Dalam dunia gulat profesional seperti World Wrestling Entertainment, atau yang biasa disingkat WWE, pegulat tidak jauh berbeda dari seorang penghibur yang punya tujuan menghibur seluruh penontonnya dengan pertandingan spektakuler dan aksi-aksi mengesankan. Namun, di balik kegembiraan dan kemeriahan panggung, ada sejumlah momen yang menyedihkan ketika kehidupan seorang pegulat harus berakhir tragis karena kecelakaan di ring. Pada artikel ini kita akan membahas lima pegulat WWE yang mirisnya tewas saat berada di atas ring yang mereka cintai. Siapa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Owen Hart

 Pegulat WWE Tewas di Ring

Pada tahun 1999, dalam pertandingan Pay Per View ‘Over the Edge’, Owen Hart terlibat dalam atraksi yang mengharuskan dia melompat dari langit-langit arena menggunakan kabel zip-line. Sayangnya, karena ada kesalahan dalam proses pemasangan peralatan, pegulat WWE yang tengah naik daun ini justru tewas setelah terjatuh ke dalam ring dari ketinggian 24 meter. Meskipun Hart sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawanya tidak pernah tertolong karena dia mengalami cedera tulang belakang yang sangat parah. Kematian yang sangat mengguncang dunia gulat profesional ini pada akhirnya membawa perubahan besar-besaran dalam praktik keselamatan di panggung WWE.

Perro Aguayo Jr

 Pegulat WWE Tewas di Ring

Kematian pegulat Perro Aguayo Jr pada tahun 2015 memang tidak terjadi secara langsung di atas ring, tetapi menurut hasil dari otopsi dia memang tewas karena cedera parah saat melakukan pertandingan WWE. Di mana pegulat terkenal dari Meksiko ini sebelum kematiannya sempat terkena flying kick dari pegulat WWE Rey Mysterio. Wasit dan Mysterio yang mengetahui Aguayo sangat kesakitan, langsung menghentikan pertandingan. Upaya medis untuk menyelamatkannya dinyatakan gagal, keesokan harinya Aguayo dinyatakan meninggal karena tulang belakangnya patah menjadi tiga bagian.

Mitsuharu Misawa

 Pegulat WWE Tewas di Ring

Mitsuharu Misawa adalah salah satu pegulat Jepang paling dihormati yang memulai kariernya di All Japan Pro Wrestling. Ketika dia bergabung dengan WWE banyak penggemar di seluruh dunia yang makin mengenal sepak terjangnya. Pada Juni 2009, saat pertandingannya dihadiri oleh ribuan penggemar, Misawa menerima serangan back suplex dari lawannya Masa Saito yang sama-sama dari Jepang. Seketika pegulat WWE yang tengah digandrungi ini kehilangan kesadaran dan langsung dilarikan ke rumah sakit, tetapi sayangnya menurut pemeriksaan dia sebenarnya telah tewas saat masih berada di ring karena benturan keras dan serangan jantung yang bersamaan.

Brian Ong

Brian Ong memang belum sempat menjadi pegulat profesional, tetapi pada tahun 2001 dia dilaporkan tewas di ring karena kecelakaan saat melakukan latihan bersama bintang WWE sekelas Great Khali. Meskipun kematiannya tidak ditayangkan di televisi, bukan berarti malapetaka yang dialaminya ini bisa kita kesampingkan. Sesaat sebelum meninggal, Ong sebenarnya sempat mengalami gejala gegar otak, tetapi pegulat yang digadang-gadang akan segera masuk tingkat profesional ini malah bersikukuh untuk berpartisipasi dalam sesi latihan bersama pegulat Great Khali dan Dalip Singh Rana. Hal inilah yang akhirnya merenggut nyawanya ketika Great Khali menyerangnya dengan flapjack.

Moondog Spot

 Pegulat WWE Tewas di Ring

Larry Wayne Booker alias Moondog Spot adalah seorang pegulat profesional dari Amerika Serikat yang diakui sebagai alumni WWE tidak lama setelah dia tewas di atas ring. Sebagai seorang pegulat bertubuh tambun, Moondog sangat terkenal dengan manuver brutalnya. Pada tahun 2003, Moondog sempat melakukan pertandingan tag team terakhirnya, sebelum dia dinyatakan meninggal di dalam ring karena serangan jantung. Pertandingan pun berakhir dengan cara yang sangat mengejutkan, mengerikan, sekaligus menghancurkan hati para penggemarnya. Staf medis dengan cepat membawanya ke rumah sakit, tetapi sayangnya nyawa Moondog Spot sudah tidak tertolong.

Itulah lima pegulat WWE yang tewas karena pertandingan di atas ring yang sangat mereka banggakan. Kematian para pegulat profesional ini mengingatkan kita pada risiko dan bahaya yang melekat dalam dunia gulat. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa sebagian besar pertandingan gulat WWE adalah skenario, tetapi kita tetap harus menghormati perjuangan mereka karena risiko dari sebuah pertandingan memang selalu ada. Pada akhirnya keselamatan pegulat memang tetap harus menjadi prioritas utama dalam olahraga hiburan ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.