Meski tidak sebeken film Hollywood, film mandarin juga tak kalah menarik. Ada banyak sekali film mandarin yang ada saat ini, tetapi mungkin kita tidak begitu mendengar perkembangan film mandarin saat ini. Padahal ada banyak film berkualitas yang lahir di sini. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa film mandarin yang ikonik di tahun 90-an. Film-film ini mungkin cukup familiar karena sebagian juga pernah ditayangkan di saluran televisi nasional. Apa saja film mandarin pada tahun 90-an? Simak berikut ini Geeks!

10In the Heat of the Sun

In the Heat of the Sun merupakan debut penyutradaraan Jiang Wen dalam film panjang. Sebelumnya, Jiang Wen dikenal sebagai seorang aktor terkenal di Tiongkok. Film mandarin ini diadaptasi dari cerita pendek yang terdapat dalam novel semi-otobiografi “Wild Beast” karya Wang Shuo, seorang penulis Tiongkok terkenal. In the Heat of the Sun adalah film drama yang berlatar belakang Revolusi Kebudayaan di Tiongkok pada tahun 1960-an.

Filmnya diceritakan dari sudut pandang seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang tumbuh di Beijing selama masa tersebut. Dia menghabiskan waktunya dengan teman-temannya, menjelajahi dunia mereka yang penuh dengan kebebasan dan pengalaman baru. Namun, ketenangan mereka terganggu ketika salah satu teman mereka, Ma Xiaojun, mulai memiliki hubungan dengan seorang wanita dewasa yang menarik, yang mengubah dinamika di antara kelompok tersebut.

Ketegangan dan perebutan kekuasaan muncul di antara teman-teman tersebut, mencerminkan konflik yang ada di masyarakat pada saat itu. Meskipun mendapatkan pujian yang luas, film ini juga menghadapi kritik dari pemerintah Tiongkok karena dianggap terlalu liberal dalam menggambarkan masa Revolusi Kebudayaan.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/