Beberapa superhero memiliki kostum terkuat yang bukan hanya menjadi ciri khas mereka, namun sangat membantu dalam menjalankan berbagai misi. Kostum sudah menjadi salah satu hal esensial bagi para superhero. Kostum sama pentingnya dengan kekuatan mereka yang lain sehingga tidak jarang para pahlawan banyak yang sengaja merancang kostum mereka agar bisa menarik dan fungsional.

Kostum bagi para superhero memiliki nilai yang mendalam. Selain menjadi ciri khas mereka yang membedakan dengan superhero lain, kostum tersebut seolah sudah jadi “jati diri” yang menyatu dengan superhero tersebut. Berbagai kostum para pahlawan ini ternyata ada juga yang memiliki fungsi lain. Dan berikut adalah deretan kostum superhero terkuat.

Silver Armor Milik Blade

Blade biasanya lebih sering muncul menggunakan pakaian setelan serba hitam, mulai dari jubah dan bahkan pakaian yang dia kenakan. Namun, dalam cerita komik Blade the Vampire Hunter yang rilis pada 1999. Dalam alur cerita ini, Blade pernah menggunakan sebuah kostum yang unik dan menarik di mana kostum ini terbuat dari perak yang merupakan salah satu kelemahan para vampir.

Hal ini pun membuat kostum Silver Armor bukan hanya menghasilkan perbedaan yang menarik, namun juga keuntungan ketika Blade harus berhadapan dengan berbagai musuhnya. Di sisi lain, armor ini juga memberikan tambahan perlindungan ketika dia bertarung. Sayangnya, kostum tersebut tidak bertahan lama yaitu hanya muncul selama dua tahun saja.

Steel

Sosok Dr. John Henry memiliki motivasi yang besar untuk bisa menjadi sosok Superman baru. Dan singkat cerita, dia berhasil melakukan hal tersebut. Dia berhasil menyelamatkan para penduduk planet Krypton dari seragan Doomsday. Setelah menyelesaikan misinya tersebut, Dr. John Henry kemudian memiliki salah satu kostum superhero terkuat yang pernah ada.

John membuat sebuah armor yang bisa melindunginya dari berbagai musuh dan sebuah palu yag besar. John Henry juga kemudian menggunakan nama Steel sebagai nama pahlawannya. Selain serangan palu yang mengerikan, dia juga bisa terbang dan bergerak cukup lincah dengan bantuan roket di sepatunya. Dan tentunya fungsi yang paling utama adalah memberikan perlindungan lebih kepada John.

Rocket Red Armor

Rocket Red Armor adalah kostum superhero yang digunakan oleh kelompok pahlawan asal Uni Soviet yaitu Rocket Red Brigade. Mereka muncul dalam komik Green Lantern. Dengan negara Amerika memiliki banyak sekali superhero yang bisa mereka manfaatkan, pihak Uni Soviet pun tidak mau kalah dan merasa jika mereka butuh pasukan atau kekuatan militer yang sama untuk mengimbangi kekuatan Amerika tersebut.

Inilah alasan mereka menciptakan Rocket Red Brigade. Kemampuan dari armor Rocket Red Brigade adalah selain memberikan pertahanan dan juga kemampuan untuk terbang, armor ini mampu untuk mengendalikan mesin atau komputer musuh. Satu hal yang kemudian menjadi keunggulan adalah bagaimana armor ini diproduksi secara massal. Artinya, ketika pasukan Rocket Red Brigade bersatu maka armor ini akan sangat mengerikan.

Blue Beetle

Blue Beetle memiliki sebuah armor yang sangat adaptif dan merupakan bagian dari makhluk hidup (sentient) yang menjadikan kostum superhero ini unik. Jaime Reyes adalah sosok di balik nama Blue Beetle. Dia bisa berubah menjadi karakter pahlawan ini berkat bantuan dari jimat (scarab) berbentuk kumbang. Scarab tersebut berasal dari luar bumi, yang mana kemudian memberikannya kekuatan super dan kostum yang epik.

kostum superhero terkuat

Selain mampu menahan serangan Green Lantern dan bahkan Superman, kostum dari Blue Beetle ini mampu menciptakan sebuah senjata yang bisa disesuaikan dengan musuh yang Jaime hadapi saat itu. Misalnya, dalam pertarungan melawan Superman kostum Blue Beetle ini menciptakan senjata Kryptonite. Bagaimana kostum ini “hidup” dan mampu beradaptasi menjadi alasan mengapa ini jadi salah satu kostum superhero terkuat.

Hellbat Armor

Hellbat Armor adalah armor yang dikenakan oleh Batman alias Bruce Wayne yang dibuat oleh para anggota Justice League. Beberapa anggota Justice League yang membangun armor ini diantaranya adalah Aquaman, The Flash, Green Lantern, Cyborg, Wonder Woman, dan semuanya kemudian disatukan oleh Superman di matahari. Tujuan dari dibuatnya armor ini adalah membuat Batman bisa menandingi kekuatan para superhero lain dalam menghadapi ancaman kosmik yang ada. Sisi negatif dari Hellbat Armor ini adalah semuanya bekerja berdasarkan metabolisme tubuh Bruce Wayne. Jika dia terlalu lama menggunakan armor ini, maka dia bisa saja tewas.

Black Panther

Black Panther merupakan salah satu karakter Marvel yang awalnya kurang begitu populer. Namun, berkat kemunculannya di MCU yang diperankan oleh Chadwick Boseman karakternya pun akhirnya mulai populer. Black Panther memiliki salah satu kostum superhero terkuat yang pernah ada hal ini berkat teknologi vibranium yang menjadi salah satu material kostumnya.

kostum superhero terkuat

Kostum dari Black Panther ini akan meningkatkan kelincahan dari penggunanya, serta yang paling jelas adalah meningkatkan kekuatan dari penggunanya. Kedahsyatan dari kostum Black Panther lainnya adalahn berkat teknologi vibranium yang ada semua serangan yang mengarah ke pengguna kostum tersebut akan diserap secara sempurna. Kemudian, kekuatannya bisa dikembalikan beberapa kali lipat.

Iron Spider

Kostum Iron Spider adalah salah satu kostum superhero terkuat sekaligus juga salah satu kostum terkuat yang pernah dimiliki oleh Spider-Man. Dalam cerita komiknya, Iron Spider adalah kostum yang didesain oleh Tony Stark untuk membuat Peter Parker semakin kuat. Misalnya dengan menambahkan lengan laba-laba tambahan di belakang tubuhnya. Ada juga kamera yang bisa melihat semua sudut.

Iron Spider memiliki HUD atau head up display yang sama dengan yang digunakan di armor milik Iron Man. Peter Parker juga bisa menerima informasi secara langsung melalui kostumnya tersebut. Topeng yang dia kenakan di kostum ini pun didesain sefungsional mungkin untuk kemudahan Peter Parker. Selain menjadi salah satu kostum terkuat, kostum ini juga benar-benar memberikan peningkatan kekuatan bagi Peter.

Justice Buster

Selain Tony Stark, Bruce Wayne pun adalah sosok yang cerdas sekaligus inventor. Yang berbeda adalah jika Tony memiliki banyak versi dari armor dari Iron Man, maka Bruce Wayne tidak banyak membuat kostum Batman. Meskipun begitu, bukan berarti Bruce tidak pernah membuat kostum yang epik. Seperti halnya Tony yang membuat Hulkbuster, Bruce Wayne pernah membuat armor yang mirip dengan nama Justice Buster.

kostum superhero terkuat

Yang kemudian membedakan antara Hulkbuster dan Justice Buster adalah jika Hulkbuster didesain hanya untuk mengalahkan Hulk, maka Justice Buster didesain oleh Batman untuk menghancurkan seluruh anggota Justice League. Buktinya adalah kostum ini memiliki keunggulan bagi Bruce untuk bisa menghajar terhadap masing-masing anggota Justice League membuat dia tidak terkalahkan.

X-O Manowar

Selain kostum milik Jaime Reyes, kostum atau armor dari X-O Manowar juga memiliki keunikan. Kostum ini memiliki reputasi yang luar biasa mengingat kostumnya sudah ada sejak jutaan tahun lalu dan bahkan kostum ini dianggap sebagai dewa oleh banyak makhluk. Yang dahsyat sekaligus mengerikan adalah armor ini bisa memilih apakah penggunanya memang pantas mendapatkan kekuatan tersebut.

kostum superhero terkuat

Ketika seseorang dianggap tidak pantas untuk menggunakan kostumnya, maka mereka akan tewas seketika. Namun, jika kemudian sosok tersebut dianggap pantas, seperti Aric of Dacia, maka dia akan mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat. Armor ini memberikan Aric sebuah exoskeleton yang sangat tangguh, mampu menggunakan senjata laser, terbang, dan yang unik adalah reputasi atau level kehormatan dari penggunanya akan meningkat mengingat kostum tersebut adalah dewa.

Godbuster Armor

Armor Iron Man Model 63 alias Godbuster Armor menjadi kostum superhero terkuat yang pernah ada. Kostum yang pertama kali muncul di komik Iron Man #10 ini benar-benar melampaui berbagai kemampuan dan kelebihan dari semua armor yang ada. Tony Stark mendesain armor ini di sebuah realitas virtual bernama Escape. Dalam realita tersebut Tony diberi kebebasan untuk mendesain armor miliknya tanpa ada batasan.

kostum superhero terkuatKemudian, Tony memutuskan untuk menciptakan armor tersebut di dunia nyata. Bukti kedahsyatan dari armor ini adalah tidak diketahui seberapa jauh kemampuan maksimalnya. Arno dan Iron Heart sendiri bahkan tidak mampu untuk memperkirakan sejauh dan sekuat apa armor tersebut, yang mana tentunya hal ini sangat mengerikan. Tony Stark sendiri pada akhirnya memutuskan untuk menghancurkan armor ini.

Superhero tentunya memerlukan kostum atau armor terkuat agar mereka bisa bertahan dari berbagai ancaman yang ada. Pasalnya, tidak jarang lawan atau musuh yang mereka hadapi memiliki kekuatan yang sangat mengerikan. Dengan bumi dan umat manusia serta alam raya menjadi taruhannya, memang kostum terkuat seperti daftara di atas sangat dibutuhkan oleh para superhero.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.