Salah satu bajak laut dalam cerita One Piece, Eustass Kid, kemungkinan adalah bajak laut lain yang pernah kunjungi pulau Lodestar selain Roger. Hal ini berdasarkan salah satu teori yang berkembang di kalangan fans yang curiga tentang bagaimana Kid bisa mengetahui tentang keberadaan Road Poneglyph untuk bisa mencapai Laugh Tale.

Seperti yang kita ketahui, Eustass Kid adalah salah satu bajak laut yang ikut dalam perlombaan untuk bisa mencapai Laugh tale selain juga Monkey D Luffy, Shanks, Buggy, dan bahkan Blackbeard. Namun, para fans bertanya-tanya mengenai Kid tentang bagaimana kemudian dia bisa tahu tentang Road Poneglyph. Hal inilah yang memunculkan spekulasi jika Kid pernah kunjungi pulau Lodestar pasca Gol D Roger dalam cerita One Piece.

Pulau Lodestar

Nama pulau Lodestar sendiri pertama kali muncul di chapter 966 dalam kilas balik Gol D Roger dan Kozuki Oden. Dalam chapter tersebut diperlihatkan jika Roger dan Whitebeard sempat saling bertarung satu sama lain, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk “berdamai” dan berpesta bersama. Pada saat itu, Roger bercerita banyak kepada Whitebeard, termasuk tentang petualangannya ke sebuah pulau bernama Lodestar.

Menurut Roger, mereka sudah melakukan hal yang belum pernah dilakukan oleh bajak laut lainnya yaitu berhasil untuk menuju pulau tersebut. Menurut informasinya, pulau Lodestar adalah pulau paling ujung atau pulau terakhir di New World dan merupakan pulau paling ujung di Grand Line sebelum menuju pulau terakhir, yaitu Laugh Tale. Untuk mencapai pulau tersebut seorang bajak laut harus mengikuti arahan dari Log Pose.

lodestar one piece

Semua perbedaan jalur yang ada di Grand Line, diketahui pada akhirnya akan berujung di pulau tersebut. Menurut Inuarashi, siapapun yang bisa mencapai ke pulau Lodestar akan menemukan Poneglyphs yang berisi tentang sejarah dunia dan peradabannya. Selain itu, mereka juga akan menemukan sebuah rute menuju pulau terakhir yaitu Laugh Tale.

Setelah Roger tiba di pulau Laugh Tale, dia menyadari bahwa ada satu pulau lagi yang belum dia kunjungi. Tapi, Log Pose sendiri tidak bisa mendeteksi keberadaan pulau tersebut. Inilah yang kemudian membuat Roger mencari keberadaan Kozuki Oden untuk kemudian menerjemahkan Poneglyph yang ada yang kemudian menjadi awal Roger mencari keberadaan Road Poneglyph.

Kid Pernah Kunjungi Lodestar

Terdapat sebuah teori menarik mengenai Eustass Kid yang kemungkinan pernah kunjungi pulau Lodestar pasca Roger. Teori ini berdasarkan kecurigaan para fans tentang bagaimana kemudian Kid bisa tahu tentang keberadaan Road Poneglyph. Road Poneglyph merupakan empat Poneglyph penting yang memberikan petunjuk tentang bagaimana cara menuju pulau Laugh Tale.

Dalam ceritanya, Luffy dan Law tahu tentang keberadaan Road Poneglyph setelah mereka tiba di pulau Zou. Shanks, Buggy, dan Blackbeard rasanya tidak perlu diragukan lagi mengenai hal ini. Contohnya Shanks bisa jadi tahu tentang Road Poneglyph dari sang mantan kapten, yaitu Roger. Buggy tahu tentang hal tersebut dari jaringan kejahatan yang dia bangun.

lodestar one piece

Pertanyaan besarnya kemudian dari mana Kid bisa tahu tentang Road Poneglyph? Sebagian fans berpendapat jika Kid mendapatkan informasi tentang Road Poneglyph dengan cara yang sama dengan Buggy, yaitu memanfaatkan informasi dari jaringan bawah tanah atau para penjahat lain. Bisa juga, Kid dan krunya menginterogasi orang-orang yang tahu tentang keberadaan Laugh Tale.

Namun, teorinya sendiri menyebutkan jika ada kemungkinan Eustass Kid pernah mencapai pulau Lodestar sebelum dia mulai diperkenalkan dalam cerita One Piece di arc Sabaody. Dia kemudian tahu tentang Road Poneglyph yang mana membuat dia akhirnya kembali mundur dari pulau tersebut dan mulai mencari keberadaan Road Poneglyph. Teorinya juga mengatakan bahwa ini kemungkinan alasan mengapa kemudian Kid membentuk aliansi yaitu untuk mencuri salinan Road Poneglyph dari Yonko lain.

Di sisi lain spekulasi ini dirasa cukup masuk akal. Pasalnya, di akhir arc Wano kemarin kita melihat bagaimana Kid memberikan informasi penting yaitu tentang “pria dengan bekas luka bakar” yang tahu tentang cara pergi ke Laugh Tale. Kemungkinan, Kid sudah tahu banyak tentang bagaimana pergi ke sana. Sayangnya, dia memiliki hal yang kurang sehingga harus kembali ke Grand Line dan New World seperti halnya Roger.

Nasib Kid Selanjutnya

Menarik untuk melihat bagaimana nasib Kid selanjutnya setelah di chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Shanks menghancurkan kelompoknya dalam satu serangan. Eustass Kid sendiri saat ini tidak memiliki kapal dan seluru krunya tercerai-berai. Kid sendiri dalam keadaan tidak sadarkan diri setelah terkena serangan Kamusari. Banyak yang penasaran dengan nasib Kid selanjutnya.

Jika melihat situasinya, EUstass Kid sepertinya sudah tidak lagi memiliki peluang untuk ikut persaingan menuju Laugh Tale. Hal ini karena Kid sudah tidak lagi memiliki salinan Road Poneglyph. Bila kemudian Kid ingin kembali ikut dalam persaingan, artinya dia harus merebut salinan Road Poneglyph tersebut dari tangan para Yonko yang mana rasanya hal tersebut mustahil melihat level kemampuan Kid.

Jadi, Eustass Kid mungkin adalah bajak laut yang pernah mencapai pulau paling ujung yaitu Lodestar dan mengetahui tentang keberadaan Road Poneglyph. Namun, dalam persaingan menuju Laugh Tale karakternya tidak mampu untuk menandingi level kekuatan dari para Yonko lainnya. Terlepas dari hal tersebut artinya Kid mungkin tahu banyak tentang rahasia dunia dan bukan mustahil dia akan bergabung dengan kru bajak laut Topi Jerami.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.