Batman adalah superhero DC yang terkenal karena kegeniusannya dalam menciptakan berbagai macam peralatan canggih. Di mana hal tersebut dia lakukan untuk menutupi kelemahannya sebagai manusia biasa, dan tentu saja agar dia juga tidak kalah saing dari manusia super lainnya di DC Universe. Selain gadget, Batman juga telah bertahun-tahun terlihat menggunakan berbagai jenis kendaraan canggih untuk mempermudah setiap misinya. Dari sekian banyak kendaraan yang dimiliki oleh Batman, lima di antaranya adalah yang terbaik di kelasnya. Kendaraan apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Batcycle

Sebagai kendaraan darat, Batcylce sering dipakai oleh Batman ketika dia membutuhkan kendaraan yang sangat cepat sekaligus efektif. Apalagi dalam beberapa kesempatan Batman sering mengakui bahwa dia lebih menyukai motornya dari kendaraan lain. Batcyle adalah motor yang terkenal karena kecepatannya dan juga kecanggihannya saat menghadapi musuh-musuhnya. Selama bertahun-tahun ada banyak sekali Batcycle yang telah diperkenalkan DC, salah satunya adalah motor yang menjadi bagian dari Batmobile / Tumbler Batman di film The Dark Knight, yang bisa terlepas ketika diperlukan.

Batmobile

Meskipun Batman menyukai Batcycle-nya, tetapi dia lebih sering beraksi dengan Batmobile andalannya. Sama seperti Batcyle, Batmobile adalah kendaraan darat yang sangat cepat. Dari sekian banyak versi Batmobile di DC Universe, hampir semuanya dilengkapi dengan booster yang bisa mempercepat laju Batmobile seperti pesawat yang akan lepas landas, begitu juga dengan Batmobile yang akan muncul di film The Batman. Salah satu bentuk terbaik Batmobile pernah diperlihatkan di video game Batman: Arkham Knight, di mana mobil Batman bisa berjalan menyamping dan juga dilengkapi dengan berbagai senjata canggih yang menembakan peluru tumpul agar tidak membunuh musuhnya.

Batboat

Batboat adalah kendaraan Batman yang paling jarang digunakan, karena misi Batman jarang sekali berurusan dengan air. Namun, ketika Batman benar-benar harus melakukan misi di perairan, Batboat adalah satu-satunya kendaraan yang bisa membantu Batman. Selain cepat, Batboat juga diengkapi dengan radar untuk mendeteksi gerakan di dalam air dan juga beberapa bom atau ranjau yang bisa dilepas di air. Di komik Batman #4, Batman diceritakan membuat kendaraan Batboat bergabung dengan Batwing agar fungsinya lebih praktis, jadi ketika misi di air selesai, Batman bisa pulang ke Batcave lewat jalur udara.

Batwing

Ada banyak sekali sebutan untuk pesawat Batman, selain Batwing, pesawatnya juga sering disebut Batplane, Batjet, atau Batgyro. Apapun sebutannya, fungsi Batwing adalah untuk membawa Batman ke sebuah lokasi yang sangat jauh dalam waktu yang sengat cepat. Selain keberadaannya yang tidak terdeteksi oleh teknologi apapun, Batwing juga mempunyai perlengkapan yang lebih canggih dan juga lebih destruktif dari Batmobile atau Batcycle, bahkan tidak jarang juga Batwing-nya ini terbukti bisa membawa kendaraan Batman yang lain, dan juga beberapa armor cadangan di dalamnya.

Bat-tank

Ketika Bat-tank pertama kali diperlihatkan di DC Extended Universe, penggemar langsung terkejut dengan ukurannya yang sangat besar. Dan tentu saja, dengan ukuran yang besar ini Bat-tank tidak bisa berjalan secepat kendaraannya yang lain, tetapi dari segi kekuatan tidak diragukan lagi Bat-tank adalah yang paling “tahan banting”. Pada dasarnya Bat-tank adalah variasi Batmobile yang sengaja dilakukan pembaruan agar mobilnya lebih kuat ketika diserang oleh senjata-senjata besar, seperti bazooka atau tembakan energi kuat lainnya.

Itulah lima kendaraan terbaik, tercanggih, dan terkuat milik Batman yang pernah diceritakan dalam berbagai media DC, dari komik sampai film. Dengan kelima kendaraan ini, Batman terbukti dapat menyesuaikan dirinya dengan berbagai medan di Bumi. Darat, laut, dan udara bukan hambatan bagi Batman, bahkan jika dia mau, Batman bisa saja menggunakan Batwing-nya untuk terbang ke ruang angkasa. Sebentar lagi beberapa kendaraan di daftar ini akan muncul juga di film The Batman mendatang. Kita nantikan saja aksi Batman dengan kendaraan canggihnya, saat filmnya dirilis pada 4 Maret 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.