Selain di dunia film, nyatanya dunia komik pun tidak jarang memiliki plot twist terbesar yang membuat para pembacanya terkejut. Dunia komik menjadi sebuah medium yang bisa memberikan kebebasan bagi para penulis untuk melakukan apapun. Contohnya mengembalikan karakter yang sebelumnya sudah tewas dalam sebuah cerita. Atau memperkenalkan sebuah dunia atau universe lain.

Meskipun begitu, alur cerita yang muncul dalam komik pun tidak jarang berhasil menarik perhatian orang lain. Dan salah satu hal yang membuat cerita komik menarik adalah munculnya berbagai plot twist yang tentunya tidak terduga sebelumnya. Lalu, apa saja plot twist terbesar di dunia komik? Berikut adalah daftarnya.

Swamp Thing Bukan Alec Holland

Swamp Thing memang merupakan salah satu karakter underrated dalam universe DC Comics. Padahal, Swamp Thing memiliki kekuatan dan merupakan karakter yang menarik. Dalam ceritanya dijelaskan jika Swamp Thing adalah perwujudan dari sosok ahli lingkungan bernama Alec Holland yang kemudian menyatu dengan alam sekitar.

Namun, ternyata plot twist terbesarnya Alec bukan merupakan perwujudan Swamp Thing. Karakter Swamp Thing sebenarnya merupakan wadah atau avatar dari The Green atau kekuatan elemen yang menghubungkan seluruh kehidupan tanaman di dunia. Hal ini dijelaskan langsung oleh John Constantine. Meskipun begitu, Swamp Thing masih memiliki alam bawah sadar dari Alec Holland.

Steve Rogers Dibunuh

Dalam alur cerita Civil War, Steve Rogers sempat bersikukuh dengan pendiriannya sampai kemudian dia melihat orang-orang justru mendukung Iron Man. Hal itu membuat Steve sadar jika keputusannya salah dan dia akhirnya menyerahkan diri. Steve ditahan oleh S.H.I.E.L.D. dan ketika dia akan menjalani persidangan sesuatu yang buruk terjadi.

Steve Rogers dihabsi nyawanya oleh sang kekasih, Sharon Carter. Sharon merupakan sepupu dari Peggy Carter. Namun, hal ini tidak dilakukan secara sukarela. Sharon alias Agent 13 ternyata dikendalikan oleh Dr. Faustus dan the Red Skull. Mereka melakukan hipnotis terhadap Sharon dan memberikan sugesti untuk menghabisi nyawa Steve. Tetapi, yang menarik juga Crossbones sebelumnya sudah menembak Steve dan Sharon kemudian menembak untuk yang kedua kalinya.

Joker Menembak Barbara Gordon

plot twist terbesar komik

The Killing Joke adalah salah satu cerita yang ikonik dari komik Batman dan DC Comics. Pasalnya, komik tersebut menghadirkan alur cerita yang berbeda dan sangat menarik. Kita bisa melihat cerita masa lalu dari Joker dan alasannya berubah menjadi sosok mengerikan. Namun, ada hal yang mengejutkan di komik ini.

Dalam salah satu momen, Joker muncul di rumah Gordon saat malam hari. Barbara menduga jika yang mengetuk adalah ayahnya. Namun, ternyata itu adalah Joker dan anak buahnya. Joker menembak bagian panggul dari Barbara yang membuat tulangnya hancur dan dia pun lumpuh. Barbara sendiri kemudian bangkit dari keterpurukannya dan menjadi sosok yang kita kenal sebagai Oracle.

Rahasia Besar Krakoa dan Mutan

Kemunculan pulau Krakoa sudah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan para mutan di universe Marvel. Namun, ada rahasia besar yang selama ini tersimpan terkait dengan Krakoa dan Mutan. Ternyata, Krakoa merupakan ide dari para jenius mutan. Pada awalnya Moira McTaggert dan Charles Xavier yakin dengan kombinasi yang tepat dari para mutan akan mampu membangkitkan yang sudah tewas.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Xavier dan Magneto memerintahkan Mr. Sinister untuk mengumpulkan material genetik dari seluruh mutan di bumi. Xavier kemudian memerintahkan Forge untuk menciptakan alat yang bisa menampung seluruh alam bawah sadar para mutan. Akhirnya, setelah Krakoa lahir atau muncul kita pun mengenal sosok the Five yaitu Hope Summer, Proteus, Elixir, Tempus, dan Egg. Mereka kemudian membangkitkan para mutan yang sudah tewas.

Identitas Hush

Tommy Elliot adalah anak yang terlahir dengan kemewahan, kekayaan, dan berbagai hal yang membuat hidupnya bahagia. Dia pernah menjadi teman masa kecil dari Bruce Wayne, bahkan berhasil mengalahkannya dalam berbagai permainan. Sayangnya, berbeda dengan Bruce kedua orang tua Elliot justru kurang mencintai sang anak. Efeknya, Elliot berusaha untuk menghabisi nyawa kedua orang tuanya.

Ketika dia masuk ke sekolah dokter, Tommy Elliot bertemu dengan Edward Nashton alias the Riddler. Elliot sendiri ingin the Riddler membantunya membalas dendam terhadap Bruce Wayne yang mana kemudian dia memberikan informasi penting jika Bruce dan Batman adalah satu identitas. Elliot pun kemudian menggunakan identitas Hush dan berusaha untuk menghancurkan Batman. Banyak hal gila dan mengerikan yang Elliot lakukan untuk mengalahkan Batman.

Skrulls Yang Menyamar

plot twist terbesar komik

Skrulls pada awalnya diperkenalkan sebagai alien yang menjadi lawan bagi Fantastic Four dan bukan bangsa yang cerdas. Namun, seiring berjalannya waktu Marvel Comics memberikan sesuatu yang berbeda bagi Skrulls. Hal ini bisa kita lihat dalam alur cerita Secret Invasion. Salah satu akibat dari Civil War dan hancurnya Avengersnya adalah Ronin akhirnya harus bertarung sendirian menghadapi the Hand.

Ronin akhirnya berhasil ditangkap dan terungkap jika sosok di balik Ronin adalah Echo. Wolverine meyakinkan New Avengers untuk menyelamatkan Echo. Dalam pertarungannya, Echo sempat menghabisi nyawa Elektra, yang mana kemudian diketahui jika Elektra tersebut adalah Skrull. Hal ini membuat New Avengers akhirnya saling tidak percaya.

Old Man Logan Habisi X-Men

Logan memang merupakan salah satu angota X-Men yang paling kuat. Karena itu, dia selalu menjadi andalan. Namun, dalam cerita Wolverine #70 diperlihatkan bagaimana Old Man Logan justru jadi sosok yang menghabisi tim X-Men. Dalam ceritanya dipelrihatkan bagaimana Mysterio berhasil menipu pikiran Logan.

Dalam ilusi yang Mysterio ciptakan, para anggota X-Men yang ada merupakan musuh bebuyutannya. Hal itu pun membuat Old Man Logan menghabisi mereka dengan brutal dan mengerikan. Hal ini yang kemudian jadi pemicu Logan untuk tidak lagi terlibat dalam pertarungan apa pun.

Jason Todd Kembali Hidup

plot twist terbesar komik

Bruce Wayne mengalami kesedihan mendalam ketika dia harus kehilangan Jason Todd. Jason harus tewas ketika dia berhasil dijebak oleh Joker. Dang sang villain pun menghabisi nyawanya dengan memukul Jason dengan linggis. Batman pun berduka dan Bruce berusaha untuk melupakan momen mengerikan tersebut. Jason Todd kemudian dibangkitkan dari kematiannya enam bulan kemudian oleh Talia al Ghul dengan memanfaatkan Lazarus Pit.

Talia kemudian melatih Jason demi bisa meredakan kemarahannya. Namun, Jason menolak hal tersebut. Jason kemudian bergabung dengan League of Assassins dan dilatih oleh Bronze Tiger dan Lady Shiva. Dia kemudian pergi dari sana ketika sadar mereka tidak mementingkan keadilan. Jason sendiri kemudian pergi ke Gotham dan berusaha untuk membalas dendam Batman dan Joker dengan menggunakan identitas Red Hood. Tetapi, usahanya gagal. Jason sempat melakukan aksi vigilantenya di luar negeri sebelum kemudian dia kembali dengan Bat-Family.

Rencana Besar Ozymandias

plot twist terbesar komik

Dengan kecerdasan yang dimiliki Ozymandias, rasanya memang wajar jika ini menjadi salah satu plot twist terbesar di dunia komik. Dalam cerita komik Watchmen, Adrian Veidt alias Ozymandias melihat bahwa kekacauan yang terjadi di dunia antara Amerika dan Russia harus berhenti. Dia kemudian menyusun rencana agar mereka mau bekerja sama dan menyelamatkan orang-orang.

Veidt kemudian merencanakan serangan alien yang kemudian menyerang New York. Rorschach dan Nite-Owl berhasil mengungkap teka-teki rencana Ozymandias tersebut. Beberapa superhero lainnya pun berusaha untuk mencegah hal buruk terjadi lebih luas. Yang menjadi plot twistnya adalah ketika Rorschach dan Nite-Owl berusaha mengungkap rencana Veidt alias Ozymandias, dia sendiri mengatakan bahwa rencananya sudah dia bocorkan sebenarnya pada 35 menit yang lalu.

Kematian Gwen Stacy

plot twist terbesar komik

Sebagian Geeks mungkin belum tahu jika sebelum Peter Parker menjalin asmara dengan Mary Jane Watson, sebenarnya kekasih dari Peter Parker adalah Gwen Stacy. Dan dalam Amazing Spider-Man #121 diperlihatkan bagaimana Peter harus kehilangan sosok sang kekasih setelah Green Goblin berhasil membunuhnya.

Green Goblin tahu jika Gwen merupakan sosok penting bagi hidup Peter dan dia kemudian menculiknya. Dia kemudian menaruh Gwen di atas jembatan Brooklyn. Setelah pertarungan terjadi, Goblin kemudin mendorong Gwen jatuh yang mana membuat Peter dengan cepat mengeluarkan jaring dan menahan tubuh Gwen di kakinya. Namun, ternyata kepala Gwen sudah telebih dahulu menyentuh tanah yang akhirnya membuat Gwen tewas.

Cerita komik nyatanya mampu menghadirkan berbagai plot twist terbesar yang tidak kalah dengan alur cerita film. Bahkan, berbagai plot twist ini pun memberikan dampak yang besar bagi alur cerita kedepannya. Meskipun begitu, tidak sedikit juga plot twist yang justru kurang diminati oleh para fans. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.