Pengkhianatan datang dari tempat yang tidak terduga. Seorang pengkhianat bisa berpura-pura menjadi sesuatu yang bukan dirinya sendiri dan memanfaatkan situasi untuk menjalankan aksi. Ternyata di MCU, kita juga bisa melihat pengkhianatan besar. Sudah ada beberapa karakter yang terbukti melakukan pengkhianatan, entah itu datang dari kubu villain atau pahlawan. Memang pada akhirnya beberapa karakter disini berada di antara jurang pemisah antara baik dan jahat. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Obadiah Stane

Di awal MCU, kita disuguhkan dengan pengkhianatan yang dilakukan Obadiah Stane. Buat Geeks yang lupa, Obadiah Stane adalah teman sekaligus kolega Tony Stark. Dia juga menjadi petinggi Stark Industries, namun posisinya berada di bawah Tony. Mirisnya, walau Obadiah dianggap sebagai figure ayah bagi Tony, tetapi dia berencana mengambil alih Stark Industries. Rencana Obadiah hampir berhasil, di mana dialah yang merencanakan penculikan dan pembunuhan Tony. Beruntung karena selama masa penculikannya, Tony menciptakan armor Iron Man dan lolos dari bahaya. Dan setelah Tony mengetahui niat jahat Obadiah, dia langsung berbalik melawan Obadiah dan berhasil mengalahkannya.

Ancient One

Ancient One adalah salah satu mentor terbaik di MCU. Dia memiliki banyak murid di Kamar-Taj. Ancient One sangat bijak, tetapi di saat yang sama, dia juga sangat misterius. Karena pengetahuannya sangat luas, dia hampir mengetahui segalanya. Awalnya, Ancient One sangat dicintai oleh orang-orang, tetapi semuanya berubah ketika dia melanggar aturan yang sudah dia buat sendiri. Yap, dia ternyata menggunakan kekuatan Dimensi Kegelapan alias Dark Dimension untuk mempertahankan umur panjangnya. Karena pengkhianatan besar itulah yang akhirnya membuat Mordo kecewa dengan Ancient One dan sihir, dan mengubahnya menjadi villain. Ancient One beranggapan bahwa aturan perlu dilanggar untuk memenangkan perang.

Alexander Pierce

Sebagai organisasi pelindung bumi, SHIELD mengemban tugas yang sulit. SHIELD memang tampak seperti organisasi yang sempurna dari luar, tetapi sebenarnya banyak kekacauan yang terjadi di dalamnya. Captain America: The Winter Soldier membuktikan kebobrokan SHIELD. Dalam film tersebut, kita diceritakan saat Alexander Pierce, kepala dewan pengawas SHIELD, yang ternyata adalah agen Hydra. Dialah yang bertanggung jawab atas kekacauan yang terjadi di seluruh dunia. Dia sangat licik dan kecam, dan mampu memanipulasi orang-orang hebat seperti Nick Fury dan SHIELD itu sendiri. Dari situlah Alexander Pierce mulai menggerogoti SHIELD dari dalam. Bahkan Nick Fury mengingatkan bahwa jangan percaya kepada siapapun, termasuk SHIELD.

N’Jobu

Siapa sangka jika pengkhianat berikutnya datang dari adik raja T’Chaka bernama N’Jobu. Dalam film Black Panther, kita bisa melihat pengkhianatan itu terjadi. Buat Geeks yang lupa, N’Jobu awalnya adalah seorang mata-mata dari Wakanda yang ditugaskan mengawasi keadaan dunia luar di Oakland, California. Namun karena terpapar dengan dunia luar, N’Jobu menjadi radikal dan tak sejalan dengan visi Wakanda. Puncaknya, N’Jobu ingin menggunakan vibranium untuk melakukan perubahan pada dunia. Bahkan saking radikalnya, N’Jobu pada akhirnya menjalin kesepakatan dengan Ulysses Klaue, dan mengungkap keberadaan Wakanda kepadanya. Tak hanya itu, N’Jobu juga turut membantu Klaue mencuri Vibranium. Pengkhianatan itulah yang akhirnya menyebabkan banyak kematian di Wakanda.

Loki

Bisa dibilang bahwa Loki adalah rajanya untuk urusan pengkhianatan. Sebagai God of Mischief, wajar jika dia sering melakukan pengkhianatan. Sudah tak terhitung jumlahnya saat Loki mengkhianati kakak laki-lakinya, Thor. Sudah beberapa kali juga Thor memaafkan Loki yang sudah sering mengkhianatinya. Sebenarnya banyak yang menganggap Loki tidaklah benar-benar jahat. Dia hanya seseorang yang ingin menjadi Raja dengan cara apapun. Loki pun terbukti pernah beberapa kali menolong Avengers dan menampilkan sisi lembutnya sesekali. Namun hal tersebut tidak menutupi fakta, bahwa dia pernah menjadi seorang pembunuh masal. Sudah banyak korban dari pengkhianatan keji Loki.

Nebula

Dalam perjalanan panjang Nebula di MCU, dia sebenarnya pernah mengkhianati Avengers. Tetapi bukan Nebula asli yang melakukannya, melainkan Nebula yang datang dari masa lalu. Seperti yang kita ketahui Nebula dari masa lalu masih setia kepada Thanos, dan Nebula akan menuruti apapun yang diperintahkan Thanos. Nebula pun mendapat tugas untuk mengkhianati para Avengers dan membawa Thanos dan pasukannya dari masa depan ke masa sekarang. Ketika itu, Nebula asli (dari masa sekarang) tidak bisa berkutik sehingga dia tidak bisa mencegah Nebula dari masa lalu. Akibat pengkhianatan itulah Nebula hampir memicu Snap kedua yang akan jauh lebih mematikan.

Itulah dia Geeks beberapa pengkhianatan terbesar yang pernah terjadi di MCU. Masing-masing dari mereka memiliki motifnya sendiri dalam melakukan pengkhianatan. Lantas menurut Geeks, mana di antara mereka yang paling jahat?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/