Nasib dari sisa kru bajak laut Rocks saat ini menjadi salah satu pertanyaan yang muncul di kalangan fans One Piece. Kelompok bajak laut Rocks merupakan salah satu kelompok bajak laut legendaris di dunia One Piece. Mereka sudah menguasai lautan jauh sebelum Gol D Roger dan kelompoknya. Yang menarik adalah bahkan kelompok Rocks dianggap sebagai ancaman besar oleh pihak World Government.

Apa yang kemudian membuat kelompok Rocks dianggap sebagai ancaman memang masih jadi misteri. Kelompok Rocks sendiri diketahui sempat menyerang pulau God Valley pada 38 tahun yang lalu. Namun, kombinasi Garp dan Roger pada akhirnya bisa menghentikan kelompok tersebut dan bahkan kelompok tersebut akhirnya bubar. Lalu, bagaimana nasib dari kru Rocks saat ini?

Kru Bajak Laut Rocks

Berdasarkan penjelasan dari Sengoku, kelompok bajak laut Rocks diketahui memiliki kru yang sangat luar biasa kuat. Contohnya adalah Kaido, Big Mom, dan Whitebeard. Belum lagi ada nama legendaris lainnya seperti Shiki, Captain John, Silver Axe, dan sebagainya. Sayangnya, tidak diketahui berapa jumlah pasti dari kru bajak laut Rocks sebelum kemudian dibubarkan.

Beberapa nama besar seperti Kaido, Big Mom, dan Whitebeard bahkan pada akhirnya berhasil untuk memiliki popularitasnya sendiri di lautan. Mereka bahkan menduduki posisi yang luar biasa yaitu Yonko atau empat penguasa samudera. Namun, posisi mereka saat ini tergeser oleh para bajak laut muda seperti Monkey D Luffy, Blackbeard, dan bahkan Buggy setelah Kaido dan Big Mom berhasil dikalahkan sedangkan Whitebeard tewas.

Sampai sekarang, Eiichiro Oda masih belum memberikan informasi lebih mengenai siapa sebenarnya Rocks D Xebec. Yang juga jadi pertanyaan adalah bagaimana kemudian Rocks merekrut para krunya tersebut dan mengapa kemudian mereka mau menerima Rocks sebagai kapten mereka. Apakah Rocks memang adalah sosok yang kuat? Atau ada hal lain yang membuat mereka tertarik untuk bergabung?

nasib kru rocks

Terdapat salah satu teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans terkait bagaimana Rocks mendapatkan semua krunya yaitu dengan ikut dalam permainan Davy Back Fight. Nico Robin pernah menjelaskan bahwa Davy Back Fight adalah sebuah permainan bajak laut yang sudah ada sejak lama sekali di pulau bajak laut. Davy Back Fight adalah sebuah permainan yang memiliki tujuan untuk “mencuri” kru bajak laut lain demi membangun kru bajak laut mereka sendiri.

Selain teori mengenai Davy Back Fight, ada juga teori lain yang berkembang di kalangan fans yang menyebutkan jika Rocks memiliki reputasi yang tinggi saat itu. Dia memiliki kekuatan yang dahsyat yang mana Kaido, Big Mom, dan Whitebeard pun takluk. Bagaimana Rocks perlu dikalahkan oleh dua orang sekaligus dan menjadi ancaman World Government menjadi gambaran seberapa dahsyat sosok Rocks.

Nasib Kru Rocks Saat Ini

Bagaimana kemudian nasib dari sisa kru bajak laut Rocks saat ini? Inilah yang jadi pertanyaan para fans sekarang. Para fans penasaran dengan apa yang terjadi pasca peristiwa God Valley. Oda Sensei sendiri sudah memperlihatkan bagaimana nasib dari sebagian para mantan kru Rocks. Contohnya adalah Kaido, Whitebeard, dan Big Mom yang sempat menduduki posisi sebagai Yonko.

Namun, Whitebeard sudah tewas dalam peristiwa Marineford. Kaido dan Big Mom sendiri diduga kuat sudah tewas tenggelam di lautan lahar Wano meskipun ada kemungkinan kembali. Sementra, karakter lainnya seperti Silver Axe dan Wang Zhi juga diduga sudah tewas. Para fans berspekulasi jika mayat hidup di Thriller Bark merupakan mantan kru Rocks.

Satu-satunya sisa mantan kru Rocks yang diketahui masih hidup adalah Shiki the Golden Lion. Meskipun begitu, tidak ada informasi mengenai di mana keberadaan Shiki saat ini. Meskipun tidak ada bukti konkret terkait hal ini, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi kepada para anak buah Rocks. Pertama, mereka semua masih hidup dan bersembunyi serta tersebar di wilayah New World.

nasib kru rocks

Identitas mereka sendiri kemungkinan tidak banyak diketahui orang. Seperti halnya fakta Big Mom, Kaido, dan Whitebeard yang merupakan mantan kru Rocks, nasib kru Rocks lainnya saat ini pun kemungkinan hanya diketahui oleh beberapa pihak saja seperti Sengoku, Garp, Tsuru, atau para senior lainnya di angkatan laut. Kemungkinan kedua adalah mereka semua dikurung dipenjara Impel Down.

Para mantan kru Rocks ini bisa jadi terkurung di level 6 Impel Down, mengingat mereka adalah bagian dari kelompok bajak laut kejam dan mengerikan yang menjadi ancaman bagi World Government. Meskipun kecil kemungkinannya, namun bisa jadi juga sebagian dari kru tersebut mengalami nasib yang nahas yaitu tewas entah akibat penyakit atau tewas dalam sebuah pertempuran.

Peran Mantan Kru Rocks

Nasib kru Rocks saat ini memang masih jadi misteri, namun ada kemungkinan mereka akan memiliki peranan penting di akhir cerita. Mereka yang bersembunyi akan muncul kembali. Hal ini bisa kita lihat dari mantan kru Gol D Roger, seperti Crocus atau Rayleigh. Mereka saat ini sedang bersembunyi menikmati masa tua mereka. Namun, kemungkinan mereka akan memiliki peranan besar selanjutnya.

nasib kru rocks

Contoh nyata dari hal ini adalah Rayleigh, yang kembali muncul untuk memberikan pelajaran kepada Luffy tentang Haki. Lalu, apa peranan mantan kru Rocks tersebut? Mereka bisa jadi adalah lawan yang akan dihadapi oleh Luffy dan kru Topi Jerami sebelum mencapai Laugh Tale. Reputasi dari Luffy tentunya sudah terdengar ke seluruh dunia. Dan juga para mantan kru Rocks tersebut sudah mendengar tentang Luffy.

Mereka mungkin ingin mencegah Luffy menuju Laugh Tale. Di sisi lain, para mantan kru Rocks juga bisa jadi ingin mencuri kekuatan dari Luffy atau melakukan hal jahat lainnya. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana nasib dari para kru Rocks selanjutnya mengingat mereka hanya muncul dalam sebuah kilas balik. Dan para fans sendiri masih menunggu informasi lain mengenai kelompok bajak laut ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.