Meskipun pernah jadi bagian dari kru bajak laut Rocks, namun Miss Buckingham Stussy kemungkinan adalah kru paling lemah di kelompok bajak laut tersebut. Asumsi ini muncul berdasarkan dari apa yang dihadirkan oleh Oda baru-baru ini. Dan hal ini pun sepertinya banyak juga didukung oleh para fans lain. Namun, benarkah demikian?

Nama Rocks D. Xebec diketahui sempat menguasai lautan One Piece puluhan tahun lalu. Kelompok bajak lautnya dikenal memiliki banyak kru tangguh misalnya Big Mom, Kaido, Whitebeard, Shiki, dan lain-lain. Meskipun begitu, sepertinya Rocks juga memiliki kru yang tidak memiliki kemampuan atau kemampuannya di bawah rata-rata yang lain alias paling lemah dan dia adalah Miss Buckingham Stussy.

Kru Paling Lemah

Nama Buckingham Stussy baru muncul pada chapter 1071 kemarin. Dalam chapternya terungkap jika Stussy, yang merupakan agen CP0, merupakan kloning dari mantan anggota bajak laut Rocks bernama Miss Buckingham Stussy. Baru di chapter 1073 kemarin akhirnya terungkap sosok Buckingham Stussy yang asli yaitu Miss Bakkin, ibu dari Edward Weevil.

Sebenarnya, spekulasi bahwa Miss Bakkin adalah Buckingham Stussy sudah muncul sebelumnya. Hal ini dilihat dari adanya kemiripan karakter antara Stussy dan juga Buckingham Stussy alias Miss Bakkin. Sejauh ini, Oda masih belum memperlihatkan sejauh apa level kekuatan Miss Bakkin. Namun, terlepas dari reputasinya sebagai mantan kru Rocks sepertinya dia tidak memiliki kekuatan atau kelebihan apa pun.

Hal ini bukan tanpa sebab. Kita bisa melihat bagaimana Miss Bakkin tidak pernah bertarung atau terlibat pertarungan. Dia lebih sering meminta bantuan orang lain untuk bertarung. Dalam hal ini, Miss Bakkin lebih sering meminta Weevil bertarung untuknya yang mana sejauh ini hal tersebut memang berjalan sesuai rencana. Buktinya, seluruh pasukan angkatan laut yang datang ke pulau Sphinx berhasil dia usir.

Tetapi, masalah muncul ketika ada sosok yang jauh lebih kuat misalnya seorang admiral. Misalnya, saat Ryokugyu muncul di pulau Sphinx Weevil pun akhirnya berhasil di tangkap. Miss Bakkin tidak bisa berbuat banyak, karena dia tidak memiliki kekuatan untuk bisa menahan Ryokugyu. Dan ini juga alasan mengapa kemudian dia meminta bantuan kepada Marco untuk menyelamatkan Weevil.

Pembual Besar

Selain tidak memiliki kekuatan untuk bertarung atau tidak memiliki kekuatan dahsyat, Miss Bakkin juga kemungkinan adalah seorang pembual besar. Dalam hal ini, Miss Bakkin alias Buckingham Stussy merupakan versi lebih buruk dari Buggy. Ini terungkap berdasarkan information card yang Oda hadirkan dari sosok Miss Bakkin di chapter 1072 kemarin.

Misalnya, dalam information card tersebut dijelaskan jika Miss Bakkin adalah ‘self-proclaimed scientist’ atau orang yang mengaku-ngaku sebagai ilmuwan. Juga dia diperkenalkan sebagai ‘MADS freeloader’ atau ‘orang yang menumpang/tinggal gratis bersama MADS.’ Dari titel tersebut Geeks tentunya bisa menentukan bahwa asumsi pembual besar tidaklah salah.

Belum lagi, dia masih dengan tegas mengaku bahwa Edward Weevil adalah anak hasil hubungannya dengan Whitebeard, yang mana Marco sendiri yakin bahwa itu tidaklah benar. Miss Bakkin sendiri mengatakan bahwa sosok yang tahu fakta sebenarnya adalah Vegapunk. Artinya Weevil kemungkinan bukanlah anak kandung melainkan anak hasil rekayasa genetik alias kloning.

Hal ini seolah mengingatkan kita pada sosok Buggy yang mana dia dianggap sangat beruntung dengan apa yang dia miliki sekarang. Buggy dianggap hanya mengandalkan reputasinya sebagai mantan kru Roger, daripada membangun namanya sendiri. Miss Bakkin pun rasanya demikian, di mana dia hanya mengandalkan reputasinya sebagai mantan kru Rocks.

Namun, dari segi kekuatan sendiri sebenarnya Buggy jauh lebih kuat dri Miss Bakkin. Buggy memiliki kekuatan buah iblis, dia bisa bertarung, dan memiliki pasukan. Meskipun begitu, memang harus diakui dari segi kekuatan sendiri level Buggy tidak lebih kuat dari beberapa nama besar lainnya. Tapi, setidaknya Buggy masih sanggup dan bisa untuk bertarung menghadapi musuh tanpa mengandalkan orang lain.

Alasan Diciptakannya Stussy

Dengan semua hal negatif yang dimiliki oleh Buckingham Stussy, kemungkinan besar inilah alasan mengapa kemudian Stussy diciptakan. Dalam chapter 1071 terungkap jika Stussy, yang merupakan agen CP0, merupakan kloning MADS pertama yang berhasil diciptakan. Dan seperti yang Geeks bisa lihat, bahwa kemampuan dan kecerdasan Stussy sangatlah luar biasa.

Stussy bahkan mampu melumpuhkan Rob Lucci dengan menggunakan strategi dan kecerdasannya, karena dia tahu jika lawannya jauh lebih kuat. Belum lagi, Stussy memiliki kekuatan buah iblis misterius. Jadi, Vegapunk dan MADS mungkin sengaja menciptakan kloning dari Buckingham Stussy karena mereka ingin menghadirkan versi yang lebih kuat dari rekannya tersebut.

Mereka membekali kloning tersebut dengan kemampuan dahsyat dan juga kemampuan buah iblis, yang akhirnya menghadirkan sosok Stussy yang kita kenal sekarang. Menarik tentunya untuk mengetahui apa yang kemudian jadi alasan mengapa Miss Bakkin yang kemudian dipilih jadi subyek penelitian mereka untuk proyek kloning tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks fakta menarik lainnya tentang Miss Buckingham Stussy pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.