Aktor papan atas yaitu Joaquin Phoenix berhasil membawa pulang piala Oscar sebagai aktor terbaik berkat perannya dalam film Joker. Joaquin Phoenix sendiri sebelumnya pernah masuk sebanyak 3 kali dalam nominasi Oscar, seperti saat ia bermain dalam film The Master, Walk the Line, dan juga Gladiator. Namun baru di tahun 2020 inilah ia mendapatkan penghargaan paling bergengsi dalam dunia film tersebut.

Joaquin Phoenix berhasil menggeser aktor lainnya seperti Jonathan Pryce dalam film The Two Popes, Adam Driver dalam film Marriage Story, Antonio Banderas dalam film Pain and Glory, dan terakhir adalah Leonardo DiCaprio dalam film Once Upon a Time in Hollywood. Selain sebagai aktor terbaik, Joaquin Phoenix juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Score Film.

Film Joker yang Phoenix bintangi ditulis dan digarap oleh Todd Philips. Film tersebut tak terlalu mengadaptasi cerita yang ada dalam versi komiknya, terutama dari segi origin story dari Joker itu sendiri. Dalam film tersebut Todd Philips pun diberikan kebebasan untuk membuat ceritanya sendiri oleh DC dan Warner Bros. Karena kesuksesan tersebut, film ini bahkan masuk ke dalam 11 nominasi Oscar, dan film Joker untuk sementara (untuk saat ini) telah mendapatkan 2 penghargaan Oscar.

Walau mendapatkan pemasukan yang menyentuh angka 1 miliar dollar, tetapi tampaknya film ini tidak akan mendapatkan sekuelnya. Hal itu diungkapkan oleh Todd Phillips dan Phoenix sendiri yang sempat mengatakan bahwa mereka tidak akan membuat sekuel dari film Joker. Meskipun untuk saat ini baik Todd Phillips juga Phoenix belum mau membuat film sekuelnya, bukan berarti filmnya tidak akan dibuat suatu hari nanti. Phoenix sendiri sempat mengutarakan keinginannya untuk kembali perankan Joker.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/