Sisa kru bajak laut Rocks kemungkinan terkurung di penjara milik World Government yaitu Impel Down. Spekulasi ini merujuk kepada apa yang muncul dalam informasi bocoran di manga One Piece chapter 1072. Dalam chapternya diketahui jika salah satu karakter yang muncul di pulau Egghead ternyata kloning dari salah satu kru Rocks.

Nama sosok bajak laut Rocks D. Xebec kembali muncul dan jadi perbincangan hangat di kalangan fans. Hal ini terjadi setelah bocoran untuk chapter terbaru manganya muncul. Dalam salah satu informasinya disebutkan jika anggota CP0 yang sekarang berada di pulau Egghead, Stussy, ternyata bukan manusia biasa. Dia adalah kloning dari salah satu kru bajak laut Rocks.

Nasib Kru Bajak Laut Rocks

Seperti yang Oda Sensei pernah ungkapkan dalam databook Road to Laugh Tale Vol. 1 bahwa kelompok bajak laut Rocks terbentuk pada 44 tahun yang lalu di pulau Beehive, yang sekarang menjadi markas dari Blackbeard. Informasi ini kemudian diperkuat melalui cerita kilas balik dari Kaido di arc Wano kemarin. Dalam kilas balik tersebut, ketika usia Kaido masih belasan tahun dan berada di pulau Beehive, Rocks pun langsung merekrutnya karena mengetahui kekuatan dan potensi Kaido.

Sempat menjadi penguasa di lautan selama beberapa waktu, bahkan membuat World Government ketakutan, kelompok bajak laut ini pun kemudian harus bubar setelah mereka berhasil dikalahkan oleh Roger dan Garp dalam peristiwa God Valley yang terjadi pada 38 tahun yang lalu. Sayangnya, tidak semua kru Rocks diketahui nasibnya setelah pembubaran ini.

Seperti yang Geeks ketahui, beberapa dari kru bajak laut Rocks ada yang menjadi Yonko atau penguasa samudra. Contohnya adalah Whitebeard, Big Mom, dan Kaido. Ada juga yang sudah tewas seperti Wang Zhi, Ochoku, dan Captain John. Namun, tidak diketahui apa yang terjadi kepada para kru bajak laut Rocks lainnya. Dan juga, yang paling penting adalah kita tidak pernah tahu berapa jumlah kru Rocks secara pasti.

Sisa Kru Rocks di Impel Down

Untuk saat ini, memang nasib sebagian lain dari kru bajak laut Rocks masih misterius. Tetapi, terdapat spekulasi atau teori menarik yang mungkin bisa menjelaskan nasib dari kru bajak laut Rocks lainnya. Teorinya sendiri menyebutkan ada kemungkinan jika sisa kru Rocks lainnya dikurung di penjara Impel Down. Teori ini muncul berdasarkan salah satu informasi dari chapter 1072.

Menurut bocoran informasi di chapter 1072 sosok Stussy, salah satu anggota CP0, ternyata bukan manusia melainkan kloning. Yang mengejutkan adalah Stussy merupakan kloning dari salah satu kru bajak laut Rocks bernama Miss Buckingham Stussy. Masih belum ada informasi mengenai karakter Miss Buckingham Stussy, namun bisa jadi ini adalah karakter baru yang bisa jadi akan diperkenalkan di chapter selanjutnya.

Seperti yang pernah diperlihatkan sebelumnya dalam kilas balik Kaido, World Government dan angkatan laut sering mengambil sampel DNA dari berbagai karakter yang dianggap kuat. Contohnya adalah Kaido atau King. Dengan Vegapunk yang kemudian bisa menciptakan kloning dari salah satu kru bajak laut Rocks, artinya sisa kru lainnya ada di tangan World Government dan menjadi subyek penelitiannya seperti yang pernah terjadi kepada Kaido dan King.

Pihak World Government kemungkinan mengurung mereka di sebuah tempat. Dan tempat yang paling logis untuk karakter yang dianggap kriminal seperti bajak laut Rocks tidak lain adalah Impel Down. Bisa jadi mereka dipenjara di level 6 atau 5. Teori tentang kru bajak laut Rocks ini sebenarnya masih berhubungan dengan teori lainnya, di mana kemungkinan Rocks masih hidup dan dipenjara di level 5 Impel Down.

Dalam teori tersebut juga disebutkan jika Rocks memang sengaja dibiarkan membeku karena, World Government memiliki rencananya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi selain Rocks sisa krunya yang lain pun ada di penjara itu. Mereka mungkin harus tertangkap dan dipenjara setelah peristiwa God Valley atau pada saat peristiwa tersebut terjadi. Dan inilah alasan mengapa kemudian Vegapunk bisa membuat Stussy, yang notabene adalah kloning salah satu kru Rocks.

Akan Kembali Muncul?

Bagaimana Oda Sensei mulai banyak menghadirkan potongan cerita dan informasi mengenai kru bajak laut Rocks bisa dibilang sangat menarik. Jika menilik dari pola yang sama dari arc atau cerita sebelumnya, bisa jadi ini dalah petunjuk jika Oda Sensei mungkin pada akhirnya akan menghadirkan kru bajak laut Rocks dalam ceritanya. Bahkan, bisa jadi juga kita akan melihat sosok asli dari Rocks D. Xebec.

Seperti halnya Kozuki Oden atau Roger, bisa jadi kita akan mendapatkan sebuah cerita kilas balik khusus tentang Rocks sebelum kemudian dia benar-benar kembali. Jika kemudian kru bajak laut Rocks lainnya masih hidup dan akan kembali muncul dalam cerita, artinya mereka bisa jadi akan memiliki peran penting lain. Mungkin, mereka akan dijadikan senjata oleh World Government untuk menghadapi aliansi Luffy seperti yang diprediksikan sebelumnya.

Atau bisa jadi juga Rocks dan sisa krunya kemudian berkhianat dan ikut membantu menghancurkan World Government sebelum terjadi perang besar diantara para bajak laut. Yang pasti, dengan berbagai petunjuk tentang Rocks dan krunya memberikan petunjuk bahwa sesuatu yang besar yang berkaitan dengan karakternya akan segera muncul dalam cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.