Justice League merupakan kelompok pahlawan terbesar di universe DC, namun mereka menyimpan berbagai rahasia gelap yang tidak banyak orang ketahui. Dalam universe DC banya kelompok pahlawan yang berusaha untuk mencegah berbagai ancaman atau kejaahatan yang ada. Namun, level mereka kebanyakan tidak sebesar dari Justice League yang begitu dihormati di seluruh dunia.

Selain melindungi bumi, Justice League diketahui menjadi pelindung dari seluruh alam raya DC dan juga multiverse. Bukan tanpa alasan mereka melakukan hal tersebut. Justice League memiliki berbagai pahlawan dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Namun, Justice League ternyata memiliki berbagai rahasia gelap yang jarang orang ketahui. Mereka menyembunyikan hal tersebut rapat-rapat. Apa saja rahasianya?

Menghabisi Maxwell Lord

Justice League dan mayoritas pahlawan selalu mengedepankan sisi kemanusiaan mereka, di mana mereka memiliki prinsip tidak boleh membunuh lawan. Namun, salah satu anggota mereka, Diana Prince alias Wonder Woman, yang merupakan duta perdamaian dunia,  justru melakukan hal sebaliknya. Wonder Woman diperlihatkan menghabisi nyawa dari Maxwell Lord.

Lord sendiri dalam ceritanya diperlihatkan berhasil mengendalikan Superman dengan menggunakan kekuatannya. Wonder Woman menjadi satu-satunya pahlawan yang mampu bertahan dari kekuatan Lord. Ketika Diana kemudian mengetahui rencana Lord untuk terus mengendalikan Superman untuk menghancurkan semua metahuman dan superhero, dia melakukan hal yang tidak terduga dengan mematahkan leher Lord. Ketika seluruh Justice League merahasiakan hal ini, satelit Brother Eye menangkap momen justru menyiarkannya ke seluruh dunia yang menghancurkan reputasi Wonder Woman, Justice League, dan penduduk Amazon.

Membangun Satelit Canggih

Batman dikenal memiliki paranoid atau rasa takut yang teramat sangat besar terhadap kehancuran atau kekacauan dunia. Dia selalu khawatir jika para pahlawan tersebut justru berbuat jahat. Inilah alasan Batman membangun satelit canggih bernama Brother Eye. Yang luar biasa sekaligus mengerikan adalah Brother Eye justru memiliki nyawanya atau otaknya sendiri.

Tugas awal Brother Eye adalah mengawasi seluruh aktivitas metahuman atau superhero jika mereka melakukan hal mengerikan, seperti Wonder Woman yang menghabisi Maxwell Lord. Namun, Brother Eye justru mulai melakukan perlawanan terhadap para metahuman. Brother Eye mampu menciptakan sebuah teknologi nanites yang merubah manusia menjadi cyborg. Brother Eye sendiri pernah mengendalikan para cyborg tersebut untuk menyerang Themyscera. Justice League tahu siapa yang menciptakan Brother Eye, namun publik tidak pernah tahu akan hal tersebut.

Berencana Menghabisi Seluruh Anggota Justice League

Batman adalah sosok yang cerdas dan dihormati oleh para pahlawan, terlepas bagaimana dia tidak memiliki kekuatan super. Berbeda dengan para pahlawan lainnya, orang-orang justru takut terhadap sosok Batman. Beberapa orang bahkan tahu bagaimana Bruce Wayne sebenarnya dan bagaiman dia rela melakukan apa pun. Salah satu contohnya adalah membuat rencana untuk menghabisi seluruh anggota Justice League.

Seperti yang disebutkan di atas, Batman adalah sosok yang paranoid di mana dia khawatir terhadap dunia yang kacau dan superhero yang lepas kendali. Dia kemudian membuat  rencana anti Justice League di mana isinya adalah berbagai kelemahan semua anggota Justice League dan bagaimana cara mengalahkannya seperti yang diperlihatkan dalam ceriat Tower of Babel. Ra’s Al Ghul pernah mencuri rencana tersebut yang akibatnya dunia dan para pahlawan sempat berada diambang kehancuran.

Memenjarakan Batman Who Laughs

Hall of Justice memang dikenal sebagai markas bagi para Justice League. Namun, tempat tersebut juga menjadi atraksi wisata yang sering dikunjungi para turis dan warga sipil. Ada banyak hal yang bisa dilihat dari hal-hal menarik para pahlawan favorit mereka. Sebagian  area di Hall of Justice merupakan area terlarang untuk dimasuki atau dikunjungi. Salah satu alasannya adalah karena tempat tersebut menyimpan salah satu villain paling mengerikan.

Tanpa banyak orang ketahui, sebenarnya Hall of Justice menjadi penjara bagi villain Batman Who Laughs. Batman versi alternatif yang berasal dari Dark Multiverse ini sudah menghabisi semua orang di universenya. Dia adalah sosok yang cerdas, berbahaya, dan mengerikan. Dengan reputasinya tersebut, mungkin para pengunjung tidak akan pernah mau datang ke sana jika mereka tahu tentang fakta ini.

Menyembunyikan Fakta White Martian

Hyperclan merupakan bangsa yang berasal dari Mars di mana mereka berusaha untuk menaklukan bumi. Namun, yang mengerikan adalah para White Martians tersebut mampu berubah wujud menjadi anggota Justice League dan menghancurkan reputasi serta kepercayaan publik terhadap para pahlawan tersebut. Untungnya, Justice League berhasil mencegah serangan dan invasi dari Hyperclan.

Martian Manhunter kemudian menggunakan kekuatan telepati miliknya untuk menghapus ingatan dari para White Martian tersebut. Para White Martian ini berpikir jika mereka adalah manusia. Namun, sayangnya, sebagian dari mereka ada yang kembali berhasil mengembalikan ingatannya dan kembali membuat kekacauan. Publik tentunya tidak pernah tahu jika ini adalah perbuatan Justice League untuk membuat ancaman tersebut membaur dengan orang-orang.

Menghapus Ingatan Orang

Justice League mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari dan mereka pun memastikan semua keluarga mereka aman dari berbagai ancaman. Inilah alasan mengapa menjaga identitas asli merupakan kunci, namun tidak sedikit para villain yang akhirnya mampu untuk mengetahui rahasia tersebut. Hal ini yang kemudian membuat sebagian Justice League memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk menghentikan hal tersebut.

rahasia gelap justice league

Beberapa anggota Justice League – Barry Allen, Black Canary, Hal Jordan, Hawkman, Elongated Man, the Atom, dan Zatanna – bekerja sama untuk menghapus ingatan para musuh yang sudah mengetahui identitas asli mereka. Awalnya semua berjalan dengan baik sampai Batman mengetahui apa yang mereka lakukan ketika mencoba menghapus ingatan Doctor Light. Para anggota Justice League tahu hal ini, namun masyarakat tidak pernah tahu hal tersebut.

Menyembunyikan Fakta Dark Multiverse

Sudah sedari lama Mulltiverse menjadi sebuah raahasia besar, namun karena peristiwa Crisis yang terjadi sebelumnya sulit untuk tetap menyembunyikan fakta tersebut. Sulit untuk membantah bahwa ada universe lain atau alternatif universe selain universe utama. Namun, Dark Multiverse benar-benar sangat tersembunyi di mana butuh waktu yang cukup lama untuk menemukan universe tersebut.

rahasia gelap justice league

Para Justice League pertama kali menemukan Dark Multiverse ketika menghadapi Barbatos dan menyembunyikan fakta ini. Namun, akhirnya, semua oraang mengetahui fakta ini yang mengakibatkan rasa takut bermunculan secara masif. Situasi semakin kacau ketika Perpetua dan Batman Who Laughs berhasil mengalahkan Justice League, yang akhirnya membuat keduanya menebar teror dari Dark Multiversee ke bumi.

Barry Allen Merusak Multiverse

Berbicara mengenai Multiverse, Barry Allen pernah merusak multiverse yang berakibat pada serentetan peristiwa yang akhirnya harus berubah. Hal ini terjadi dalam cerita Flashpoint di mana Barry memiliki misi untuk menyelamatkan sang ibu dari kematian. Namun, yang terjadi justru banyak hal mengerikan muncul. Misalnya, penduduk Amazon dan Atlantis saling berperang.

rahasia gelap justice league

Superman kemudian menjadi tahanan pemerintah Amerika, Thomas Wayne yang jadi Batman dan menjadi Batman yang brutal, serta Justice League tidak pernah ada. Meskipun pada akhirnya Multiverse memperbaiki dirinya sendiri setelah Barry menyadari kesalahannya, namun dunia yang muncul benar-benar berbeda dari sebelumnya. Dan orang-orang tidak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Hancurnya Multiverse Lama

Jauh sebelum Barry Allen merubah realita di berbagai Multiverse, tanpa banyak orang ketahui sebenarnyaa Multiverse yang mereka tinggali sempat hancur sebelum muncul Multiverse yang baru. Hal ini terjadi dalam salah satu peristiwa besar yang fenomenal dari DC Comics, yaitu Crisis on Infinite Earths. Anti-Monitor adalah dalang di balik hancurnya berbagai multiverse saat itu.

rahasia gelap justice league

Seluruh tim Justice League dan berbagai pahlawan serta sekutu lainnya, berusaha untuk menghancurkan Anti-Monitor dan mengembalikan semuanya seperti semula. Tetapi, mereka semua gagal untuk melakukannya. Anti-Monitor tetap menang dan pada akhirnya realita tersebut berubah dengan sendirinya. Hampir seluruh orang tidak pernah tahu tentang kehancuran tersebut.

Rahasia Terciptanya Multiverse

Rahasia gelap Justice League yang terakhir adalah menyembunyikan rahasia terciptanya Multiverse. Di bumi atau universe utama, salah satu pertanyaan besar yang muncul di benak banyak orang adalah bagaimana alam raya tersebut tercipta. Sebagian pahlawan DC memiliki akses untuk berkomunikasi dengan para dewa dan arwah leluhur, yang mana kemudian mereka gunakan untuk menggali informasi mengenai asal-usul alam raya tersebut. Dan hanya sedikit pahlawan yang tahu fakta ini.

rahasia gelap justice league

Ternyata, semuanya kembali lagi kepada satu sosok makhluk bernama Kronoa yang sudah ada sejak alam raya tersebut tercipta. Dalam pertarungan melawan Anti-Monitor para Justice League sempat mengunjungi awal alam raya ini muncul. Mereka pun mengetahui berbagai rahasia yang tidak banyak diketahui oleh orang. Tetapi, menyembunyikan fakta ini dianggap sebagai sebuah hal yang buruk.

Para anggota Justice League memang sering kali berhasil melindungi bumi dan alam raya  DC. Mereka rela mengorbankan apa pun demi melindungi dunia ini. Namun, terkadang, para Justice League ini pun menyimpan rahasia gelap yang tidak banyak orang ketahui. Mungkin, hal tersebut sengaja mereka lakukan demi melindungi orang-orang tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.