Dunia dalam seri One Piece memiliki kemiripan besar dengan dunia nyata. Mereka memiliki sebuah kelompok besar yaitu Pemerintah Dunia, yang mengatur seluruh aturan yang berlaku di seluruh dunia. Mereka juga punya pasukan angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut. Mereka juga punya sebuah organisasi rahasia yang biasa melakukan tugas khusus seperti Cipher Pol.

Cipher Pol sendiri adalah organisasi rahasia yang dimunculkan di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby. Cipher Pol memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Pos inilah yang diketahui oleh masyarakat luas. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang sengaja dirahasiakan keberadaanya karena tugas dan tanggung jawab mereka.

Cipher 0

Cipher Pol 0 merupakan pos yang paling kuat diantara yang lainnya. Mereka adalah sosok pilihan yang sudah memiliki pengalaman bertarung, dan juga kemampuan yang sangat dahsyat. Hal ini bisa dilihat dalam chapter sebelumnya, di mana salah satu CP-0 mampu mengalahkan X Drake yang notabene adalah salah satu bajak laut Worst Generation dengan mudah. Juga bagaimana salah satu monster Numbers mampu dikalahkan dengan mudah.

Cipher Pol 0 sendiri diperkenalkan di manganya pada chapter 705 dan episode 635 untuk versi animenya. Yang membuat Cipher Pol 0 ini berbeda dan spesial adalah selain kekuatan dan pengalaman mereka, pos Cipher Pol ini juga bisa dibilang eksklusif. Karena, jika Cipher Pol lainnya beroperasi di bawah perintah Pemerintah Dunia, maka Cipher Pol 0 beroperasi di bawah perintah langsung kaum naga langit, meskipun mereka juga tidak jarang mendapatkan perintah dari Pemerintah Dunia.

Cipher Pol 5

Cipher Pol 5 merupakan pos dari organisasi Cipher Pol yang sempat dipimpin oleh Spandam, ketika dia diperintahkan oleh Gorosei untuk mendapatkan cetak biru dari salah satu senjata kuno, Pluton, dari tangan para pekerja di Water Seven. Momen tersebut terjadi delapan tahun sebelum cerita di seri utamanya dimulai. Sampai sejauh ini, belum diketahui apa yang menjadi spesialisasi dari pos Cipher Pol ini.

Meskipun begitu, diketahui bahwa mereka mampu untuk melakukan tugas penyusupan, pencurian, pelayaran, dan mengoperasikan berbagai senjata unik. Kepopuleran Cipher Pol 5 sepertinya cukup banyak dikenal, terutama dalam beberapa kasus yang bersinggungan dengan Pemerintah Dunia. Tidak diketahui bagaimana status Cipher Pol 5 sekarang.

Cipher Pol 6

Dibandingkan Cipher Pol 5, kepopuleran Cipher Pol 6 bisa dibilang sangat kurang. Masih belum diketahui juga apa yang menjadi spesialisasi mereka. Meskipun begitu, Cipher Pol 6 adalah pos Cipher Pol yang diperintahkan untuk mendampingi Cipher Pol 9 saat mereka mengantarkan Nico Robin dan Franky menuju Enies Lobby dengan menggunakan kereta laut Puffing Tom. Satu-satunya anggota CP6 yang diketahui adalah Jerry.

Seluruh anggota Cipher Pol 6 akhirnya berhasil dikalahkan oleh Sanji ketika dia menyusul kereta laut tersebut demi menyelamatkan Robin. Gerbong yang membawa Robin dan Franky pun dilepas dari gerbong yang lain, dan membuat mereka terdampar di laut. Status dari Cipher Pol 6 juga tidak diketahui saat ini.

Cipher Pol 7

Cipher Pol 7 merupakan salah satu pos Cipher Pol yang juga tidak terlalu populer dibandingkan pos Cipher Pol lain. Tidak diketahui apa yang menjadi spesialisasi pos ini, namun mereka sempat diperintahkan untuk ikut mendampingi CP9 dalam mengantar Nico Robin dan Franky ke Enies Lobby seperti halnya Cipher Pol 6. Satu-satunya anggota dari CP7 yang diketahui namanya adalah Wanze. Saat Sanji naik ke kereta laut Puffing Tom untuk menyelamatkan Robin, Wanze sempat menghadangnya. Namun, Wanze berhasil dikalahkan dengan mudah oleh Sanji.

Cipher Pol 9

Cipher Pol 9 atau CP9 merupakan pos khusus yang diberikan hak istimewa dibandingkan pos lainnya. Mereka merupakan pos yang biasanya ditugaskan untuk menghabisi musuh Pemerintah Dunia atau mereka yang dianggap sebagai ancaman. Secara resmi, sebenarnya Cipher Pol 9 tidak pernah ada dalam daftar. Selain membunuh musuh Pemerintah Dunia, Cipher Pol 9 sendiri adalah pos yang memiliki tugas khusus.

Ketika misi mendapatkan cetak biru Pluton gagal, Pemerintah Dunia kemudian menunjuk Spandam untuk memimpin Cipher Pol 9 dan memilih siapa saja yang bisa bergabung dengan pos tersebut. Cipher Pol 9 adalah pos Cipher Pol yang terlibat di arc Enies Lobby. Anggota mereka diantaranya adalah Kalifa, Kaku, Jabra, dan tentunya Rob Lucci. Sebagian dari mereka kini ada yang bergabung dengan Cipher Pol 0.

Cipher Pol yang Belum Diketahui

Sampai sejauh ini memang belum semua pos Cipher Pol diperkenalkan dalam cerita oleh Oda Sensei, untuk alasan yang juga masih belum diketahui. Cipher Pol memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Pos inilah yang diketahui oleh masyarakat luas. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang sengaja dirahasiakan keberadaanya karena tugas dan tanggung jawab mereka.

Tersisa kurang lebih lima pos Cipher Pol lagi – Cipher Pol 1, Cipher Pol 2, Cipher Pol 3, Cipher Pol 4, dan Cipher Pol 8 – yang informasinya masih belum diketahui, karena memang sejauh ini masih belum diperkenalkan dalam  cerita. Meskipun begitu, mengingat dua pos Cipher Pol memiliki tugas khusus, maka Cipher Pol lainnya kurang lebih memiliki tugas yang sama seperti investigasi, mencari informasi, penghilangan paksa, dan lain-lain.