Melalui berbagai film dan seriesnya, Marvel Cinematic Universe telah menciptakan banyak karakter menarik dari para aktor dan aktris berbakat yang pada akhirnya dicintai oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Sebut saja Tony Stark dan Steve Rogers yang sampai hari ini masih dikenang bahkan dipuji oleh banyak orang. Namun, dalam perjalanannya ternyata tidak semua karakter mendapatkan sambutan yang sama. Beberapa di antaranya malah memicu sejumlah respons negatif dengan beragam alasan. Seperti tujuh karakter MCU paling kontroversial yang akan kita bahas kali ini. So, check this out, Geeks!

Ancient One

karakter mcu kontroversial

Pertama kali diperkenalkan di film Doctor Strange (2016), kemunculan Ancient One dari aktris Tilda Swinton langsung menjadi sangat kontroversial di kalangan penggemar. Perlu kita catat bahwa sebenarnnya tidak ada yang salah dengan akting Swinton, dia malah berhasil memerankan karakternya dengan sangat brilian di MCU. Namun yang menjadi masalah adalah fakta bahwa di Marvel Comics karakternya adalah seorang pria Asia. Sehingga menggantinya dengan orang kulit putih, berjenis kelamin wanita, dan berkepala plontos dianggap oleh sebagian besar penggemar sebagai casting yang sangat malas.

Heimdall

karakter mcu kontroversial

Kebalikan dari Ancient One, alasan mengapa karakter Heimdall di MCU kontroversial adalah karena dia diperankan oleh aktor kulit hitam Idris Elba. Seperti yang kita tahu karakter yang selalu muncul di berbagai film Thor ini pada dasarnya diadaptasi dari mitologi Nordik, di mana dia digambarkan sebagai dewa penjaga gerbang Bifrost di Asgard. Dari sinilah masalahnya dimulai, dalam mitologi aslinya Heimdall sebenarnya dikenal sebagai dewa paling putih. Tanpa bermaksud rasis, sejumlah komunitas langsung melancarkan protes bahkan boikot karena merasa penggambaran karakter Heimdall di MCU sangat keliru.

Trevor Slattery

Sebelum penggemar mengenalnya sebagai seorang aktor jenaka di semesta MCU, karakter Trevor Slattery dari Ben Kingsley melakukan debutnya sebagai sosok Mandarin palsu di film Iron Man 3. Hal inilah yang lantas membuat debut karakternya sangat kontroversial. Pasalnya para penggemar veteran Marvel lebih mengenal Mandarin sebagai supervillain tangguh dan mengerikan, bukan karakter konyol seperti Trevor Slattery. Untungnya, saat ini Marvel Studios telah menebus kontroversinya melalui film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) dengan menghadirkan Mandarin asli alias Xu Wenwu (Tony Leung).

Mar-Vell

karakter mcu kontroversial

Saat film Captain Marvel (2019) dirilis, selain mengubah asal-usulnya, Marvel Studios juga telah mengganti gender dan juga penampilan karakter Mar-Vell di MCU. Sontak hal ini langsung membuat para penggemar protes karena membuat sosok Captain Marvel pertama di komik menjadi karakter yang sepenuhnya berbeda. Di MCU sendiri karakter kontroversial yang diperankan Annette Bening ini hanya digambarkan sebagai seorang ilmuwan Kree yang mungkin langsung dilupakan oleh banyak orang. Pada akhirnya penggemar hanya meminta karakter Mar-Vell dipertahankan gendernya agar lebih sesuai dengan materi asli.

Phastos

karakter mcu kontroversial

Di mata penggemar Marvel Comics, Phastos sebenarnya dikenal sebagai salah satu Eternal Bumi yang memiliki perawakan sangar dan jantan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat penampilan serta orientasi seksual karakter Phastos (Brian Tyree Henry) di film Eternals (2021) menjadi sangat kontroversial di kalangan penggemar MCU. Khususnya ketika dia diceritakan sudah menikah dengan sesama pria bahkan mereka sempat berciuman. Dari sudut pandang norma sejumlah negara, penggambaran karakternya ini bahkan pada akhirnya sampai membuat filmnya dilarang karena dianggap sarat dengan unsur LGBT.

America Chavez

Hal yang dirasakan Phastos di MCU sempat dialami juga oleh karakter America Chavez yang menjadi kontroversial pasca debutnya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022). Secara penampilan sebenarnya banyak penggemar yang cukup menyukai karakter dari aktris Xochitl Gomez. Namun penggambaran asal-usulnya yang diceritakan berasal dari ayah dan ibu yang sama-sama wanita alias lesbian, pada akhirnya membuat karakter dan filmnya dicekal di sejumlah negara Timur Tengah. Akun media sosial Gomez bahkan sempat dibombardir dengan ujaran kebencian dari para oknum netizen.

Mantis

karakter mcu kontroversial

Di MCU, Mantis dikenal sebagai anggota Guardians of the Galaxy yang lucu, polos, dan cenderung kurang pintar. Itulah mengapa interaksinya dengan Drax (Dave Bautista) yang karakternya mirip sangatlah mengundang tawa. Siapa sangka ternyata penggambaran karakter MCU yang melakukan debutnya di GOTG 2 (2017) ini malah membuatnya kontroversial karena dianggap tidak sesuai versi komiknya. Selain datang dari penggemar, pencipta karakternya Steve Englehart pernah melayangkan protes juga kepada Marvel karena dia tidak suka mantis yang seharusnya tangguh menjadi sosok yang jenaka.

Terlepas dari para pemerannya, itulah tujuh karakter MCU yang paling kontroversial. Berkat kontroversi mereka pada akhirnya kita jadi tahu bahwa ternyata tidak semua karakter MCU mengalami penerimaan yang sama dari seluruh penggemar. Beberapa di antaranya malah memicu opini yang beragam di antara komunitas yang berbeda pandangam. Di sisi lain tidak bisa kita mungkiri juga bahwa semua ini merupakan pesona yang membuat MCU makin populer, entah itu karena kontroversi maupun kualitas tayangannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.