Semua penggemar setia manga dan anime pasti tahu apa itu One Piece. Salah satu judul manga terpopuler di seluruh dunia ini merupakan mahakarya dari mangaka Eiichiro Oda yang telah berdiri selama lebih dari 25 tahun. Mulai dengan manga yang rilis perdana pada tahun 1991, saat ini One Piece telah melakukan ekspansi ke anime, film, video game, bahkan ke depannya series live action di Netflix. Dengan semua keberhasilan tersebut, Oda menjadi salah satu kreator manga terkaya yang punya total kekayaan luar biasa.

Khusus untuk manga-nya sendiri One Piece telah berhasil memecahkan rekor Guinness sebagai ‘salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri komik dari satu penulis’ pada tahun 2015 dan 2022. Kemudian menjadi manga terlaris selama sebelas tahun berturut-turut dari 2008 hingga 2018, dan merupakan satu-satunya manga yang memiliki cetakan awal volume di atas 3 juta terus menerus selama lebih dari 10 tahun. Tahun lalu, One Piece bahkan ditetapkan sebagai manga terpopuler karena telah berhasil menjual lebih dari 516,6 juta eksemplar di 61 negara termasuk Indonesia.

kekayaan kreator one piece

Berdasarkan pencapaian spektakuler One Piece, tidak sedikit penggemar yang penasaran dengan total kekayaan kreator, Eiichiro Oda. Sampai berita ini dirilis, banyak dari lembaga perhitungan kekayaan bersih seniman dunia yang menaksir kekayaan mangaka berumur 48 tahun ini mencapai 200 juta dolar Amerika atau 3 triliun rupiah. Sementara beberapa perhitungan lainnya mengklaim bahwa menjelang perilisan live action One Piece di saluran streaming Netflix, kekayaannya naik menjadi 230 juta dolar atau 3,45 triliun rupiah.

Hasil yang sangat luar biasa ini tentunya bukan tanpa perjuangan dan pengorbanan. Faktanya selama 25 tahun terakhir Oda menceritakan petualangan Monkey D. Luffy dan kru bajak laut Straw Hat, ada banyak sekali masalah yang harus dialaminya. Misalnya dia harus tidur selama 3 jam sehari setiap harinya karena bekerja tanpa libur. Tidak jarang hal ini membuat One Piece terpaksa libur karena Oda mengalami masalah kesehatan karena bekerja terlalu ekstrem. Menurut rumor terbaru yang beredar bahkan kabarnya manga One Piece akan hiatus selama sebulan setelah chapter 1086.

Yang lebih hebatnya lagi kekayaan Eiichiro Oda sebagai kreator One Piece ini masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pendapatan medianya. Terhitung sampai One Piece 1016, total pendapatan manga dan anime-nya ditaksir telah mencapai 314 triliun rupiah, belum lagi media lainnya seperti video game dan penjualan merchandise. Dengan semua ini selain berhasil membawakan One Piece menjadi manga paling sukses, Oda juga bisa dibilang sebagai salah satu kreator atau mangaka terkaya sepanjang masa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.