Dengan kedahsyatan dari Observation Haki yang mereka dimiliki beberapa karakter dalam cerita One Piece membuat mereka bisa melihat ke masa depan dan tahu apa yang akan terjadi. Observation Haki merupakan salah satu jenis Haki yang diperkenalkan dalam alur cerita One Piece selain Armament Haki atau Conqueror’s Haki. Ada berbagai kemampuan dahsyat yang bisa penggunanya lakukan dengan Haki jenis ini.

Dengan menggunakan Observation Haki, penggunanya bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa seperti memprediksi serangan, merasakan emosi keberadaan orang lain, dan sebagainya. Namun, yang paling luar biasa dari Observation Haki adalah bisa melihat ke masa depan. Ini merupakan tingkatan tertinggi dari Observation Haki dan ada beberapa karakter yang bisa melihat ke masa depan dengan menggunakan Haki ini. Siapa saja?

Charlotte Katakuri

Dalam alur cerita One Piece, Katakuri adalah karakter pertama yang bisa melihat ke masa depan dengan menggunakan Observation Haki. Kemampuan ini dia perlihatkan dalam pertarungannya melawan Luffy dalam arc Whole Cake Island. Dengan kemampuan ini, Katakuri mampu mengetahui apa gerakan Luffy selanjutnya dan bukan sekedar memprediksi. Katakuri mampu untuk melihat masa depan selama beberapa detik.

karakter one piece bisa melihat masa depan

Kemampuan luar biasa inilah yang digunakan oleh Katakuri dalam setiap pertarungan, yang mana membuat dia menjadi sosok yang tidak pernah kalah satu kali pun. Di sisi lain, ini juga yang kemudian membuat Luffy kewalahan pada awalnya dalam pertarungan tersebut. Luffy sendiri merasa heran karena semua serangan yang hendak dia lakukan tidak pernah berhasil mengenai Katakuri.

Monkey D Luffy

Luffy adalah karakter selanjutnya yang bisa melihat masa depan dalam cerita One Piece. Dalam pertarungannya melawan Katakuri, Luffy benar-benar harus mengerahkan semua kemampuannya. Setelah berkali-kali gagal dalam melancarkan serangan, Luffy pun mulai menyaadari kemampuan Katakuri tersebut. Dan di tengah pertarungan, dia akhirnya mampu untuk membangkitkan kekuatannya.

karakter one piece bisa melihat masa depan

Seperti halnya Katakuri, Luffy juga mampu untuk melihat ke masa depan selama beberapa detik yang mana hal ini dia gunakan untuk menahan semua serangannya. Dan setelah pertarungan yang sangat sengit dan lama, akhirnya Luffy berhasil memenangkan pertarungan ini setelah Katakuri mengaku kalah. Dalam arc Wano sendiri, Luffy sempat kembali menggunakan kemampuan ini saat berada di penjara Udon.

Sanji

Sanji si kaki hitam merupakan koki andalan dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan kru paling kuat ketiga, setelah Luffy dan Zoro. Menurut Eiichiro Oda dalam sebuah kolom SBS disebutkan bahwa Sanji memiliki spesialisasi dalam hal Observation. Artinya, Sanji merupakan karakter yang paling terlatih dalam penggunaan Haki jenis ini dan beberapa kali dia memperlihatkan kemampuannya.

Yang menarik adalah sebenarnya secara teknis tidak ada konfirmasi jika Sanji memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan. Namun, dari salah satu momen di arc Whole Cake Island ini seolah memberikan petunjuk terkait hal tersebut. Momen tersebut memperlihatkan bagaimana Sanji mampu untuk menghindari serangan Katakuri yang diarahkan kepadanya seolah dia tahu serangan itu akan muncul.

Shanks

Shanks adalah contoh paling baru dari karakter yang bisa melihat ke masa depan dalam cerita One Piece. Shanks merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko dan merupakan salah satu bajak laut terkuat, meskipun dia tidak memiliki kemampuan buah iblis. Shanks benar-benar mengandalkan kemampuan Hakinya yang sangat luar biasa. Karena itulah wajar jika Shanks bisa menguasai ketiga Haki sekaligus.

karakter one piece bisa melihat masa depan

Dalam chapter sebelumnya, kita sudah melihat bagaimana Shanks mampu menaklukan seorang admiral bahkan dari jarang yang sangat jauh dengan Conqueror’s Haki miliknya. Dan meskipun sebelumnya hanya merupakan spekulasi para fans, namun pada akhirnya spekulasi tersebut terbukti ketika Shanks mampu melihat ke masa depan saat berhadapan dengan Eustass Kid.

Memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan tentunya bukan sebuah pencapaian yang sembarangan bagi para karakter tersebut. Kemampuan itu jadi bukti nyata bahwa mereka memang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Dan tentunya menarik untuk melihat apakah akan ada karakter lainnya yang kemudian mampu untuk melihat ke masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.