut.

Cerita utama Naruto memang selalu menjadi primadona bagi para penggemar manga atau pun anime. Namun, Kishimoto pun menghadirkan berbagai manga spinoff atau pun light novel yang semakin melengkapi ceritanya. Bahkan, tidak jarang juga light novel atau manga spinoff ini menghadirkan cerita lain dari sosok karakter Naruto atau karakter lainnya, serta menghadirkan hal menarik lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.