Avengers adalah kelompok superhero terbesar di Marvel Universe, namun ternyata ada juga pahlawan yang justru benci kelompok tersebut. Berisi para pahlawan terbaik dan terkuat di dunia, Avengers merupakan kelompok pahlawan yang menjadi jawaban ketika ancaman besar muncul dan mengancam bumi. Dengan bekerja sama, mereka pun mampu untuk menghancurkan berbagai ancaman tersebut.

Banyak superhero yang kemudian memutuskan untuk bergabung dengan tim Avengers. Sebagian ada yang ditawari untuk bergabung, namun sebagian memutuskan untuk menawarkan diri untuk bergabung. Yang menarik adalah ternyata tidak semua superhero suka dengan Avengers. Nyatanya, ada juga superhero Marvel yang justru benci tim Avengers karena berbagai alasan. Siapa saja mereka?

Wonder Man

Simon Williams alias Wonder Man merupakan salah satu karakter yang berpengaruh di kelompok Avengers. Dia bisa dibilang adalah salah satu karakter yang ikut mendirikan Avengers. Alasan kemudian Wonder Man membenci tim Avengers adalah karena dia yakin jika tim ini adalah yang memberikan kontribusi paling besar terhadap berbagai hal buruk yang terjadi dalam hidupnya.

Wonder Man bahkan menganggap jika apa yang dilakukan oleh para Avengers harus dihentikan. Dia kemudian membentuk sebuah tim lainnya yang bertunjuan untuk menghentikan para Avengers yang bernama Revengers. Mereka sebenarnya berhasil menghancurkan New Avengers, namun ketika berhadapan dengan tim Avengers utama mereka pun akhirnya gagal.

Young Avengers

Young Avengers adalah tim pahlawan yang berisi para superhero muda yang terinspirasi dari tim Avengers. Namun, hal itu tidak membuat mereka serta merta memuja tim tersebut. Young Avengers terbukti memiliki hal yang dianggap kurang pas dengan tim Avengers. Salah satu hal yang membuat mereka pada akhirnya membenci tim Avengers adalah keangkuhan mereka.

Young Avengers menyadari bahwa mereka masih butuh latihan dan arahan untuk menjadi sebuah tim pahlawan. Mereka pun berusaha meminta pertolongan dari tim Avengers terkait hal ini, yang mana justru mereka menolak mentah-mentah hal tersebut. Captain America bahkan yang paling vokal menolak untuk mengajari para superhero muda tersebut. Bahkan, Steve berusaha untuk menghentikan mereka menjadi pahlawan. Namun, seiring berjalannya waktu Young Avengers akhirnya bisa diterima oleh tim Avengers.

Hulkling

Di awal cerita Empyre, Hulkling sempat menunjukan kebencianya terhadap tim Avengers. Hal ini ditambah dengan Avengers yang menjadi sekutu bagi bangsa Kotati. Namun, para Avengers akhirnya menyadari jika bangsa Kotati memiliki niatan jahat untuk menghabisi seluruh makhluk hidup yang ada di alam raya Marvel. Hal itu membuat tim Avengers akhirnya berubah di mana dia menjadi berada di pihak Hulkling.

Spider-Man

Mungkin banyak dari Geeks yang tidak menduga hal ini, karena Spider-Man merupakan salah satu anggota Avengers yang penting. Meskipun begitu, nyatanya Avengers membuat hidup dari Peter Parker akhirnya harus menderita. Hal ini terjadi dalam cerita Civil War, di mana Tony Stark berhasil membujuk Peter untuk menunjukan identitasnya yang asli. Tony mengatakan hal itu demi mendukung Superhero Registration Act.

superhero marvel benci avengers

Namun, yang terjadi setelah Peter mengungkapkan identitas aslinya kepada orang-orang adalah bagaimana kehidupannya justru berubah jadi menderita. Bibi May akhirnya tewas setelah ada yang menyerang apartemen Peter. Dan yang paling mengerikan adalah akhirnya Peter dan Mary Jane memutuskan untuk menjalin kesepakatan dengan Mephisto untuk mengembalikan kerahasiaan identitasnya, dengan mengorbankan pernikahan mereka.

Eternals

Eternals dan Avengers memang sama-sama merupakan pelindung bumi, namun Eternals pernah membenci Avengers dalam sebuah peristiwa. Daam cerita AXE atau Avengers vs. X-Men vs. Eternals diperlihatkan bagaimana tim mutan X-Men diserang oleh salah satu Eternals yaitu Druig. Para Eternals lain sebenarnya berusaha untuk menghentikan hal tersebut dengan cara membangkitkan kembali salah satu Celestials dan berharap Druig mendapatkan hukuman atas hal ini.

superhero marvel benci avengers

Para Eternals itu kemudian menculik Tony Stark dan kerja sama mereka berhasil membangkitkan kembali salah satu Celestials. Namun, Celetials tersebut justru mulai memiliki pikirannya sendiri dan memberikan bumi waktu 24 jam untuk membuktikan bahwa planet ini layak dipertahankan. X-Men dan Eternals pun menyalahkan Tony Stark akibat hal tersebut.

Emma Frost

Emma Frost memang sudah sedari awal membenci tim Avengers. Salah satu alasannya adalah bagaimana tim Avengers tidak pernah mau bekerja sama dengan para mutan atau X-Men dan bagaimana tim Avengers tidak pernah mau berusaha meningkatkan nilai para mutan di mata orang-orang. Hal ini yang membuat Emma Frost berpikir jika Avengers memang layak dibenci.

Emma Frost merupakan salah satu live interest dari Tony, di mana mereka bahkan diperlihatkan pernah menjalin pernikahan. Meskipun begitu, Emma selalu memertanyakan mengapa Tony dan tim Avengers tidak pernah ada ketika X-Men dan para mutan membutuhkan bantuan mereka. Meskipun Tony berusaha untuk memberikan alasan mengenai hal itu, Emma tidak percaya akan alasan Tony.

Beast

Selain Emma Frost, Hank McCoy alias Beast juga memiliki kebencian terhadap tim Avengers. Sosok Beast baru-baru ini diperlihatkan menjadi pemimpin dari tim mutan lainnya yaitu X-Force. Namun, Beast ternyata adalah sosok pemimpin yang paranoid terutama terhadap mereka yang belum atau tidak secara terang-terangan mendukung para mutan dan Avengers adalah salah satunya.

Meskipun Avengers dan X-Men dan para muntan lainnya pernah menjalin kerja sama beberapa kali, pada dasarnya tim Avengers hampir tidak pernah ada ketika para mutan membutuhkan bantuan mereka. Inilah yang kemudian membuat Beast pada akhirnya berpikir bahwa dia tidak lagi peduli terhadap para Avengers dan justru membenci mereka.

Daredevil

Daredevil tidak jarang ikut beraksi bersama tim Avengers. Namun, ternyata Avengers pernah menganggap Daredevil sebagai ancaman. Para Avengers menganggap jika Darredevil akan membuat atau membangun pasukan villain yang mana membuatnya sebagai ancaman dan perlu dihentikan. Tetapi, Matt Murdock sendiri sebenarnya memiliki misi lain.

superhero marvel benci avengers

Dia ingin memberikan kesempatan bagi para villain untuk berubah, dengan harapan bahwa para villain tersebut bahkan mau berubah menjadi pahlawan. Perbedaan pandangan mengenai moral ini yang kemudian membuat Matt Murdock alias Daredevil membenci para Avengers. Matt merasa para Avengers terlalu cepat menyimpulkan sesuatu.

The Punisher

Sebenarnya apa yang terjadi antara Punisher dan Daredevil memiliki kemiripan. Frank Castle pernah beberapa kali bekerja sama dengan para Avengers, namun kedua pihak memiliki pandangan mengenai moral keadilan yang berbeda. Bagi para Avengers, apa yang Frank Castle lakukan sudah sanga keterlaluan. Sebaliknya, Frank Castle menilai para Avengers kurang dalam hal menindak para villain.

superhero marvel benci avengers

Dalam cerita Punisher Warzone, diperlihatkan bagaimana para Avengers berusaha untuk menghentikan dan menangkap Frank Castle. Upaya mereka tersebut pada akhirnya berhasil dan Frank pun kemudian dipenjara. Yang menarik adalah Tony membuat sebuah penjara khusus bagi Frank Castle yang mana jaraknya sangat jauh dengan para kriminal lain. Hal itu sebagai bentuk langkah antisipasi Tony agar Frank Castle tidak menghabisi nyawa para kriminal tersebut.

X-Men

X-Men menjadi salah satu superhero yang benci terhadap tim Avengers. Seperti yang sudah disebutkan di atas, para mutan tersebut tidak pernah merasa aman dan nyaman dengan keberadaan Avengers. Yang terjadi justru tidak jarang X-Men dan Avengers memunculkan ketegangan satu sama lain. Tim X-Men merasa bahwa apa yang terjadi tidaklah adil bagaimana tim Avengers yang justru mendapatkan popularitas dari orang-orang.

superhero marvel benci avengers

Sementara, terlepas dari upaya mereka menyelamatkan bumi dan manusia para mutan tersebut selalu mendapatkan stigma negatif dari orang-orang. Dan para Avengers sendiri tidak pernah mencoba memberikan pengertian kepada orang-orang tersebut tentang para mutan. Perselisihan mereka bahkan sempat juga muncul dalam cerita Avengers vs. X-Men. Dan sepertinya perselisihan antara X-Men dan Avengers ini masih belum akan selesai dalam waktu dekat.

Terlepas dari semua reputasi dan popularitas tim Avengers, nyatanya ada juga beberapa superhero Marvel yang benci terhadap tim tersebut. Hal ini mayoritas karena Avengers dan para pihak tersebut memiliki pandangan yang berbeda, yang membuat para Avengers berpikir jika pihak-pihak ini adalah ancaman. Namun, apakah para Avengers memang berhak mendapatkan kebecian tersebut? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.