Meskipun banyak dari para fans meragukan kesuksesan dari adaptasi live action One Piece, namun ada beberapa alasan mengapa series ini akan sukses. Proyek adaptasi live action dari One Piece menjadi salah satu proyek ambisius yang platform Netflix lakukan saat ini. Seperti yang kita ketahui, Netflix memang sering menghadirkan proyek adaptasi live action dari anime ataupun manga.

Kesuksesan besar dari series One Piece yang sudah lebih dari dua dekade membuat Netflix tertarik untuk menghadirkan proyek adaptasi live actionnya. Tetapi, sebagian pihak meragukan jika live action One Piece ini akan sukses. Namun, ada beberapa alasan yang membuat live action One Piece ini bisa sukses.

Dana Produksi yang Melimpah

Dalam mengerjakan proyek live action One Piece ini Netflix tidak ragu untuk menggelontorkan dana yang sangat besar untuk proses produksinya. Menurut berbagai laporan, Netflix tidak pernah ragu untuk menggelontorkan jutaan dolar Amerika untuk memproduksi satu episode. Dana tersebut digunakan untuk berbagai macam hal. Contohnya adalah membayar para kru, membayar para aktor, dan yang paling luar biasa adalah dana tersebut digunakan untuk membangun kapal-kapal yang akan muncul dalam setiap episodenya.

Alasan live action One Piece sukses

Pihak Netflix sendiri berusaha untuk menghadirkan cerita serealistis mungkin. Dalam foto bocoran yang membanjiri media sosial sejak beberapa tahun lalu memperlihatkan bagaimana Netflix benar-benar serius membangun sebuah kapal agar bisa mirip seperti bentuk aslinya. Contoh dari hal ini adalah kapal dari kelompok bajak laut Topi Jerami yaitu Going Mary. Beberapa kapal ikonik yang lain juga ikut muncul seperti Baratie atau kapal angkatan laut milik Garp.

Pemilihan Aktor yang Sesuai

Netflix melakukan audisi secara ketat untuk mencari aktor dan aktris yang akan berperan dalam adaptasi live action One Piece ini. Pencarian cast untuk adaptasi live action ini memang berlangsung cukup lama. Baru sekitar pada 2021 mereka mengumumkan siapa saja aktor dan aktris yang memerankan karakter utama atau karakter yang akan muncul di musim perdana ini.

Alasan live action One Piece sukses

Para aktor tersebut adalah IƱaki Godoy yang akan berperan sebagai Monkey D. Luffy, kemudian Mackenyu Arata atau Mackenyu Maeda akan berperan sebagai Roronoa Zoro. Emily Rudd akan berperan sebagai Nami, Jacob Romero Gibson akan berperan sebagai Usopp, dan terakhir adalah Taz Skylar yang akan berperan sebagai Sanji. Respon dari para fans mengenai para aktor dan aktris ini memang beragam. Namun, mayoritas fans menganggap jika ini adalah pilihan yang tepat terutama bagi sosok Usopp.

Para Pembuat Seriesnya

Series adaptasi live action One Piece dikerjakan oleh dua orang yaitu Steven Maeda dan Matt Owens. Keduanya merupakan penggemar berat dari series One Piece. Mereka pun sering terlibat dalam berbagai acara ataupun program dari para fans One Piece. Berdasarkan berbagai laporan, mereka berdua sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan proyek ini. Artinya, mereka berdua benar-benar serius untuk mengerjakan proyek tersebut. Selain itu, mereka berdua juga tentunya tahu apa yang mereka lakukan atau apa yang para fans inginkan.

Timeline yang Baik

Seperti yang kita ketahui live action adaptasi One Piece ini akan menghadirkan alur cerita East Blue Saga. Ini adalah alur cerita di mana kelompok bajak laut Topi Jerami pertama kali terbentuk. Kita akan melihat bagaimana Monkey D Luffy merekrut anggota lainnya seperti Sanji, Nami, Zoro, dan juga Usopp. Di manganya sendiri East Blue Saga menghabiskan 100 chapter sedangkan, dalam versi animenya menghabiskan 61 episode.

Alasan live action One Piece sukses

Ketika trailer perdananya rilis, banyak fans yang memberikan tanggapan positif terkait hal tersebut. Netflix juga sempat mengatakan bahwa para fans menyambut baik musim perdana live action One Piece ini hanya menghadirkan cerita East Blue Saga. Menurut para fans ini jadi sesuatu hal yang baik karena Netflix tidak memaksakan untuk menghadirkan banyak cerita dalam satu musim. Jika musim perdana ini sukses besar bukan tidak mungkin akan ada musim kedua.

Peran Eiichiro Oda

Salah satu alasan utama mengapa para fans yakin jika live action adaptasi One Piece ini akan sukses adalah peranan besar dari sang kreator, yaitu Eiichiro Oda. Oda Sensei diketahui sangat berperan aktif dalam proses pengembangan proyek ini. Tidak diketahui memang sampai sejauh mana keterlibatan Oda dalam dalam proyeknya. Namun, yang pasti Oda menjadi sosok penting dalam pengambilan keputusan.

Alasan live action One Piece sukses

Berdasarkan informasi yang ada semua hal yang muncul atau akan hadir dalam cerita live action One Piece ini harus mendapatkan persetujuan dari Oda. Dalam pesannya di media sosial Oda sendiri pernah mengatakan jika dia senang dengan hasil proyek ini. Menurutnya para aktor dan aktris yang berperan di series ini sangat luar biasa. Hal ini membuat banyak para fans beranggapan jika ada sudah menyetujui hal tersebut artinya sudah tidak ada masalah lagi yang akan muncul di kemudian hari.

Proyek adaptasi live action Netflix memang terkenal dengan kegagalannya. Tidak sedikit proyek series adaptasi live action ini yang akhirnya harus dibatalkan setelah musim perdana tayang. Tetapi, live action adaptasi One Piece Ini kemungkinan akan memiliki nasib yang berbeda. Seriesnya bisa jadi yang pertama untuk meraih kesuksesan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.