Jika biasanya proses pembuatan film sekuel diumumkan secara masif, namun ada juga beberapa film yang justru membuatnya secara rahasia. Sudah jadi hal yang umum jika sebuah proses produksi akan mendapatkan perhatian dari berbagai media. Bahkan, bukan hanya media, namun para fans dan juga pengguna internet biasanya akan memberikan perhatian mereka terhadap sebuah produksi film.

Di media sosial sering kali beredar foto-foto bocoran dari proses shooting sebuah film, yang biasanya film tersebut memiliki level blockbuster. Misalnya franchise Fast and Furious atau film superhero. Yang menarik adalah ada beberapa film sekuel yang dibuat secara rahasia. Dalam hal ini, media tidak mengetahui proses produksinya sudah berjalan karena memang mereka melakukannya secara rahasia. Apa saja filmnya?

Labyrinth 2

Labyrinth merupakan sebuah film fantasi musikal yang rilis pada 1986. Disutradarai oleh Jim Henson, Labyrinth bercerita tentang seorang gadis bernama Sarah yang berusaha untuk mencari adiknya yang hilang, Toby. Toby sempat membuat kesal sang kakak yang membuatnya berharap jika adiknya diculik oleh Goblin dalam buku ceritanya. Hal itu pun akhirnya terjadi.

sekuel film rahasia

Toby diculik dan berjanji akan mengembalikannya jika Sarah mau membantunya membangun sebuah labirin dalam waktu 13 jam. Film ini dibintangi oleh David Bowie sebagai sang raja goblin. Ternyata, Jim Henson Company sempat mengerjakan sekuel dari film ini pada 2020 di mana Scott Derrickson sudah ditunjuk sebagai sutradaranya. Namun, sampai saat ini, belum ada kepastian kapan filmnya rilis. Selain itu, meninggalnya David Bowie juga memberikan tantangaan tersendiri bagi filmnya.

Big Trouble In Little China 2

Big Trouble in Little China adalah salah satu film klasik yang berhasil membuat nama Kurt Russel naik daun. Pada 2017 kemarin, sempat ada laporan jika John Carpenter tertarik untuk membuat reboot dari film orisinal dan mengaganti Kurt Russel dengan Dwayne Johnson. Namun, di tahun 2018 ide tersebut akhirnya batal. John Carpenter justru membuat sekuel dari filmnya.

Yang menarik adalah rumah produksi milik Dwayne, Seven Bucks Production, sempat mengatakan saat itu jika mereka tidak memiliki keinginan untuk mengganti Kurt Russel dengan siapa pun. Artinya, Kurt Russel akan kembali berperan sebagai Jack Burton dalam film sekuel tersebut. Namun, sampai sekarang tidak diketahui kabar selanjutnya yang artinya kemungkinan proyek film ini masih berjalan.

Sister Act 3

Sister Act merupakan salah satu film komedi klasik yang menghadirkan sosok aktris Whoopi Goldberg sebagai bintang utamanya. Film pertamanya sendiri rilis pada tahun 1992 dan film keduanya rilis berselang satu tahun setelahnya. Setelah kurang lebih 28 tahun berlalu, kejutan besar muncul di mana film sekuel lainnya dari Sister Act akan dibuat yaitu Sister Act 3.

sekuel film rahasia

Namun, kabarnya, film ini nantinya tidak akan tayang di bioskop melainkan di platform streaming Disney. Disney sendiri sudah mengonfirmasi hal ini. Berdasarkan informasi yang ada, film ketiga Sister Act ini akan memiliki judul Sister Act 3: Kicking the Habit. Whoopi Goldberg akan kembali berperan di film ini. Namun, belum banyak hal yang diketahui mengenai filmnya.

A Quiet Place: Day One

Film A Quiet Place berfokus pada sebuah keluarga kecil yang diperankan oleh Emily Blunt dan John Krasinki. Mereka berusaha bertahan hidup dari monster yang mengancam nyawwa mereka. A Quiet Place Part II rilis pada 2020 kemarin dan menceritakan keluarga kecil tersebut menemukan sebuah komunitas atau masyarakat yang sudah lama mampu bertahan dari para monster mengerikan di filmnya.

Film ketiga dari A Quiet Place kabarnya sedang dalam pengerjaan. Namun, pihak Paramount Pictures sendiri memposisikan filmnya bukan sebagai sekuel melainkan spinoff. Krasinki dan Blunt tidak jadi bintang utama dalam film ini melainkan Lupita Nyong’o dan Joseph Quinn. Dan kemungkinan filmnya akan rilis pada Maret 2024 mendatang, sama seperti film sebelumnya.

The Expendables 4

Film sekuel yang dibuat secara rahasia terakhir adalah The Expendables 4. Banyak fans yang terkejut jika Sylvester Stallone ternyata masih belum pensiun untuk memerankan karakter Barney Ross dalam film The Expendables. Stallone selalu menyebutkan jika akan ada film selanjutnya pasca film The Expendables 3. Stallone sendiri sempat merahasiakan kapan mereka melakukan proses produksi.

sekuel film rahasia

Namun, pada akhirnya, proyek Expandables 4 ini sudah resmi. Ternyata The Expendables 4 sudah mulai shooting sejak beberapa tahun lalu, di mana Jason Statham mengatakan jika dia mengambil adegan terakhirnya di tahun 2021. Dalam film ini, Arnold Schwarzenegger menyebutkan dia tidak akan ikut dalam proyek filmnya karena sudah terlalu tua. Dan yang menarik adalah Iko Uwais akan jadi salah satu villain yang dihadapi di filmnya.

Masing-masing bintang atau pun sutradara dan pihak pembuat film lainnya tentu memiliki alasannya tersendiri mengapa kemudian mereka memutuskan untuk merahasiakan proses pembuatan sekuelnya. Ada kemungkinan mereka takut jika ada kendala yang muncul di tengah proses produksinya. Sebagian memang ada yang masih belum jelas statusnya, namun sebagian lain sudah memiliki jadwal tayang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.