Tidak lama lagi, The Expendables 4 alias Expend4bles akan dirilis. Film tersebut sangat dinantikan karena menjadi petualangan selanjutnya dari tim Expendables yang sangat ikonik. Selain menampilkan deretan aktor lama seperti Sylvester Stallone, Jason Statham, dan Dolph Lundgren, Expendables 4 juga menampilkan deretan pemeran baru seperti Megan Fox, 50 Cent, dan tentu saja yang paling dinantikan oleh penonton Indonesia yaitu Iko Uwais. Tetapi sepertinya ini akan menjadi momen terakhir dari karakter yang Sylvester Stallone perankan yaitu Barney Ross, karena ada petunjuk bahwa karakter tersebut akan tewas. Seperti apa?

Expendables 4 Perpisahan untuk Stallone

Sylvester Stallone muncul di semua film Expendables. Dalam semua film tersebut, karakter Barney Ross yang diperankan Stallone selalu menjadi bintang utamanya, sehingga dia mendapat jatah tampil yang lebih banyak ketimbang karakter lain. Tetapi dalam trailer Expendables 4, Barney tampaknya tidak terlibat sebanyak di film-film sebelumnya. Dia hanya terlihat merekrut karakter Lee Christmas dan jarang terlihat lagi dalam sekuens aksi yang dihadirkan, termasuk aksi yang berlangsung di sebuah kapal dan pangkalan. Trailernya justru lebih berfokus kepada karakter Lee Christmas yang diperankan oleh Jason Statham.

Nah buat kalian yang lupa, karakter Jason Statham juga muncul di semua film Expendables. Dan menariknya sekarang, dia perlahan-lahan mulai mengambil alih sebagai pemeran utama, menggeser Stallone. Baik karakter Barney dan Lee, keduanya adalah teman baik. Keduanya pun memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, sehingga tak mengherankan jika Barney yang menjadi pemimpin Expendables saat ini, mempercayakan tim tersebut kepada Lee, meskipun tidak semua anggota akan setuju dengan pendapat itu.

Pada tahun 2021, Stallone mengkonfirmasi di akun Instagramnya bahwa dia ingin menjauh dari Expendables karena menganggap bahwa franchise tersebut sudah berada di tangan pemeran yang tepat, tanpa mengharuskan dia untuk turun tangan terlibat di dalamnya. Tetapi dia tidak menyukai arah yang diambil film keempat, sehingga dia sempat turun langsung untuk melakukan beberapa perubahan pada bagian cerita. Dan setelah semuanya berjalan sesuai keinginan, dia mungkin yakin inilah saatnya hengkang dari Expendables 4, setelah film tersebut dirilis.

Munculnya Pemimpin Baru

Pada hari terakhir syuting The Expendables 4, Sylvester Stallone melalui akun Instagramnya menyampaikan betapa berartinya syuting terakhir itu bagi dirinya. Stallone mengatakan, “Itu terlalu manis, Anda tahu, ketika Anda sudah begitu terikat pada sesuatu, saya rasa, sejak… Nah, sekarang sudah sekitar 12 tahun? Dan siap untuk menyerahkan tongkat estafet kepada Jason Statham.” Sly seperti menyampaikan pesan perpisahan yang menyentuh, yang menunjukkan bahwa Barney meninggalkan franchise tersebut secara permanen.

Dengan semua yang tanda di atas, besar kemungkinan bahwa Barney akan memiliki ending yang sangat emosional, dan kematian menjadi ending yang terasa sangat pas untuk karakternya. Barney Ross memang karakter yang kuat, tangguh, dan spesialis dalam dunia militer. Sejak film pertama, Barney sukses menyelesaikan misi-misi besar, dan menghadapi banyak musuh sekaligus. Dia terbukti mampu menyelesaikan semua masalah tersebut tanpa berarti. Tetapi itu bukan berarti Barney menjadi sosok yang tidak bisa dikalahkan, karena musuh baru akan semakin kuat.

Bagaimana Cara Barney Tewas?

Dalam film keempat, Iko Uwais akan berperan sebagai villain bernama Rahmat. Karakternya digambarkan sebagai mantan tentara yang akhirnya berurusan dengan bisnis perdagangan senjata hingga akhirnya memiliki pasukan pribadinya sendiri. Masih belum jelas seberapa tangguh Rahmat, dan trailer Expendables yang rilis beberapa waktu lalu tidak begitu memperlihatkan keahlian Rahmat yang sesungguhnya. Trailernya hanya banyak memperlihatkan saat pasukan Expendables menghadapi orang-orang yang diduga anak buah Rahmat.

Tetapi sangat aman beramsumsi jika karakter Rahmat sangat kuat dan memiliki segudang keahlian bela diri, yang biasanya digambarkan oleh Iko Uwais dengan sangat baik. Atau bisa jadi, kekuatan utama Rahmat adalah bagaimana dia mengelola pasukannya sehingga pasukannya sudah sangat kuat. Mungkin dalam filmnya nanti, akan ada momen puncak di mana Rahmat bertarung dengan Barney, hingga akhirnya Barney berhasil dikalahkan. Dan momen itulah yang akan menginiasi Lee untuk membalaskan dendamnya terhadap Rahmat. Dan rasanya kematian Barney menjadi hal wajib yang harus ditampilkan, jika menginginkan perpisahan yang emosional bagi karakternya.

Tentunya hal tersebut masih sebatas spekulasi dan kita baru mengetahui semuanya saat film The Expendables 4 dirilis. Jika tidak ada halangan, Expendables 4 akan rilis di tanggal 22 September mendatang. Tentunya film ini juga akan rilis di bioskop Indonesia. Tertarik untuk menontonnya Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/