Saat ini, raksasa dalam industri teknologi, Microsoft tengah berusaha untuk melakukan akuisisi terhadap perusahan Activision Blizzard, sebuah perusahaan game yang berbasis di Santa Monica California. Jika akuisisi tersebut sepenuhnya berhasil, maka Xbox (anak perusahaan Microsoft) akan dapat memiliki/menggunakan puluhan game yang pernah dibuat oleh Activision. Dengan adanya akuisisi ini, Sony yang menjadi saingan terbesar Xbox merasa khawatir jika kemudian salah satu franchise andalan Activision, Call of Duty, menjadi game eksklusif Xbox di masa depan dan tidak tersedia untuk PlayStation.

Namun itu sepertinya tidak akan terjadi, karena baru-baru ini Microsoft melakukan perjanjian dengan Sony untuk tetap memunculkan Call of Duty di PlayStation. Dilansir dari Twitter resmi Phil Spencer (petinggi Xbox), dia mengkonfirmasi bahwa Microsoft dan Sony telah menyetujui perjanjian untuk tetap merilis Call of Duty di konsol PlayStation meski Activision nantinya sudah dimiliki oleh Microsoft. Namun tidak diketahui sampai kapan perjanjian tersebut akan terus berlanjut.

Sebelumnya, Microsoft sempat melakukan persidangan melawan pihak FTC yang menolak adanya akuisisi terhadap Activision. Namun setelah persidangan yang panjang selama berhari-hari, Microsoft berhasil memenangkan gugatan tersebut, sehingga Microsoft mendapatkan ijin untuk dapat mengakuisisi Activision. Memang banyak perusahaan yang tidak senang dengan adanya akuisisi ini. Microsoft ditakutkan akan menguasai alias memonopoli pasar, sehingga membuat persaingan menjadi tidak sehat. Apalagi berbicara tentang game Call of Duty, sebuah franchise yang memiliki basis penggemar yang masif.

Call of Duty sendiri memang banyak dimainkan di konsol PlayStation. Bahkan setiap tahun, jumlah pemain Call of Duty di konsol terus bertambah. Akuisisi ini tentu saja dilakukan Microsoft untuk tetap unggul dalam persaingan melawan perusahaan lain. Apalagi saat ini, Microsoft dan Xbox tengah gencar-gencarnya membuat game eksklusif untuk dihadirkan dalam Game Pass yang menjadi andalan mereka. Ada beberapa game besar yang akan tersedia dalam Game Pass, seperti Starfield yang akan rilis akhir tahun ini. Apakah di masa depan Microsoft akan mengakuisisi developer atau publisher game lainnya? Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/