DC Universe dan Marvel Universe masih menjadi universe superhero paling digemari. Bagaimana tidak? Dua universe itu berisi para superhero yang sangat tenar, mulai dari Batman, Superman, Iron Man, dan Spider-Man. Masing-masing dari universe itu juga memiliki keunikannya tersendiri yang menjadi nilai jual. Tetapi tahukah kalian bahwa ada universe superhero lainnya yang juga eksis? Sebenarnya ada banyak universe yang eksis selain DC Universe dan Marvel Universe. Lantas apa saja universe tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Mignolaverse

Mignolaverse adalah universe tempat Hellboy berada, yang dibuat oleh Mike Mignola. Yap, universe ini berada di dalam komik Dark Horse, dan memiliki mitologinya tersendiri. Mignolaverse dimulai pada tahun 1993, dan berfokus kepada Hellboy dan karakter pendukungnya seperti Abe Sapien, Liz Sherman, Johann Kraus, dan Roger. Secara keseluruhan Mignolaverse memang sebuah alam semesta yang cukup kelam, karena musuh-musuh yang dihadapi Hellboy mayoritasnya adalah makhluk supernatural seperti iblis dan juga beberapa monster. Di semesta inipun, kita dikenalkan dengan sebuah organisasi terkenal bernama B.P.R.D.

Imageverse

Imageverse adalah nama yang digunakan untuk merujuk pada alam semesta gabungan dari berbagai karakter dan cerita dalam komik-komik Image Comics. Jika Mignolaverse dibuat oleh satu orang yaitu Mike Mignola, lain halnya dengan Imageverse, karena semesta ini dibangun oleh beberapa orang seperti Todd McFarlane, Jim Lee, Rob Liefeld, Erik Larsen, dan beberapa orang lainnya. Ada banyak karakter yang merupakan bagian dari Imageverse, contohnya adalah Spawn, Youngblood, Save Dragon, Shadowhawk, dan Cyberforce. Tetapi mungkin di antara beberapa nama tersebut, hanya Spawn yang paling banyak diketahui mengingat film reboot Spawn saat ini sedang dibuat.

Fawcett Universe

Geeks tahu dengan karakter Shazam? Karakter tersebut sebenarnya bukan berasal dari DC Comics melainkan dari Fawcett. Karakternya pun hidup di semesta Fawcett, tempat di mana banyak superhero dan villain berkumpul. Ketika berada di Fawcett universe, nama aslinya bukanlah Shazam, melainkan Captain Marvel. Ketika itu Captain Marvel tengah berada di masa jayanya, di mana dia lebih beken dari Superman. Tetapi karena kasus hukum dengan DC, kepemilikan karakter Captain Marvel pun berpindah ke DC. Dan setelah itu Fawcett komik ditutup, sehingga Fawcett universe yang berisi para superhero seperti Bulletman tidak pernah lagi muncul.

Milestone Universe 

Milestone universe berasal dari komik Milestone yang diciptakan oleh Dwayne McDuffie, Denys Cowan, dan Michael Davis di tahun 1993. Semesta yang dihadirkan di Milestone memang cukup unik karena karakter yang dihadirkan berasal dari beragam etnis dan kultur. Yap semesta ini diciptakan oleh kreatornya untuk mengeksplorasi isu-isu sosial dan politik yang relevan saat itu. Ada beberapa karakter terkenal dalam Milestone universe seperti Static, Icon, dan Hardware. Dan semesta inipun memiliki tim pahlawan super mirip Justice League atau Avengers, yang bernama Blood Syndicate. Setelah universe mati akibat Milestone media mengalami kebangkrutan pada tahun 1997, DC Comics kemudian turun langsung untuk menyelamatkan Milestone media, sehingga sekarang karakter-karakter dari Milestone universe berada di bawah naungan DC Comics.

Wildstrom Universe

Sama seperti Milestone, Wildstorm sekarang juga diintegrasikan ke dalam DC Universe, karena sekarang Wildstorm universe berada di bawah naungan DC Comics. Tetapi jauh sebelum dimiliki DC Comics, Wildstrom memiliki universenya sendiri yang dibuat oleh Jim Lee pada tahun 1992. Wildstorm universe dikenal karena menghadirkan karakter-karakter superhero yang lebih modern dan berbeda dari karakter-karakter superhero konvensional. Karakter-karakternya juga memiliki latar belakang yang lebih kompleks. Beberapa karakter terkenal dari Wildstrom universe adalah Grifter, Voodoo, Spartan, Midnighter, dan masih banyak lagi.

Valiant Universe

Valiant Universe dianggap sebagai universe terbesar ketiga setelah Marvel dan DC. Valiant memang memiliki sejarah yang agak aneh, di mana mereka pernah ditutup dan dibuka kembali selama beberapa kali sejak didirikan pada tahun 1989. Ada banyak karakter terkenal yang hidup di Valiant Universe seperti Harbinger, Bloodshot, Eternal Warrior, X-O Manowar, dan masih banyak lagi. Nah menariknya nih Geeks, Valiant Universe pernah dibuatkan sinematik universenya oleh Sony Pictures, tetapi setelah kegagalan film Bloodshot yang dibintangi Vin Diesel, sepertinya sinematik universe Valiant tidak akan berlanjut.

Itulah dia Geeks beberapa cinematic universe yang mampu menyaingi kemegahan DC dan Marvel. Meski tidak sebeken DC dan Marvel, universe-universe di atas memiliki keunikan dan cerita-cerita yang seru untuk disimak. Tertarik untuk melihatnya Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/