Eiichiro Oda akhirnya mulai mengungkap kekuatan besar dari sosok Im Sama dan pihak World Government dalam alur cerita One Piece. Im Sama merupakan sosok pemimpin yang saat ini menduduki tahta di istana Pangaea. Dialah yang menguasaai dunia One Piece di bawah naungan World Government. Banyak para fans yang penasaran mengapa mereka bisa kuat dan sangat kuat.

Sedikit demi sedikit akhirnya Eiichiro Oda mulai mengupas berbagai kekuatan yang World Government miliki dan juga Im, meskipun jelas masih ada beberapa kekuatan lainnya yang belum terungkap hingga sekarang. Berbagai kekuatan dahsyat inilah yang akhirnya membuat World Government bisa berkuasa selama 800 tahun lamanya. Lalu, apa saja kekuatan besar World  Government di dunia One Piece?

Gorosei

Kekuatan besar dari Im dan World Government yang pertama kali Oda hadirkan dalam cerita One Piece adalah Gorosei. Sejauh ini, memang mereka belum pernah Oda perlihatkan bertarung melawan siapa pun sampai di chapter 1084 kemarin saat mereka menghadapi Sabo. Gorosei untuk pertama kalinya memperlihatkan salah satu kekuatan mereka yaitu mampu berubah menjadi sosok misterius yang mengerikan.

Berdasarkan dari apa yang muncul di chapternya, wajar jika para Gorosei memang menjadi pelayan dari Im. Mereka juga memiliki kekuatan yang tidak jauh dari Im. Tetapi, tentunya para fans sendiri masih penasaran dengan kemampuan bertarung dan kemampuan lain dari para Gorosei. Pasca pertarungan melawan Sabo, bisa jadi akan ada pertarungan lainnya dalam waktu dekat.

Angkatan Laut

Angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar yan World Government miliki dan salah satu yang paling populer. Yang menarik adalah mereka juga merupakan salah satu kekuatan yang mampu menyeimbangkan di dunia One Piece. Tugas mereka adalah menjaga kedamaian dari berbagai ancaman yang ada, salah satunya adalah serangan bajak laut yang banyak terjadi di berbagai tempat.

Sebagai organisasi penegak keadilan terbesar di dunia, wilayah cakupan dari angkatan laut sendiri mencapai seluruh lautan. Ini jadi bukti mengapa mereka jadi salah satu kekuatan penyeimbang di dunia One Piece. Selain itu kekuatan armada mereka yang jadi alasan angkatan laut jadi salah satu kekuatan besar World Government. Mulai dari kapal perang sampai pasukan. Para admiral angkatan laut adalaah kekuatan terbesar dari angkatan laut.

Seraphim

Pada awalnya, pihak angkatan laut memiliki sebuah senjata manusia yang bernama Paciifista. Oda menghadirkan Pacifista pertama kali pada arc Sabaody ketika Luffy menghadirkan kekacauan besaar. Pacifista kemudian digeser oleh sebuah senjata baru yaitu Seraphim. Senjata baru buatan Vegapunk ini jauh lebih kuat dan dahsyat daripada Pacifista seperti yang muncul dalam cerita di arc Egghead.

kekuatan world government one piece

Vegapunk sendiri bahkan menyebut jika Seraphim adalah senjata manusia terkuat yang pernah ada dan pernah dia ciptakan. Rahasianya sendiria ada di DNA para mantan Shichibukai dan juga kemampuan Vegapunk menggunakan Green Blood yang merupakan cairan buah iblis dari tiruan buah iblis lainnya. Efeknya, semua Seraphim memiliki kemampuan buah iblis yang dahsyat.

Cipher Pol

Tingkatan Cipher Pol ada di paling atas dari angkatan laut dan Seraphim. Para Cipher Pol merupakan agen khusus milik World Government yang bisa ditugaskan untuk apa pun. Misalnya, di arc Water Seven nampak bagaimana CP9 memiliki misi untuk mendapatkan salinan Pluton. Mereka juga yang mendapatkan misi untuk menculik Nico Robin. Hal yang sama juga terjadi dalam berbagai peristiwa.

kekuatan world government one piece

Dalam peristiwa pertempuran Onigashima, mereka mendapatkan tugas untuk menghabisi Luffy. Dengan posisi Cipher Pol yang tinggi, membuat mereka bisa mengendalikan para Seraphim. Tetapi, seberapa besar sebenarnya kekuatan dari Cipher Pol masih belum diketahui. Namun, bisa jadi jumlah mereka ada ribuan. Dan yang menarik adalah peranan mereka, khususnya CP0, juga cukup sentral di cerita akhir ini.

Holy Knight

Kekuatan World Government yang baru saja Oda perkenalkan. Bisa dibilang, posisi Holy Knight setara dengan para Gorosei dari apa yang muncul dalam cerita sejauh ini. Bedanya, jika para Gorosei benar-benar mengabdi kepada Im dari dalam istana namun para Holy Knight ini bergerak dari luar istana. Mereka adalah semacam “pasukan khusus” milik World Government dan hanya Im serta Gorosei yang bisa memerintahkannya.

kekuatan world government one piece

Namun, belum banyak memang informasi mengenai mereka yang sudah muncul dalam cerita. Holy Knight sendiri pertama kali muncul dalam chapter 1085 ketika Monkey D Dragon menyebut nama tersebut. Anggota mereka kabarnya berjumlah sembilan orang dan sudah ada satu orang yang muncul dalam cerita, yaitu Saint Figarland Garling.

Setelah jadi misteri, akhirnya Oda Sensei mulai memperlihatkan kekuatan besar yang World Government miliki yang membuat mereka menjadi organisasi atau kelompok berkuasa di dunia One Piece. Dengan berbagai kekuatan dahsyat di atas, tentunya menarik bagaimana kemudian cara Luffy bisa amenghancurkan World Government dan seperti apa kedahsyatan pertempuran tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.