Salah satu cara Lex Luthor menghadapi Superman adalah dengan mengembangkan Power Suit Armor dan ada berbagai fakta mengenai armor ini. Lex Luthor merupakan musuh bebuyutan dari Superman dalam cerita di DC Comics. Karakter Lex Luthor bisa dibilang sangat menarik, karena bagaimana dia pada dasarnya adalah manusia yang kemudian bisa menjadi musuh utama Superman.

Hal ini tentunya berbeda dengan Batman, yang lebih sering berhadapan dengan karakter manusia meskipun tidak jarang juga dia berhadapan dengan karakter villain kosmik seperti Darkseid. Salah satu cara Lex menghadapi Superman adalah dengan membuat sebuah armor bernama Power Suit. Ada berbagai fakta mengenai armor buatan Lex Luthor ini. Apa saja?

Memiliki Berbagai Jenis Kryptonite

power suit lex luthor

Fakta pertama mengenai Power Suit Armor Lex Luthor adalah armor ini dilengkapi oleh berbagai jenis Kryptonite. Seperti yang Geeks ketahui, Kryptonite adalah salah satu kelemahan terbesar dari Superman dan dalam cerita komiknya sendiri ada berbagai jenis Kryptonite yang bisa melemahkan Superman. Inilah yang kemudian coba dimanfaatkan oleh Lex Luthor.

Lex mampu menghadirkan Kryptonite hijau di jari jempol kanan, Kryptonite merah di jari telunjuk kanan, Kryptonite biru di jari manis kanan, dan Kryptonite hitam di jari kelingking kanan. Lex juga bisa menembakan serangan energi biasa atau pun serangan energi Kryptonite dari armor ini, sehingga pada dasarnya Power Suit bukan hanya berbahaya bagi Superman melainkan bagi seluruh bangsa Krypton.

Memiliki Berbagai Senjata Kryptonite

Selain mampu untuk memproyeksikan atau menggunakan berbagai jenis Krypton di lengan kanannnya, Power Suit Armor milik Lex Luthor ini juga memiliki berbagai senjata yang dia gunakan untuk menghadapi Superman. Dan tentu saja berbagai senjata tersebut pun dilapisi atau memiliki lapisan Kryptonite hijau. Selain senjata, armor ini pun ternyata dilengkapi oleh sistem pertahanan dari Kryptonite. Jika Superman berada di jarak yang dekat, Lex akan menggunakan serangan dahsyat dari Kryptonite tersebut.

Memiliki Kesadaran Sendiri

power suit lex luthor

Salah satu fakta menarik dari Power Suit Armor ini adalah armor tersebut memiliki kesadaran sendiri. Dengan demikian, armor tersebut dapat bergerak dan menentukan apa langkah selanjutnya tanpa perlu arahan dari Lex. Di sisi lain, dengan Power Suit Armor memiliki kesadaran atau kecerdasan sendiri Lex Luthor tidak selalu harus mengenakan armor ini untuk menghadirkan berbagai kekacauan. Contoh dari hal ini adalah ketika Lex Luthor terjatuh dari ketinggian, maka armor ini akan terbang dan langsung menyelamatkannya. Armor ini memiliki kemampuan unik lain untuk berubah bentuk sesuai kebutuhan.

Menciptakan Ilusi dan Melakukan Hipnotis

Berbicara mengenai Power Suit Armor yang memiliki kesadarannya sendiri, armor ini juga memiliki kemampuan unik yang berkaitan dengan kekuatan mental. Power Suit Armor mampu menghadirkan sebuah ilusi yang nyata sehingga hal tersebut mampu untuk menipu atau mengelabui Superman. Contohnya, armor ini bisa menghadirkan ilusi sosok Lex yang membuat Superman mengejarnya.

Dan hal ini membuat Lex Luthor bisa kemudian pergi ke tempat lain atau melakukan hal jahat lainnya. Selain memproyeksikan sebuah ilusi, Power Suit Armor juga bisa melakukan semacam hipnotis terhadap Superman. Hal ini saling berkaitan dengan ilusi yang diciptakan tersebut. Armornya akan memberikan sugesti kepada korbannya yang kemudian diilustrasikan dalam sebuah ilusi.

Jebakan Dua Dimensi

power suit lex luthor

Salah satu keunikan dan kekuatan tidak biasa yang dimiliki oleh Power Suit Armor adalah kemampuan untuk merubah seseorang dari tiga dimensi menjadi dua dimensi. Superman pernah berhasil terjebak dalam kemampuan ini, di mana dia kemudian berhasil keluar berkat kekuatan penuh untuk menghancurkan jebakannya. Namun, kemampuan ini tidak pernah lagi muncul dalam cerita mana pun karena pada dasarnya kemampuan ini cukup aneh meskipun mungkin terdengar efektif untuk menghadapi musuh yang tidak sekuat Superman.

Melakukan Analisis

Selain memiliki kesadaran sendiri, Power Suit Armor juga memiliki kecerdasaan yang luar biasa. Armor ini mampu melakukan berbagai analisis secara tepat dan presisi peristiwa atau masalah yang sedang terjadi, serta memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Setelah itu, armornya melakukan kalkulasi dan membuat strategi terbaik untuk menghadapi hal tersebut.

Yang luar biasa juga dari fakta Power Suit Armor Lex Luthor ini adalah ada sistem pendeteksi kebohongan. Kemampuan ini memang tidak akan terlalu bermanfaat dalam menghadapi Superman, namun adanya kemampuan ini membuat Lex Luthor mampu memprediksi atau melihat adanya kemungkinan trik atau tipuan dari siapa pun yang mencoba menyerangnya.

Menyerap Serangan Dan Telekinesis

power suit lex luthor

Lex Luthor memang tidak memiliki kemampuan telekinesis, namuna ketika dia menggunakan armor ini maka dia akan memiliki kemampuan tersebut. Kemampuan ini sering Lex gunakan ketika menggunakan armornya. Dia dengan mudah bisa mengangkat benda yang sangat berat dengan hanya menggunakan pikirannya. Selain kemampuan telekinesis, armor ini mampu menyerap serangan apa pun dan kemudian mengembalikannya dengan kekuatan berkali-kali lipat. Selain pukulan Superman, armor ini bahkan bisa menahan serangan sala satu serangan terkuatnya yaitu heat vision.

Memiliki Radiasi Red Sun

Red Sun atau Matahari Merah adalah salah satu fenomena alam yang sangat luar biasa yang mana ini juga yang kemudian jadi salah satu kelemahan dari Superman selain Kryptonite. Ketika Superman berada di dekat Matahari Merah ini, maka kekuatannya akan melemah. Lex pun memanfaatkan hal tersebut dengan membuat Power Suit Armor miliknya diberi radiasi dari Red Sun atau Matahari Merah. Superman biasanya akan dijebak di dalam armor ini dan menghilangkan seluruh kemampuannya.

Medan Energi Pasif

power suit lex luthorGeeks mungkin bertanya mengapa Power Suit Armor milik Lex Luthor tidak dilengkapi dengan helem untuk melindungi bagian kepalanya. Jawabannya adalah karena armor ini memiliki medan energi pasif (passive force fields). Medan energi pasif ini muncul dari armornya dan melindungi seluruh tubuh dari Lex Luthor. Jadi, ketika armornya mampu menyerap seluruh serangan yang ada tubuh Lex Luthor pun terlindungi dengan medan energi di seluruh tubuhnya. Bahkan, jika kemudian dia membutuhkan tambahan kekuatan dari medan energi tersebut Lex bisa memanfaatkan sarung tangan bagian kirinya untuk mengaktifkan tambahan kekuatan.

Dengan memanfaatkan berbagai kekuatan dan kedahsyatan Power Suit Armor wajar jika kemudian Lex Luthor menjadi musuh yang berbahaya bagi Superman. Kecerdasan yang dia miliki dia manfaatkan untuk membangun sebuah alat yang bisa dia gunakan untuk mengalahkan sang alien. Sayangnya, armor ini jarang sekali dihadirkan dalam versi live-action.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.