Meskipun status dari karakter One Piece ini bukan Yonko atau empat penguasa samudra namun, bounty atau nilai buruan mereka setara dengan bajak laut terkuat itu. Dalam alur cerita One Piece, bounty atau nilai buruan merupakan sebuah sistem yang unik. Para karakter yang memiliki bounty biasanya memiliki nilai ancaman yang cukup besar yang dinilai dari jumlah bounty tersebut.

Semakin besar nilai bounty seseorang, maka artinya semakin besar juga nilai ancaman dari karakter tersebut. Bahkan, tidak jarang nilai atau angka dari Bounty seseorang menggambarkan kekuatan mereka contohnya adalah para Yonko yang memiliki nilai bounty yang besar. Namun, ternyata ada beberapa karakter One Piece yang miliki nilai bounty setara dengan para Yonko. Siapa saja?

Eustass Kid

Eustass kid merupakan salah satu bajak laut yang ikut bertarung dalam pertempuran puncak di Onigashima. Dia merupakan bajak laut yang jadi bagian dari Worst Generation dan diperkenalkan pertama kali di Sabaody. Kid juga bisa dibilang adalah bajak laut yang nilai buruannya meningkat dengan cepat. Sebelum arc Wano, nilai buruan dari Kid bahkan sudah mencapai ratusan juta Belly.

Kid bahkan sempat menjadi bajak laut yang memiliki nilai bounty paling besar diantara Worst Generation lain, bahkan Luffy. Namun, setelah Kid berhasil mengalahkan Big Mom di akhir cerita Wano diperlihatkan bagaimana nilai buruannya meningkat tajam yaitu mencapai 3 milliar Belly. Angka tersebut sama dengan bounty dari sosok Luffy, yang jadi salah satu Yonko.

Trafalgar Law

Selain Eustass Kid, Trafalgar Law juga merupakan bagian dari bajak laut Worst Generation yang diperkenalkan di Sabaody. Dibandingkan Kid, Law lebih banyak terlibat dalam berbagai peristiwa penting pasca timeskip. Misalnya, kita bisa melihat bagaimana Law dan Luffy menjalin aliansi di arc Punk Hazard yang kemudian berlanjut ke Dressrosa, Zou, dan terkahir adalah Wano.

Dalam pertempuran puncak di Onigashima, Law juga ikut bertarung menghadapi Big Mom dan Kaido. Namun, dia kemudian bertarung menghadapi Big Mom bersama dengan Kid ketika Luffy menghadapi Kaido. Pasca mengalahkan Big Mom, nilai buruan dari Trafalgar Law mencapai angka 3 miliar Belly. Ini juga jadi peningkatan yang sangat signifikan dalam cerita One Piece, karena nilai buruan Law sebelumnya hanya ratusan juta.

Dracule Mihawk

Banyak fans yang penasaran dengan nilai buruan atau bounty dari Dracule Mihawk sebelum dia menjadi Shichibukai. Seperti yang Geeks ketahui, di awal cerita One Piece kita sudah diperlihatkan bagaimana Mihawk menjadi bagian dari Shichibukai. Itu artinya nilai buruan dari mihawk sendiri berhenti atau dibekukan. Sayangnya, sampai sekarang tidak ada informasi berapa bounty awal dari Mihawk.

bounty karakter one piece setara yonko

Namun, yang mengejutkan adalah Mihawk memiliki nilai buruan yang sangat besar pasca sistem Shichibukai dibubarkan dan dia pun kembali menjadi buronan angkatan laut. Brannew sempat menyebutkan bahwa nilai buruan dari Mihawk mencapai angka 3,590 miliar Belly. Angka ini bahkan jauh lebih besar dari Kid, Law, bahkan Luffy yang mana memberikan sinyal seberapa berbahaya dan mengerikannya Mihawk.

Crocodile

Sebenarnya, Crocodile merupakan villain yang juga sempat menduduki posisi Shichibukai seperti halnya Mihawk. Namun, dia kemudian berhasil dikalahkan oleh Luffy di arc Alabasta. Setelah sempat dipenjara di Impel Down, dia kembali muncul dan mulai kembali aktif terlibat dalam berbagai peristiwa besar. Yang paling baru adalah Crocodile membentuk organisasi Cross Guild bersama Mihawk dan Buggy.

bounty karakter one piece setara yonko

Nilai buruan atau bounty dari Crocodile sendiri sebenarnya jauh di bawah bounty para karakter lain dalam daftar ini. Bounty terbaru dari Crocodile adalah 1,965 miliar Belly. Namun, alasan mengapa kemudian Crocodile masuk daftar ini adalah angka tersebut hampir mendekati bounty dari Blackbeard di awal dia terpilih menjadi Yonko. Saat itu, bounty dari Blackbeard hanya 2 miliar Belly.

Monkey D Garp

Karakter Dengan Bounty Setara Yonko yang terakhir adalah Monkey D Garp, kakek dari Luffy. Berbeda dengan semua karakter di atas, Garp bukanlah bajak laut atau villain. Dia merupakan angkatan laut dan sosok yang berpengaruh serta memiliki jasa besar di angkatan laut. Garp sendiri kemudian memiliki bounty karena adanya Cross Guild dan nilai Garp sendiri sempat terungkap di chapter 1087 kemarin.

bounty karakter one piece setara yonko

Dalam chapter tersebut, salah seorang bajak laut mengatakan bahwa nilai buruan dari Garp sendiri – berdasarkan versi Cross Guild – adalah tiga mahkota. Satu mahkota sendiri diberi nilai 1 miliar Belly, yang artinya nilai buruan dari Garp yang diberikan oleh Cross Guild adalah tiga miliar Belly. Meskipun dia hanya wakil admiral, namun reputasinya yang luar biasa yang membuat nilai buruan Garp sangat tinggi.

Para karakter di atas memang tidak memiliki posisi yang tinggi atau menduduki posisi Yonko. Namun, para karakter ini memiliki bounty yang setara atau hampir mendekati bounty dari para Yonko. Nilai tersebut diberikan kepada mereka karena reputasi dan juga momen atau hal yang sudah mereka lakukan. Apakah artinya kekuatan mereka juga setara Yonko? Hal itu menjadi pembahasan lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.