Di sepanjang kemunculannya dalam Marvel Comics, Avengers sudah menghadapi banyak villain namun ada beberapa villain yang belum pernah dihadapi oleh mereka. Avengers merupakan tim pahlawan terkuat di universe Marvel. Mereka terdiri dari para pahlawan hebat yang ada di bumi mulai dari Spider-Man, Hulk, Iron Man, Catpain America, dan masih banyak lainnya.

Sejarah kemunculan Avengers di Marvel Comics tentunya sudah sangat panjang, di mana selama puluhan tahun tersebut mereka sudah banyak menghadapi villain. Contohnya Kang the Conqueror atau bahkan Thanos. Namun, meskipun Avengers sudah menghadapi banyak villain ada beberapa villain yang belum pernah dihadapi oleh mereka sampai sekarang. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah daftarnya.

Gorr The God Butcher

Sosok God the God Butcher merupakan sosok alien yang berhasil mendapatkan kekuatan super berkat pedang Necrosword. Pedang buatan dewa symbiote, Knull, tersebut kemudian dia gunakan untuk menghabisi nyawa berbagai dewa yang ada di universe Marvel. Bahkan, dia memiliki tujuan untuk menghilangkan semua dewa dalam setiap universe yang ada. Hal ini membuat Gorr menjadi sosok yang berbahaya.

villain belum dihadapi avengers

Gorr the God Butcher sejauh ini baru menghadapi Thor dan dua versi lainnya; Thor muda sebelum dia memiliki Mjolnir dan King Thor yang berasal dari akhir alam raya. Sampai sejauh ini, Gorr belum pernah menghadapi secara keseluruhan tim Avengers. Dia baru menjadi villain utama bagi salah satu anggota mereka yaitu Thor. Menghadapi musuh yang memiliki senjata kosmik kuat tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi para Avengers.

Mangog

Selain Gorr, Thor juga sering berhadapan dengan makhluk kosmik jahat lainnya yaitu Mangog. Tetapi, Mangog belum pernah berhadapan dengan tim Avengers. Mangog memiliki alasannya tersindiri mengapa kemudian dia sangat membenci Thor. Dalam ceritanya, Odin menghabisi seluruh bangsa dari Mangog. Dia pun berusaha untuk membalaskan dendamnya terhadap Asgard, Odin, dan Thor.

Mangog pernah bekerja sama dengan Thanos untuk menciptakan kekacauan di Asgard. Mangog pun kemudian kembali untuk menghadapi Thor dan kemudian Jane Foster sebelum dia berhasil dikalahkan. Mangong sendiri berhasil menghancurkan Asgardia, yang merupakan Asgard baru yang diciptakan secara lebih modern, dengan mendekatkan wilayah tersebut ke arah matahari.

Baron Karl Mordo

Sosok Baron Karl Mordo lebih dikenal sebagai rival dan musuh dari sosok Stephen Strange, sang penyihir agung. Perselisihannya dengan Strange sering kali juga membuat dia harus berurusan dengan tim yang jadi sekutu Strange, the Defenders. Selama Strange menjadi bagian dari tim Avengers, Marvel Comics belum pernah memperlihatkan cerita Baron Karl Mordo menghadapi tim pahlawan itu.

Baron Mordo sendiri merupakan salah satu penyihir yang luar biasa selain Strange, meskipun secara kemampuan dan kekuatan levelnya ada di bawah sang penyihir agung. Namun, Baron Mordo tentunya bukan karakter yang bisa diremehkan. Dengan kemampuan yang dia miliki tentunya Baron Mordo bisa jadi sebuah ancaman yang besar bagi tim Avengers.

Nightmare

Berbicara mengenai villain penyihir, yang juga belum pernah dihadapi oleh tim Avengers adalah Nightmare. Sosok Nightmare merupakan makhluk antar dimensi yang menjadi penguasa alam bawah sadar bagi seluruh manusia. Sesuai namanya, Nightmare selalu memberikan mimpi buruk kepada orang-orang. Contohnya, dia pernah menguasai Loki, Ghost Rider, bahkan tim mutan X-Men.

Selain Baron Karl Mordo, Nightmare juga adalah villain yang sering dihadapi oleh Doctor Strange. Sebenarnya, Nightmare sendiri mengetahui tentang keberadaan tim Avengers dan bahkan dia pun tertarik untuk menguasai beberapa murid mereka. Namun, sampai sekarang Nightmare masih tetap menjadi musuh bagi Strange dan belum jadi ancaman bagi tim Avengers. Padahal, Shuma-Gorath dan Mephisto sendiri pernah jadi musuh Avengers.

Morlun

Morlun adalah sosok vampir antar dimensi yang mengonsumsi “Spider Totems” dari berbagai multiverse Marvel. Spider Totems inilah yang memberikan kekuatan laba-laba bagi para karakter seperti Peter Parker, Miles Morales, Gwen Stacy, dan sebagainya. Spider-Man merupakan superhero yang pernah menghadapi Morlun. Meskipun begitu, dia pernah hampir berhadapan dengan tim pahlawan ini.

villain belum dihadapi avengers

Dalam kemunculan pertamanya, Morlun berhasil menghalahkan Spider-Man sampai hampir tewas. Dia bahkan memburunya sampai ke rumah sakit. Tim New Avengers, di mana Spider-Man jadi anggotanya, sudah eksis saat itu. Namun, Morlun berhasil menghindari mereka dan kemudian menyerang Spider-Man. Peter sendiri kemudian bangun dan kemudian bermutasi dan berhasil menghabisi Morlun. Namun, itu bukan cerita terakhir Morlun menghadapi Spider-Man.

Dark Phoenix Jean Grey

Tim Avengers sudah pernah menghadapi kekuatan dan wadah dari Phoenix beberapa kali. Dalam pertempuran mereka menghadapi X-men, para Avengers harus berhadapan dengan Cyclops, Namor, Colossus, Emma Frost, dan Magik di mana kelimanya merupakan wadah dari kekuatan kosmik Phoenix. Yang paling baru, Phoenix bertarung menghadapi para Avengers sambil membuat beberapa pahlawan dari berbagai realita ikut dalam turnamen untuk menjadi wadah selanjutnya.

villain belum dihadapi avengers

Namun, dari beberapa nama yang pernah jadi avatar atau wadah dari Phoenix sosok Jean Grey bisa dibilang adalah yang paling populer. Namun, dalam cerita komiknya sejauh ini tim Avengers belum pernah berhadapan dengan Jean Grey yang dikendalikan oleh kekuatan Phoenix. Jean Grey diperlihatkan pernah bertarung menghadapi Shi’ar Imperial Guard dan juga tim X-Men.

Mister Sinister

Mister Sinister merupakan salah satu villain yang sudah sejak lama menjadi musuh bebuyutan dari tim mutan X-Men. Dia memiliki kecerdasan dan kekuatan yang sangat mengerikan dalam tubuhnya. Mister Sinister sendiri sudah beberapa kali bekerja sama dengan Apocalypse untuk menghadirkan kekacauan di dunia mutan. Namun, Mister Sinister sendiri belum pernah berhadapan dengan Avengers.

villain belum dihadapi avengers

Hal ini berbeda dengan beberapa villain X-Men lainnya seperti Apocalypse, Magneto, dan beberapa nama villain X-Men lainnya yang pernah bersinggungan dengan tim Avengers. Dalam cerita Wolverine: Adamantium Agenda, sebenarnya Mister Sinister sempat hampir berhadapan dengan mereka. Namun, sang villain memutuskan untuk menghindari mereka dan tidak berhadapan dengan tim pahlawan itu.

Selain memiliki sederet karakter pahlawan, Marvel Comics juga memiliki seret karakter villain yang tidak kalah luar biasa. Mayoritas dari para villain tersebut sudah pernah berhadapan langsung dengan tim Avengers. Namun, sebagian dari para villain tersebut ada yang belum pernah dihadapi oleh para Avengers. Apakah Marvel Comics akan menghadirkan ceritanya pada masa yang akan datang masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.