Dalam chapter One Piece terbaru sosok Monkey D Garp diduga sudah tewas dalam pertempuran di pulau Beehive dan ini akan mengundang para angkatan laut untuk melaksanakan Buster Call. Monkey D Garp dan juga anggota dari SWORD diperlihatkan berusaha untuk menyelamatkan Koby yang diculik oleh Blackbeard dan kelompoknya. Pada awalnya, semua berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Namun, situasi mulai berubah ketika kemudian Aokiji mulai turun tangan menghadapi Garp. Di chapter 1081, Garp nampak berhasil membuat Aokiji tidak berdaya. Namun, berdasarkan dari apa yang muncul dalam informasi spoiler manga One Piece 1087 ada kemungkinan jika Garp akhirnya tewas. Dan hal ini bisa memicu kemarahan dari pihak angkatan laut.

Garp Akhirnya Tewas

Dalam informasi bocoran manga One Piece 1087, Garp diketahui sempat beradu pukulan dengan Aokiji. Mantan murid dari Garp tersebut menyerang dengan kemampuan Haki, yang mana kemampuan Haki keduanya beradu dan menciptakan ledakan besar. Namun, sesuatu yang tidak terduga muncul di mana Shiryu tiba-tiba muncul dan menusuk tubuh dari Garp ketika berusaha melindungi Koby.

Garp sendiri kemudian tersungkur ke tanah dan memberi pesan terakhir kepada Koby. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, namun besar kemungkinan jika Garp akhirnya tewas. Kematian dari Garp ini sebenarnya sudah banyak dispekulasikan oleh para fans sebelumnya. Mereka mengatakan jika Garp akan tewas di pulau Beehive saat menyelamatkan Koby dari tangan anak buah Blackbeard.

Menurut spekulasinya, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan mengapa Garp akan tewas di pulau Beehive. Pertama, layaknya Whitebeard, usia dari Garp sudah sangat tua. Dalam perang Marineford diperlihatkan jika kesehatan Whitebeard mulai menurun seiring usia. Garp memang tidak memperlihatkan tanda penurunan fungsi kesehatan, namun bukan berarti dia tidak mengalami hal tersebut.

garp tewas one piece

Garp diketahui memiliki ketiga jenis Haki, termasuk Observation Haki. Terbukti dia mampu merasakan keberadaan Aokiji di pulau Beehive. Namun, yang menarik adalah bagaimana kemudian Garp tidak bisa merasakan keberadaan Shiryu. Ada dua kemungkinan dalam hal ini. Pertama, kemampuan Haki Garp sudah mulai menurun. Kedua, Garp mungkin sengaja melakukan hal tersebut.

Namun, sepertinya dari sisi narasi kemungkinan pertama lebih masuk akal. Pertimbangan kedua, level kekuatan Garp dan anggota SWORD lain bisa dibilang tidak seimbang. Sebagian dari anggota SWORD memang memiliki kekuatan buah iblis, namun kekuatannya nampak tidak terlalu signifikan. Apalagi, jika membandingkannya dengan kekuatan buah iblis kru Blackbeard. Perbedaan kekuatan inilah yang membuka peluang kelompok Blackbeard untuk meraih kemenangan dari SWORD.

Angkatan Laut Kerahkan Buster Call

Kabar mengenai kematian dari Garp memang belum pasti dan pihak angkatan laut pun masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi. Seperti yang dijelaskan di chapter sebelumnya, Sengoku dan Tsuru bahkan tidak tahu jika Garp pergi ke pulau Beehive. Mereka terkejut ketika Hina memberi tahu jika Garp pergi ke sana untuk menyelamatkan Koby yang tertangkap.

Kematian dari Garp jelas akan memancing kemarahan dari angkatan laut. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah bagaimana mereka akan menginisiasi Buster Call. Buster Call merupakan sebuah serangan dalam skala besar dari angkatan laut di mana mereka akan mengerahkan armada dalam jumlah besar untuk pergi ke sebuah pulau. Pulau Ohara bisa jadi contoh kedahsyatan dari Buster Call.

Geeks mungkin penasaran, mengapa kemudian angkatan laut menginisiasi Buster Call. Pertama, dia adalah pahlawan angkatan laut di mana banyak petinggi tahu dan mengenal siapa Garp. Kong, pemimpin dari seluruh pasukan milik World Government, sangat mengenal sosok Garp. Dia tentunya tidak akan diam mengetahui bagaimana sosok yang sudah berjasa bagi angkatan laut tewas.

Belum lagi, Garp memiliki sosok kawan yang cukup kuat seperti Sengoku dan Tsuru. Mereka bertiga adalah angkatan laut dari angkatan yang sama, sehingga tentunya keduanya juga tidak akan tinggal diam. Kedua, meskipun Koby adalah bagian dari SWORD, di mana angkatan laut tidak lagi akan ikut campur urusan mereka namun tidak dengan Garp.

Dia tetap angkatan laut di mana kemungkinan Garp tidak bergabung dengan SWORD. Jika memang demikian, jelas kematian dari Garp akan memicu kemarahan dari angkatan laut. Dan bukan hal mustahil jika kemudian angkatan laut akan berusaha menghancurkan pualu Beehive, meskipun mungkin peluang untuk hal tersebut sangat kecil. Menarik tentunya untuk melihat aksi dari angkatan laut selanjutnya.

SWORD Akan Mulai Terang-terangan

SWORD merupakan organisasi yang masih cukup misterius keberadaanya. Aokiji memang sempat menjelaskan sedikit tentang SWORD, di mana mereka adalah angkatan laut yang sudah “membuang” keyakinan dan kepercayaan yang ditanamkan sebelumnya. Mereka diberikan kebebasan untuk bergerak dan untuk melakuakn operasi apa pun. Namun, angkatan laut tidak akan ikut campur.

Sayangnya, sejauh ini kita masih belum tahu seberapa banyak anggota SWORD bagaimana asal-usulnya, dan sebagainya. SWORD juga diketahui bergerak di bawah radar alias tanpa sepengetahuan orang banyak. Pasca kematian Garp, di mana dia berkoban demi salah satu anggota mereka, SWORD juga jelas tidak akan tinggal diam. Mereka akan mencari cara membalas dendam kematian Garp.

Inilah yang kemudian jadi pemicu bagaimana SWORD pada akhirnya akan muncul secara terang-terangan. Mereka kemungkinan akan mengerahkan semua kemampuan dan sumber daya yang ada, yang pada akhirnya membuat SWORD naik ke permukaan dan membuat banyak pihak akhirnya sadar keberadaan SWORD. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang sebenarnya terjadi kepada Garp dan apa langkah selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.