Tiga Komandan dari kru Topi Jerami bisa jadi merupakan perwakilan dari Senjata Kuno yang ada dalam alur cerita One Piece. Kru Topi Jerami merupakan salah satu kelompok bajak laut yang sangat diperhitungkan saat ini. Mereka merupakan kelompok bajak laut yang banyak melakukan hal gila mulai dari menantang World Government hingga menyusup ke Impel Down.

Kru Topi Jerami sendiri saat ini menjadi salah satu yang terkuat berkat para kru mereka, seperti Sanji, Zoro, dan juga Jinbei. Mereka terbukti memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang membuat kru Topi Jerami menjadi kelompok bajak laut yang diperhitungkan. Berbicara mengenai ketiga kru komandan Topi Jerami tersebut ada sebuah teori menarik. Tiga komandan Topi Jerami itu diduga adalah perwakilan dari Senjata Kuno.

Asal-Usul Ketiga Komandan

Geeks mungkin bertanya bagaimana kemudian ketiga komandan dari kelompok Topi Jerami tersebut bisa jadi perwakilan dari tiga Senjata Kuno? Menurut teorinya, hal ini ada kaitannya dengan asal-usul atau orang tua dari ketiga komandan. Contohnya, baru-baru ini Oda Sensei memberikan informasi mengenai silsilah keluarga dari Roronoa Zoro. Oda memberikan informasi lengkap di sebuah kolom SBS.

Dalam silsilah tersebut diketahui jika Roronoa Zoro lahir dari kedua orang tua yang bernama Roronoa Arashi dan ibunya yang bernama Terra. Terra sendiri dalam beberapa bahasa bisa diartikan sebagai tanah atau bumi. Lalu, dalam arc Whole Cake Island kita mengetahui masa lalu dari Sanji di mana dia merupakan anak keempat dari Vinsmoke Judge dan juga Sora.

one piece senjata kuno

Sora sendiri bisa diartikan sebagai langit dalam bahasa Jepang. Bagaimana dengan Jinbei? Sampai sekarang, memang kita tidak mengetahui tentang asal-usul dari Jinbei. Kita tidak pernah tahu siapa nama kedua orang tuanya. Namun, dalam ceritanya sendiri sosok Jinbei diketahui memiliki julukan yaitu ‘The First Son of the Sea’. Berdasarkan hal tersebut, Geeks tentunya sudah bisa sedikit menyimpulkan bahwa tiga Komandan Topi Jerami ini merupakan perwakilan dari tiga Senjata Kuno; Uranus, Pluton, dan dan Poseidon.

Dan seperti yang banyak dibahas oleh para fans One Piece juga jika nama-nama Senjata Kuno tersebut diadaptasi dari nama-nama dewa mitologi yang memang memiliki kuasa di dunia mereka. Misalnya, di dunia Underworld terdapat sosok yang berkuasa yaitu dewa Pluton. Sedangkan, di laut ada sosok penguasanya yaitu dewa Poseidon. Di udara atau langit sosok penguasanya sendiri adalah dewa Uranus.

Koneksi Ketiga Komandan Dengan Senjata Kuno

Perlu menjadi catatan bahwa para komandan bajak laut Topi Jerami tersebut bukanlah Senjata Kuno, melainkan simbolisasi atau penggambaran dari Senjata Kuno itu sendiri. Selain dari asal-usul ketiga komandan tersebut, kita juga bisa melihat bagaimana serangan-serangan yang mereka miliki seolah memiliki keterkaitan dengan tiga Senjata Kuno yang ada.

Misalnya, kita bisa melihat bagaimana Sanji lebih banyak bertarung di udara atau memanfaatkan serangan yang membuat dia terbang di udara. Kemudian, kita juga melihat bagaimana Jinbe selalu menggunakan teknik Fish-Man Karate dan menggunakan elemen air dalam berbagai serangannya. Sedangkan, dalam pertarungan menghadapi King sebelumnya Zoro pun menyebut dirinya sebagai penguasa dunia bawah (King of Hell).

Kembali ke asal-usul, jika Geeks perhatikan juga tempat atau rumah dari ketiga komandan Topi Jerami ini memiliki koneksi dengan lahirnya atau tersimpannya Senjata Kuno. Misalnya, Jinbe merupakan bagian dari ras manusia ikan yang mana laut tempat dia tinggal merupakan tempat dari lahirnya Senjata Kuno Poseidon. Kemudian, meskipun Zoro bukan asli berasal dari Wano namun dia memiliki koneksi dengan wilayah tersebut.

one piece senjata kuno

Dan di akhir arc Wano diketahui jika negara tersebut menjadi tempat tersimpannya Pluton yang ada di bawah gunung Fuji. Bagaimana dengan Sanji? Untuk saat ini, memang masih belum ada petunjuk jelas mengenai hal ini. Namun, bukan tidak mungkin jika kemudian Germa memiliki teknologi atau tahu tentang Uranus. Karena, seperti yang dijelaskan dalam ceritanya kerajaan Germa merupakan kerajaan yang memang terkenal karena teknologinya yang luar biasa.

Jadi, entah disengaja atau tidak sepertinya Oda senang untuk menghadirkan koneksi antara tiga komandan dari kelompok Topi Jerami dengan tiga Senjata Kuno yang ada atau yang sudah diketahui sejauh ini. Teka-teki mengenai Senjata Kuno ini sepertinya akan segera terbongkar, terutama tentang Uranus. Kita nantikan saja ya Geeks momen Oda membeberkan rahasia tentang Senjata Kuno.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.