Kesuksesan film Avatar: The Way of Water tahun lalu telah berhasil membuka jalan untuk film ketiga sampai kelima Avatar yang sangat diantisipasi para penggemar. Selain ceritanya yang unik, di mana sekelompok manusia serakah menjadi penjajah bangsa Na’vi di Planet Pandora, efek visual yang megah dari filmnya juga menjadi salah satu nilai jual utama Avatar. Yang lebih hebatnya lagi, ternyata untuk film Avatar 3 sendiri, efek visual dan persiapan set adegannya digadang-gadang akan jauh lebih canggih dari sebelumnya.

Jika kalian sudah melihat detail dari film Avatar: The Way of Water, kalian mungkin sadar bahwa film sekuelnya ini telah mendapatkan banyak sekali peningkatan jika dibandingkan dengan film pertamanya yang rilis tahun 2010 silam. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan, termasuk karena pengembangannya yang berlangsung hingga bertahun-tahun, dan juga ekplorasi dunianya yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Walaupun begitu pada kenyataannya sutradara James Cameron dan waralabanya masih akan terus meningkatkan kualitasnya, khususnya di film Avatar 3 mendatang.

efek visual avatar 3

Klaim peningkatan atau evolusi efek visual di film Avatar 3 ini baru saja diungkapkan langsung oleh Desainer Produksi Ben Procter kepada Josh Wilding dari SFF Gazzete. Meskipun sebelumnya Procter telah terlibat banyak waralaba film besar seperti Transformers dan Superman, tetapi menurutnya proyek Avatar jauh lebih menantang. Termasuk Avatar 3 yang saat ini tengah menyibukkan hampir seluruh tim produksi terkait efek visual dan pengaturan lokasi syuting yang lebih canggih dari The Way of Water.

“Saat ini kami sedang mengerjakan [Avatar] 3, mencoba mewujudkannya dengan efek visual [dan] proses pemindahan lainnya. Sebelum semuanya bisa dirender, James Cameron melakukannya dengan kamera, kan? Dari situlah asal bidikannya [dan itu merupakan] langkah yang harus dilakukan sebelum menyerahkannya [kepada kami]. Kami sedang sibuk meningkatkan dan menyiapkan set untuk melangsungkan proses tersebut. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tetapi saya jamin ada banyak hal keren yang akan datang,” ungkap Ben Procter.

Mengingat waktu pengembangan yang relatif lebih pendek dari sebelumnya, mungkin peningkatan efek visual Avatar 3 nanti tidak akan terlalu signifikan layaknya film pertama ke film kedua. Namun yang jelas akan lebih baik dari The Way of Water. Kita lihat saja nanti seperti apa evolusi efek visual yang dimaksud Procter sebagai Desainer Produksi-nya. Jika semuanya lancar film Avatar 3 sendiri dijadwalkan untuk tayang pada 19 Desember 2025 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.