DC Comics memiliki sederetan karakter tertua yang pernah muncul dalam cerita komik mereka yang mungkin jarang Geeks ketahui. Seperti umumnya cerita dalam buku komik, DC Comics memiliki banyak karakter yang sudah mereka perkenalkan sejauh ini. Contohnya adalah Batman, Superman, Wonder Woman, dan masih banyak lainnya. Para karakter ini memiliki keunikan masing-masing.

Berbagai karakter di DC Comics tersebut pun memiliki usia. Ada yang usianya puluhan, ratusan, bahkan sudah ribuan serta jutaan tahun. Namun, memang usia dari para karakter ini hampir tidak pernah dijelaskan secara detail alias hanya muncul sebentar saja. Karena itulah, ada beberapa karakter di DC Comics yang dianggap sebai karakter tertua. Siapa saja mereka?

Zealot

Zealot sebenarnya pada awalnya bukan menjadi bagian dari DC Comics melainkan Wildstorm Production. Baru setelah perusahaan tersebut menjadi bagian dari DC Comics akhirnya berbagai karakter dalam cerita mereka pun bergabung dengan para karakter lainnya, salah satunya adalah Zealot. Dia sering muncul bersama dengan Deathstroke.

Karakternya sendiri diketahui sudah berusia ribuan tahun dan merupakan perwakilan dari sebuah planet benama Khera. Dia datang ke bumi karena kapalnya rusak dan kemudian membaur dengan para penduiduk bumi. Kemampuannya dalam bertarung jadi andalan dari Zealot dan bahkan dia juga menguasai kekuatan sihir.

Vandal Savage

Nama Vandal Savage mungkin jarang terdengar sebagai salah satu villain yang muncul dalam cerita komik DC. Namun, perlahan popularitas karakternya muli naik. Vandal Savage diberkahi kekuatan berkat radiasi dari sebuah meteorit dan dia juga merupakan manusia yang memiliki pengalaman paling lengkap dan banyak. Savage pun sudah bertahan hidup sangat lama.

Usia dari Vandal Savage sendiri diperkirakan adalah 50.000 tahun sebelum masehi. Dengan usianya yang sangat panjang, Savage berhasil selamat dari berbagai pertempuran dan dia pun mengambil pelajaran dari berbagai pertempuran tersebut. Pengalaman itulah yang membuat dia menjadi salah satu musuh paling berbahaya yang pernah dihadapi para anggota Justice League.

Martian Manhunter

Usia dari Martian Manhunter nyatanya benar-benar sangat tua, meskipun mungkin sebagian Geeks menduga jika usianya tidak setua itu. Sebelum era New 52, Martian Manhunter merupakan anggota Justice League paling tua. Diketahui jika usia J’onn J’onnz adalah 225 juta tahun bahkan lebih. Saat itu, Mars diketahui masih memiliki atmosfir dan para penduduk di sana masih bisa hidup dengan tenang dan damai.

karakter tertua dc comics

J’onn J’onnz dewasa saat itu kemudian bekerja sebagai petugas kepolisian, yang mana inilah pekerjaan yang dia gunakan ketika membaur dengan manusia saat berada di bumi. Sayangnya, untuk saat ini, tidak diketahui berapa usia pasti dari Martian Manhunter. Namun, ada kemungkinan usianya masih sama di ratusan juta tahun. Hal ini pun setidaknya masih membuat J’onn J’onnz adalah anggota Justice League tertua.

Superman Prime One Million

Clark Kent Superman dari universe utama mungkin memang bukan karakter tertua di DC Comics. Namun, karakternya dari universe lain adalah salah satu karakter tertua di DC Comics. Dalam cerita DC: One Million, Superman benar-benar merasa sedih setelah ditinggal semua yang dia cintai. Clark Kent kemudian memutuskan untuk menjelejahi bintang-bintang, dan memberikan tanggung jawabnya terhadap Superman generasi baru, Superman Secundus.

Superman terus melakukan perjalanan sampai kemudian dia tiba di abad ke 700. Dan di abad ke 700 tersebut, dia mendapatkan banyak kekuatan dan kemampuan baru. Superman versi ini kemudian inggal di inti matahari di mana setelah sangat lama dia kembali muncul dalam wujud berlapis emas. Secara teknis, usia Superman Prime One Million ini tidak diketahui secara pasti. Namun, usianya melampaui waktu dan ruang.

Parliament Of Trees

Cerita Swamp Thing menjadi salah satu cerita terbaik di DC Comics di mana Alan Moore berhasil menghadirkan nuansa horor dalam cerita tersebut. Setelah dirubah ceritanya, Alan Moore pun kemudian memperkenalkan Parliament of Trees dalam cerita Swamp Thing. Menurut ceritanya, mereka sudah ada sejak lama bahkan sebelum manusia ada atau tercipta di bumi.

karakter tertua dc comics

Mereka adalah berbagai tanaman yang bernyawa dan hidup serta tingga di pedalaman hutan hujan Amazon. Parliament of Trees mengadaptasi bentuk kehidupan dari berbagai generasi kehidupan yang terjadi selama evolusi bumi terjadi. Salah satu anggota yang tertua adala seekor trilobite atau trilobit yang sudah ada sejak lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Di era New 52, selain pohon atau tanaman, Parliament of Trees juga memiliki anggota dari berbagai elemen lain.

Anti-Monitor

Anti-Monitor adalah salah satu karakter yang sangat populer dan ikonik yang muncul di DC Comics. Dia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perubahan besar di DC Universe dengan menghadirkan cerita Crisis on Infinite Eaths. Dalam komik tersebut dijelaskan bagaimana multiverse DC muncul dan ada penjelasan bahwa di DC Universe ada dua paralel multiverse; Positive Matter dan Anti-Matter.

karakter tertua dc comics

Multiverse positif adalah multiverse yang selama ini muncul dalam cerita DC Comics dan memiliki versi Monitor sendiri. Namun, hal sebaliknya terjadi di multiverse anti-matter. Anti-Monitor adalah sosok yang menghisap energi positif dari multiverse positif yang akhirnya justru menghancurkan dunia tersebut. Inilah alasan mengapa Anti-Monitor kemudian memiliki usia yang kemungkinan sama dengan alam raya tersebut yaitu sekitar sembilan milyar tahun yang lalu.

New Gods

New Gods karangan Jack Kirby selain menjadi salah satu deretan karakter epik dan ikonik, juga merupkan karakter tertua di DC Comics. Tinggal di planet Apokolips dan New Genesis, para New Gods ini adalah penerus langsung dari berbagai dewa-dewa Nordik. Berbicara mengenai usia, seperti halnya Superman Prime One Million para New Gods ini pun memiliki usia di luar ruang dan waktu.

karakter tertua dc comics

Meskipun begitu, beberapa dari mereka ada yang masih juga dianggap paling tua. Sebagian dari mereka usianya ada yang diulang kembali karena pernah tewas beberapa kali, contohnya adalah Darkseid. Terlepas dari fakta tersebut, pada intinya usia dari New Gods ini benar-benar diluar ruang dan waktu sehingga bisa juga dianggap mereka dalah karakter yang abadi.

The Endless

Sama halnya seperti Zealot, The Endless awalnya bukan berasal dari DC Comics melainkan Vertigo. The Endless memiliki beberapa cerita di universe DC setelah menjadi bagian dari perusahaan ini yang mana membuat mereka menjadi makhluk atau karakter yang tertua yang pernah ada di DC Comics. The Endless sendiri terdiri dari Dream, Destiny, Death, Destruction, Desire, Despire, dan Delirium.

karakter tertua dc comics

Para karakter tersebut menjadi yang tertua karena mereka sudah ada sejak waktu tercipta di alam raya dan mereka akan terus ada selamanya. Beberapa karakter yang paling populer adalah Dream dan Death, yang merupakan karya dari Neil Gaiman. Selain menjadi yang tertua, para karakter ini pun menjadi yang terkuat Pada intinya, selama umat manusia masih ada dan hidup maka mereka pun akan tetap ada.

Para karakter tertua dalam sebuah universe tentunya selalu menarik untuk dibahas. Pasalnya, selalu ada hal unik dari para karakter tersebut mulai dari kekuatan, pengetahuan, pengalaman, dan sebagainya. Dan bagaimana mereka sudah tahu dan melihat berbagai kehidupan di alam raya ini membuat mereka tentunya menjadi karakter yang sangat diperhitungkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.