Dalam sebuah cerita film atau series biasanya seorang aktor akan memerankan sebuah karakter, namun ada juga aktor yang memerankan dirinya sendiri. Memerankan sebuah karakter yang ada di sebuah proyek film atau series merupakan pekerjaan atau tugas dari para aktor atau pun aktris. Kemampuan berakting mereka yang membuat karakter tersebut bisa hidup dalam ceritanya.

Meskipun begitu, memang ada proses penyaringan terlebih dahulu mengenai siapa aktor yang akan memerankan sebuah karakter. Namun, dalam industri perfilman Hollywood ada sebuah hal yang menarik di mana beberapa aktor pernah memerankan dirinya sendiri. Hal ini memang bisa jadi karena alur cerita dalam filmnya. Siapa saja aktor tersebut?

Keanu Reeves

Always Be My Maybe merupakan sebuah film komedi romantis yang rilis pada 2019. Alur ceritanya sengaja dibuat semodern mungkin. Ceritanya sendiri berfokus pada dua orang karakter yaitu Marcus dan Sasha. Mereka adalah sahabat sejak kecil, sampai kemudian mereka terpisah. Setelah puluhan tahun tidak bertemu, mereka kemudian kembali berjumpa.

Yang menarik adalah situasi yang mempertemukan kembali Marcus dan Sasha saat itu adalah kencan ganda (double date). Dan yang kemudian menjadi teman kencan dari Sasha saat di restoran tersebut ternyata adalah Keanu Reeves. Hal ini menjadi sebuah kejutan besar, bukan hanya bagi para karakter dalam ceritanya namun juga para penonton film tersebut.

Matt Damon dan Ben Affleck

Ben Affleck dan Matt Damon sama-sama merintis karir akting mereka di Hollywood dari bawah. Mereka melakukannya bersama-sama, sampai kemudian sebuah film berhasil melambungkan nama mereka yaitu Good Will Hunting. Dalam film komedi yang dibintangi Kevin Smith, Jay and Silent Bob Strike Back, kita melihat sebuah adegan yang cukup menarik.

Jay and Dalam momen tersebut, nampak Matt Damon dan Ben Affleck memerankan dirinya sendiri. Mereka terlihat sedang melakukan proses shooting untuk sekuel fiktif dari Good Will Hunting yaitu Good Will Hunting 2: Hunting season. Film yang ditulis oleh Kevin Smith ini memang terkenal akan komedi satir dari berbagai hal yang terjadi di Hollywood serta berbagai film populer lainnya.

Margot Robbie

Krisis keuangan yang terjadi pada era 2007-2008 membuat empat orang berbeda dari latar belakang yang berbeda memiliki cara mereka masing-masing untuk menghadapinya. Keempat orang itu juga melakukan sebuah hal tentang bagaimana caranya mereka bisa meraih keuntungan ketika krisis keuangan terjadi. Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada masa itu.

Yang menarik adalah selain beberapa nama besar yang menjadi bintang utamanya, seperti Ryan Gosling, Steve Carell, Christian Bale, dan Brad Pitt, ada beberapa cameo dari para aktor dan aktris di film ini. Contohnya adalah Margot Robbie, Selena Gomez, Anthony Bourdain, dan lainnya. Margot Robbie bahkan menjelaskan tentang skema gadai.

David Bowie

Nama David Bowie mungkin lebih dikenal sebagai seorang musisi legendaris daripada seorang aktor. Namun, Bowie sendiri ternyata pernah memperlihatkan kemampuan aktingnya dalam beberapa film misalnya dalam film The Prestige pada 2016. Meskipun begitu, David Bowie pernah melakukan satu hal yang sangat jarang dia lakukan yaitu memerankan dirinya sendiri.

aktor memerankan dirinya sendiri

Hal ini terjadi dalam film komedi Zoolander yang rilis pada 2001 silam. Ditulis dan dibintangi oleh Ben Stiller, David Bowie muncul dalam sebuah adegan runaway. Selain musik, Bowie juga terkenal karena penampilannya yang eksentrik. Sehingga, memang masuk akal jika kemudian Bowie muncul pada adegan tersebut.

Neil Patrick Harris

Harold and Kumar adalah film komedi yang menghadirkan tema dewasa serta berbagai lelucon satir. Ceritanya berfokus pada Harold Lee dan Kumar Patel yang melakukan berbagai petualangan di tiga film mereka. Yang menarik adalah di ketiga film mereka, selalu ada sosok aktor yang memerankan dirinya sendiri yaitu Neil Patrick Harris. Harris bukan hanya sekedar cameo di tiga filmnya.

aktor memerankan dirinya sendiri

Dalam ceritanya, sosok Haris digambarkan sebagai seorang aktor yang sekaligus merupakan pengguna berat obat-obatan terlarang. Dia juga sering bergonta-ganti pasangan wanita. Ironisnya, kabar mengejutkan muncul jika Harris penyuka sesama jenis yang mana pasangannya di dunia nyata, David Burtka, juga menjadi cameo di flm tersebut. Karakter Neil Patrick Harris banyak difavoritkan oleh orang-orang dan hal ini memunculkan rencana untuk membuat spinoffnya. Sayangnya, hal ini tidak pernah terwujud.

Joaquin Phoenix

I’m Still Here adalah sebuah parodi mockumentari yang berfokus pada Joaquin Phoenix. Dalam ceritanya, Joaquin Phoenix diperlihatkan mengalami guncangan jiwa dan dia pun memutuskan untuk berhenti dari industri perfilman serta karir akting. Phoenix pun diperlihatkan mengalami perubahan sikap dan penampilan, di mana bahkan dia pun berusaha untuk masuk ke industri hip hop.

aktor memerankan dirinya sendiri

Namun, banyak yang bertanya kepada sang sutradara, Casey Affleck, mengenai apakah semua yang muncul dalam film tersebut nyata atau palsu. Sayangnya, tidak ada jawaban pasti terkait hal ini. Laporan juga menyebutkan jika Phoenix tertawa di sepanjang penayangan filmnya. Tetapi, lima tahun kemudian Phoenix benar-benar melakukan rehabilitasi dan mulai kembali menata hidupnya pasca film ini.

Para Aktor Hollywood

Yang luar biasa dari film This is the End adalah bukan hanya film ini menghadirkan satu atau dua bintang yang jadi cameo, melainkan banyak sekali nama besar yang muncul di filmnya. Pada dasarnya, seluruh cast yang muncul dalam film ini benar-benar memerankan diri mereka sendiri – dalam versi komedi. Mereka diperlihatkan menghadiri sebuah pesta kecil yang diselenggarakan di rumah James Franco.

aktor memerankan dirinya sendiri

Dalam film ini, Geeks akan melihat sederet nama besar Hollywood seperti Emma Watson, Channing Tatum, Kevin Hart, bahkan Rihanna. Mereka memerankan diri mereka sendiri. Selain dari segi cerita, yang membuat film ini menjadi film epik dan penuh komedi adalah bagaimana para cast tersebut memang benar-benar memerankan diri mereka sendiri. Dan reaksi mereka pun asli.

Bill Murray

Bill Murray muncul sebagai dirinya sendiri dalam film komedi zombie karya Ruben Fleischer, yaitu Zombieland. Dalam ceritanya, para karakter utama dalam filmnya pergi ke wilayah komplek perumahan elit Hollywood di mana para aktris dan aktor tinggal. Mereka memilih rumah mana yang bisa mereka jadikan tempat untuk bermalam, sampai kemudian mereka memiliki sebuah rumah besar milik Bill Murray.

aktor memerankan dirinya sendiri

Pada awalnya, mereka menganggap jika Bill sudah tewas. Pasalnya, Bill muncul dengan kostum dan penampilan yang mirip seperti zombie. Namun, ternyata Bill mengaku itu merupakan trik dan rahasianya bertahan hidup selama ini. Dia mengetahui semua make-up spesial tersebut dan mempelajarinya saat di lokasi shooting. Konyolnya, Bill Murray pada akhirnya diceritakan tewas akibat tidak sengaja tertembak.

Nicholas Cage

Film terbaru yang memperlihatkan aktor memerankan diri mereka sendiri adalah The Unbearble Weight of Massive Talent. Dalam film ini, Nicholas Cage memerankan dirinya sendiri. Ceritanya berfokus pada upaya dari Cage yang berusaha untuk membangkitkan kembali karir di bidang aktingnya yang sudah mulai meredup. Salah satunya adalah dengan datang ke sebuah undangan khusus seorang bilyuner.

Seorang bilyuner yang tinggal di Mallorca tersebut sengaja mengundang Cage demi sebuah misi yang sedang dia jalani. Pasalnya, bilyuner tersebut nyatanya merupakan mata-mata bagi kelompok CIA. Dalam ceritanya juga Nicholas cage bertemu dengan sosok Javi Gutierrez yang diperankan oleh Pedro Pascal, di mana Javi membuat sebuah naskah cerita saat dia menggunakan obat terlarang. Cage pun terpaksa mengikuti Javi dan hasilnya adalah muncul adegan komedi yang bahkan sempat jadi meme di internet.

Being John Malkovich

Salah satu film yang memiliki alur cerita yang aneh dan membingungkan. Film satir ini dibintangi oleh John Malkovich. Dalam ceritanya, seorang dalang boneka yang tidak memiliki pekerjaan, Craig Schwartz, akhirnya mendapatkan pekerjaan baru di sebuah kantor yang tidak biasa. Kantor aneh tersebut memiliki sebuah pintu rahasia, yang mana itu merupakan portal untuk masuk ke pikiran dan tubuh dari John Malkovich.

Namun, hal itu hanya berlangsung 15 menit sebelum tubuhnya terlempar keluar. Yang gilanya lagi adalah ketika Malkovich sendiri masuk ke portal tersebut, dia kemudian tiba di sebuah dimensi di mana semua orang di sekitarnya memiliki wajah yang mirip dan hanya bisa berbicara “Malkovich” secara terus menerus.

Memerankan diri mereka sendiri merupakan sebuah hal dan kesempatan yang langka yang dimiliki oleh seorang aktor. Pasalnya, mereka biasanya “dipaksa” untuk memerankan karakter orang lain atau berubah menjadi orang lain. Tentunya hal ini menarik melihat mereka menjadi diri mereka sendiri. Namun, tentunya perlu perhitungan yang baik untuk menghadirkan cerita seperti itu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.