Bruce Wayne, atau yang lebih kita kenal sebagai Batman, merupakan salah satu superhero DC paling populer yang kekuatan utamanya adalah kecerdasan serta kekayaan. Di mana semua sumber dayanya ini dia manfaatkan untuk menciptakan berbagai peralatan canggih dan teknologi unik yang kemudian digunakan dalam melawan kejahatan. Namun tahukah kalian bahwa selain gadget dan kendaraan super yang sering Batman gunakan, sebenarnya ada juga teknologi ciptaannya yang justru dianggap sangat berbahaya bahkan bagi dirinya sendiri. Berikut ini lima teknologi paling berbahaya yang pernah diciptakan oleh Batman!

Brother Eye

Brother Eye merupakan artificial intelligence yang sengaja Batman unggah ke berbagai satelit miliknya di luar angkasa. Teknologi yang satu ini sebenarnya lahir karena Batman merasa sering luput dari berbagai peristiwa penting yang pada akhirnya malah menyulitkan tugasnya sebagai seorang Justice League. Dimaksudkan untuk mengumpulkan big data dari siapa pun dan apa pun, Brother Eye justru menjadi teknologi paling berbahaya yang pernah Batman ciptakan. Pasalnya ketika AI Brother Eye mampu mengembangkan pola pikirnya sendiri, dia langsung memanfaatkan database-nya untuk menguasai dunia dan menciptakan pasukan robot OMAC untuk membasmi para superhero termasuk Batman.

Failsafe

Dalam sejarah DC Comics, satu-satunya karakter yang paling sering mengalahkan Batman dan mengetahui semua kelemahannya adalah dirinya sendiri. Hal ini bahkan sangat disadari oleh Batman dan semua versi alternatifnya di multiverse. Termasuk Batman Zur-En-Arrh yang pada akhirnya sengaja menciptakan sebuah android Failsafe dengan semua informasi tentang kelemahannya. Hal ini sengaja dia lakukan agat Failsafe bisa mengalahkan dirinya sendiri seandainya dia menjadi jahat. Mirisnya, ketika media Gotham tiba-tiba menuduh Batman telah melakukan sejumlah pembunuhan, Failsafe langsung berubah menjadi teknologi berbahaya yang hampir saja membunuh penciptanya sendiri.

Hypnosis Machine

Tekonologi berbahaya ciptaan Batman selanjutnya yang sebenarnya tidak punya nama resmi adalah Hypnosis Machine. Penamaan teknologi ini muncul dari fungsinya yang dimaksudkan untuk menghipnotis orang lain. Jika kalian sering melihat gambar Batman yang menampar Robin, pada titik inilah Hypnosis Machine diperkenalkan di komik World’s Finest #153. Tamparan keras Batman tersebut bermula ketika Robin meragukan mentornya yang sempat merasa Superman jahat. Batman yang masih marah lantas memasukan Robin ke Hypnosis Machine untuk menghapus ingatannya. Bisa dibayangkan jika teknologi yang satu ini jatuh ke tangan orang jahat, mungkin Batman sendiri bisa menjadi korbannya.

Miniatur Controller

Satu lagi teknologi berbahaya ciptaan Batman yang belum diberi nama resmi oleh DC, yaitu Miniatur Controller. Teknologi yang mempunyai bentuk seperti pesawat ini memungkinkan Batman untuk menyusut sampai ke tingkat molekul, di mana dia kemudian bisa masuk ke tubuh seseorang dan mengendalikan orang tersebut dari dalam seperti sebuah robot. Batman bahkan memanfaatkan teknologinya ini untuk mengendalikan sosok sekuat Superman. Yang ditakutkan adalah jika teknologi ini dicuri oleh villain, bukan tidak mungkin villain tersebut akan memanfaatkannya untuk mengendalikan para superhero lain demi melancarkan rencana jahatnya.

Red Kryptonite Artificial

Teknologi paling berbahaya terakhir sekaligus paling fenomenal yang pernah Batman ciptakan adalah Red Kryptonite. Meskipun tidak bermesin seperti teknologi lainnya, tetapi penemuan mutakhir Batman ini memungkinkan Batman untuk mengalahkan Superman dengan mudah jika dia menjadi jahat. Red Kryptonite sendiri adalah teknologi artificial yang menggabungkan Green Kryptonite dengan radiasi lainnya. Saking kuatnya Red Kryptonite, efeknya dapat membuat Superman merasa sangat kesakitan. Mirisnya teknologi ini pernah dimanfaatkan oleh Ra’s al Ghul untuk kalahkan Superman di peristiwa Tower of Babel sebelum akhirnya mengalahkan anggota Justice League lainnya.

Itulah lima teknologi paling berbahaya yang pernah Batman ciptakan. Meskipun deretan teknologi ini mungkin awalnya diciptakan dengan niat baik untuk melawan kejahatan, potensi bahayanya jika jatuh ke tangan yang salah justru bisa sangat mengancam para superhero termasuk Batman sendiri. Dan pada kenyataannya sebagian besar dari teknologi ini, seperti Brother Eye, Failsafe, dan Red Kryptonite, memang gagal dijaga oleh Batman sehingga pada akhirnya menjadi ancaman yang sangat serius di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.