Secret Invasion memberikan petunjuk jika sosok James Rhodes alias Rhodey yang asli kemungkinan sudah tewas dalam cerita Civil War. Secret Invasion menjadi series terbaru yang rilis di Disney Plus dan menjadi bagian dari Phase 5 MCU. Series ini dihadirkan secara berbeda dengan tone cerita yang jauh lebih serius dan penuh dengan berbagai misteri.

Seperti dalam cerita komiknya, Secret Invasion menghadirkan cerita di mana para jutaan Skrull sudah menyusup dan membaur dengan manusia bumi. Dan bahkan, para Skrulls juga diduga kuat sudah membaur dengan para Avengers. Dan hal ini kemudian terbukti ketika sosok James Rhodes alias Rhodey ternyata adalah Skrulls. Yang menarik adalah muncul teori jika Rhodes yang asli sudah tewas dalam alur cerita Civil War.

Fakta Rhodey Adalah Skrulls

Sosok James Rhodes alias Rhodey menjadi salah satu perbincangan hangat para fans sejak awal series Secret Invasion dimulai. Rhodey sendiri muncul di episode perdana di mana dia diperlihatkan tidak lagi menggunakan armor War Machine dan aktif sebagai Avengers. Dalam ceritanya, Rhodey memiliki peranan baru yaitu penasihat presiden Amerika sekaligus perwakilan komisi tertinggi.

Di episode tersebut juga Rhodey diperlihatkan berada dalam situasi sulit ketika beberapa negara berusaha untuk mencari tahu keterlibatan Nick Fury dan Maria Hill dalam peristiwa mematikan di Rusia. Nick Fury dan Rhodes sendiri kemudian mengadakan pertemuan secara tertutup di mana Nick meminta bantuanya. Namun, Rhodes menolak hal tersebut bahkan dia juga “memecat” Fury akibat hal tersebut.

Fakta bahwa Rhodey adalah Skrulls kemudian terungkap di episode 4 yang berjudul “Beloved” di mana ternyata dia adalah Skrulls wanita. Rhodey bahkan sempat bertemu dengan Priscilla alias Varra dan memintanya untuk menghabisi Nick Fury, yang mana Nick sendiri mendengar percakapan tersebut dan akhirnya menjawab rasa penasaran dan curiganya.

rhodes secret invasion

Nick sendiri sempat menyusup ke hotel ruangan “Rhodey” berada dan memberikan informasi bahwa sosok terdekat presiden merupakan Skrull atau sudah disusupi Skrull. Namun, Rhodey kemudian coba untuk membantah hal tersebut dengan mengatakan bahwa keamanan yang dia miliki sangat kuat. Dan Rhodey sendiri sempat mengatakan jika Nick berhutang kepanya karena sudah melindungi dia dari rekaman peristiwa di Rusia yang belum tersebar ke manapun.

Fakta mengenai sosok James Rhodes alias Rhodey adalah Skrulls seolah menjawab spekulasi para fans sebelumnya. Mereka sempat menyebutkan jika Rhodey yang muncul dalam cerita Secret invasion adalah Skrulls dan akhirnya hal tersebut memang terbukti. Pertanyaanya kemudian jika ini adalah Skrulls yang menyamar menjadi Rhodes, lalu di mana Rhodes yang asli?

Rhodes Asli Tewas Dalam Civil War

Pertanyaan mengenai di mana kemudian sosok Rhodey yang asli tentunya muncul di benak Geeks, apalagi setelah muncul fakta jika Rhodey dalam Secret Invasion ternyata adalah Skrulls yang menyamar. Berkaitan dengan hal tersebut ada sebuah teori menarik yang muncul di kalangan fans. Teori tersebut bisa dibilang mampu untuk menjawab teka-teki besar mengenai keberadaan Rhodey.

Teorinya sendiri menyebutkan jika sosok kolonel James Rhodes alias Rhodey sudah tewas dalam peristiwa Civil War. Ada beberapa petunjuk besar yang mendukung hal ini. Pertama adalah ucapan dari bos Marvel Studios yaitu Kevin Feige. Dalam wawancaranya dengan Marvel.com, Feige sempat mengomentari fakta bahwa Rhodey ternyata adalah Skrulls Wanita dan dia sudah digantikan dalam waktu yang lama.

Kami senang dengan ide para fans untuk kembali dan melihat beberapa penampilan dari Rhodey dan menyadari bahwa itu bukan dia.” Dan petunjuk kedua serta menjadi petunjuk yang paling besar adalah percakapan Doctor Strange di mobil dengan rekan dokternya, Billy, dalam film pertama. Di awal film Doctor Strange, sosok Stephen Strange diperlihatkan hendak pergi ke sebuah pesta di mana kemudian rekannya menelpon Strange.

rhodes secret invasion

Mereka menyebutkan beberapa kasus yang mungkin bisa membuat Strange tertarik untuk memberikan saran dan membantu mereka menyelesaikan prosedurnya. Dari berbagai kasus yang ada, terdapat satu kasus menarik di mana rekannya mengatakan jika ada “seorang kolonel angkatan udara berusia 35 tahun menghancurkan bagian tulang belakang bagian bawahnya dalam sebuah kecelakaan uji coba armor.

Film Doctor Strange sendiri rilis di tahun 2016 yaitu pada 26 Oktober beberapa bulan setelah perilisan film Captain America: Civil War yang rilis pada 27 April. Jika Geeks kembali ingat apa yang terjadi di film tersebut, Rhodes berada di pihak Tony Stark dan harus bertarung melawan Steve dan yang lain. Menjelang akhir filmnya, Steve berhasil kabur dari bandara dan Rhodes serta Tony berusaha mengejar kapal tersebut.

Sam Wilson berusaha untuk mencegah mereka, namun gagal. Sampai kemudian Rhodes meminta bantuan Vision untuk menghancurkan Sam. Dia menembakan laser dari Mind Stone yang berhasil Sam hindari dan serangan itu kemudian mengenai armor War Machine. Rhodes pun terjatuh dan tidak sadarkan diri dan F.R.I.D.A.Y. sendiri melihat jika detak jantungnya masih ada dan bantuan medis akan segera datang.

Bagaimana kemudian Strange menolak untuk menangani kasus tersebut menjadi jalan bagi tewasnya Rhodes. Bisa jadi juga pada akhirnya Rhodes tewas dalam proses penanganan medis atau ketika penyembuhan.

Mirip Seperti Priscilla

Apa yang terjadi kepada Rhodes dalam cerita Secret Invasion kemungkinan mirip seperti yang juga terjadi kepada Priscilla alias Varra. Dalam konfrontasi antara Priscilla dan Nick di episode 4 dia mengaku bahwa tubuhnya dahulu merupakan seorang dokter. Varra dan Priscilla sering bertemu dan bertukar cerita sampai kemudian Varra meminta izin untuk menggunakan tubuhnya sebagai penyamaran.

Priscilla sendiri setuju dengan berbagai syarat, di mana salah satunya adalah dia tidak boleh melukai sosok Nick Fury yang mana Varra ternyata sudah cukup lama memiliki misi untuk menghabisi Nick. Varra sendiri coba untuk memenuhi janji tersebut dan sepertinya dia pun mulai mengkhianati pihak pemberontak Skrulls dan berada di pihak Nick Fury untuk menyelesaikan semuanya.

Sosok Skrulls wanita yang tidak diketahui namanya ini kemungkinan mencuri penampilan atau tubuh dari Rhodes ketika dia dirawat di rumah sakit, sampai kemudian dia tewas. Dan semenjak saat itulah sosok Skrulls ini mulai mengalami perubahan besar dari sikapnya, yang mana kemudian ini juga yang coba didukung oleh pernyataan dari Kevin Feige. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.