Sebuah bocoran mengejutkan mengenai konsol handheld terbaru dari Playstation, yaitu Project Q, telah terungkap. Melalui laporan terbaru, sebuah video dan beberapa gambar perangkat genggam Project Q telah beredar secara online. Menariknya, menurut gambar dan video tersebut, Project Q Playstation ternyata menggunakan sistem operasi Android.

Informasi ini pertama kali diunggah oleh seorang pengguna di Imgur dan videonya kemudian diunggah oleh akun @Zuby_Tech di Twitter. Gambar-gambar yang tersebar di media sosial tersebut menampilkan tampilan Project Q serta beberapa komponen internal di dalamnya. Salah satu informasi menarik yang dapat diperoleh dari gambar-gambar ini adalah Project Q yang akan berbasis Android. Tentu saja hal ini menggegerkan para gamers yang cukup penasaran dengan apa yang akan ditawarkan Project Q.

Jika benar Project Q menggunakan sistem operasi Android, maka hal ini membuka peluang besar bagi penggunaannya. Dengan sistem operasi ini, secara teoritis Project Q dapat dimodifikasi untuk menjalankan aplikasi streaming video game lain seperti NVIDIA GeForce NOW, Amazon Luna atau bahkan cloud gaming Xbox. Hal ini tentu akan membawa pengalaman bermain game ke level yang lebih tinggi dan lebih luas.

Proyek ambisius ini diumumkan melalui PlayStation Showcase 2023, yang memberikan penjelasan bahwa Project Q akan dilengkapi dengan layar LCD yang mampu menjalankan game hingga 1080p dengan frame rate 60 FPS melalui koneksi Wi-Fi. Selain itu, Project Q juga akan dilengkapi dengan adaptif trigger dan juga haptic feedback layaknya DualSense untuk PS5. Sayangnya saat itu pihak Sony hanya mengumumkan bahwa fungsi utama Project Q adalah remote play PS5, dan membuat para gamers merasa bahwa Project Q adalah konsol “tanggung” ditengah persaingan konsol handheld yang kini mulai marak.

Meskipun masih terdapat banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai Project Q, namun bocoran mengenai sistem operasi Project Q ini telah menarik perhatian para penggemar PlayStation dan dunia gaming secara umum. Apakah ini menjadi langkah Sony untuk membuka diri dan secara tidak langsung menciptakan iklim kolaborasi di konsol handheldnya? Yang pasti, bocoran ini akan membuat antusiasme terhadap Project Q meningkat.

Namun, perlu diingat bahwa ini masih merupakan bocoran dan informasi resmi dari pihak Sony atau PlayStation masih belum diumumkan. Kita akan terus menantikan informasi lebih lanjut mengenai Project Q dan apa yang akan ditawarkan oleh proyek menarik ini.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.