Cerita One Piece masih terus bergulir. Sekarang ceritanya berfokus pada pertarungan Kaido dan Luffy. Selain pertarungan Kaido dan Luffy, adalagi hal yang juga tak kalah menarik yaitu teka-teki mengenai apa yang sebenarnya terjadi saat inside God Valley. Kita masih belum tahu apa yang membuat kelompok bajak laut Rocks memutuskan untuk pergi ke God Valley dan menyerang para kaum naga langit. Kita juga masih belum tahu apa yang membuat para kaum naga langit pergi ke God Valley.

Dalam peristiwa bersejarah tersebut, kelompok bajak laut Rocks akhirnya harus kalah dari kerja sama antara pasukan angkatan laut yang dipimpin oleh Monkey D. Garp beserta Gol D. Roger. Fakta kekalahan dari kelompok Rocks ini tak heran membuat banyak orang terkejut, karena diketahui bahwa kelompok bajak laut tersebut berisi para mosnter yang mengerikan seperti Big Mom, Whitebeard, dan juga Kaido.

Apa Penyebabnya?

Apa yang kemudian menjadi faktor kekalahan kelompok tersebut? Apakah gabungan dari Garp dan Roger memang terlalu kuat untuk mereka? Atau apakah ada faktor lainnya? Chapter 1049 kemarin memberikan kita petunjuk mengenai apa yang kemudian menjadi faktor kekalahan dari kelompok bajak laut Rocks saat berada di God Valley. Yang pertama adalah tidak adanya kerja sama.

Dalam salah satu panel memperlihatkan bagaimana seorang bajak laut mengatakan bahwa kelompok bajak laut Rocks adalah kelompok bajak laut yang individualis. Artinya mereka saling bersaing satu sama lain, dan tidak ada yang namanya kerja sama. Hal itu tentunya membuat mereka menjadi tercerai-berai dalam pertempuran tersebut, dan itu menjadi celah bagi Garp dan Roger untuk kemudian menghancurkan kelompok tersebut.

Kemudian, yang kedua adalah adanya kemungkinan bahwa Kaido menjadi faktor kekalahan mereka. Chapternya juga memperlihatkan bagaimana Big Mom yang kesal dan marah karena dalam pertarungan tersebut ia harus kehilangan Kaido. Kaido menghilang tanpa jejak. Apa yang terjadi kepada Kaido dan mengapa Kaido menghilang serta ke mana Kaido menghilang masih belum ada yang mengetahuinya.

Mengapa Kaido Berpegaruh?

Dengan begitu banyaknya karakter kuat, mengapa kemudian hilangnya Kaido dianggap begitu berpengaruh? Apakah Kaido memang kuat? Seperti yang kita ketahui bahwa Kaido memiliki julukan sebagai makhluk paling kuat. Tentu reputasi itu tidak muncul dengan sendirinya. Kita pun sempat melihat bagaimana Big Mom begitu khawatir dan takut terhadap Kaido dan kekuatannya. Dan bahkan, Big Mom juga menyebut Kaido dengan sebutan “makhluk itu.”

Chapter 1049 memperlihatkan bahwa sama halnya seperti Charlotte Linlin, Kaido juga sejak kecil sudah memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Sejak usianya 10 tahun, Kaido bahkan sudah dianggap menjadi yang terkuat dalam kerajaan Vodka. Sudah banyak pertarungan yang Kaido menangkan. Kemudian saat usianya yang masih belasan tahun, Kaido sempat diserahkan kepada pihak Pemerintah Dunia sebagai subyek uji coba.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Akan Kehilangan Sebelah Mata?

Setelah itu, Kaido pun bergabung dengan kelompok Rocks setelah di pulau Beehive bertemu dengan Whitebeard. Dengan kekuatan fisik yang dahsyat dari seorang Kaido, reputasinya sebagai sosok kuat mungkin terdengar sampai ke telinga Rocks yang mana inilah alasan dia ingin Kaido bergabung dengan kelompoknya. Tetapi, kita tidak tahu apakah kekuatan Kaido mampu melebihi kekuatan Rocks.

Yang pasti, bergabungnya sosok Kaido ke kelompok bajak laut Rocks tentunya menambah kekuatan yang besar bagi kelompok bajak laut itu. Dengan kekuatan yang Kaido miliki, mungkin kelompok bajak laut Rocks berkesempatan untuk bisa menang, jika saja kemudian Kaido ikut bergabung dalam pertempuran tersebut. Tetapi, faktanya, Kaido justru menghilang.

Kehilangan salah satu kekuatan terbesar mereka tentunya membuat kelompok bajak laut Rocks mengalami kehancuran mental bertarung, apalagi mereka sangat individualis. Karena itulah, menghilangnya Kaido mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Rocks dan Roger mampu mengalahkan bajak laut Rocks.