Ben Affleck adalah salah satu pemeran live action Batman abad ke-21 yang perjalanannya terbilang cukup berliku. Debut sebagai sang Caped Crusader di film DC Extended Universe’ Batman v Superman (2016), kemudian mengulang perannya di Justice League (2017), Affleck sebenarnya sempat mengungkapkan niatnya untuk pensiun dari film superhero. Namun baru-baru ini dia kembali di film The Flash, dan tahukah kalian bahwa ke depannya Ben Affleck juga masih punya satu film lagi sebelum benar-benar pensiun sebagai Batman.

Perlu kita catat film The Flash sendiri sebenarnya bukanlah film terakhir DCEU. Sebelum DC Studios memulai reboot jagat sinema DC Universe pada tahun depan, setidaknya masih ada satu film terakhir DCEU yang akan tayang pada akhir tahun ini. Filmnya tidak lain adalah sekuel Aquaman mendatang yang berjudul Aquaman and the Lost Kingdom. Di mana Jason Momoa akan mengulang perannya sebagai Arthur Curry alias Aquaman yang terakhir kali diceritakan menjadi Raja Atlantis setelah berhasil mengalahkan Ocean Master.

Batman ben affleck

Pada bulan Juli tahun lalu, saat Aquaman and the Lost Kingdom tengah dalam tahap pascaproduksi, Jason Momoa sempat mengonfirmasi bahwa dia kembali beradu akting dengan pemeran Batman’ Ben Affleck di filmnya. Sambil membagikan foto di atas yang memperlihatkan kedekatannya dengan Affleck, Momoa mengungkapkan ” Ini semua tentang pelukan dan ciuman persahabatan. Saya suka pria ini. Kami sangat rukun, dan saya sangat senang bisa bertemu dengannya lagi. Terlalu menyenangkan, ini terlalu menyenangkan.”

Berdasarkan pernyataannya ini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa Batman DCEU masih akan melakukan penampilan terakhirnya pada suatu titik di film Aquaman and the Lost Kingdom. Hanya saja untuk sekarang kita masih belum mengetahui seberapa besar perannya dan seberapa penting kehadiran Batman dalam ceritanya. Apakah hanya sebagai cameo singkat atau justru terlibat dalam pertempuran Aquaman yang harus melindungi Atlantis dari kehancuran setelah sebuah kekuatan kuno misterius dilepaskan.

Yang lebih menariknya lagi, sebenarnya Ben Affleck bukan satu-satunya pemeran Batman yang sempat melakukan syuting Aquaman and the Lost Kingdom. Sebelumnya Momoa juga mengonfirmasi bahwa dia telah melakukan syuting lainnya dengan Michael Keaton, pemeran Batman versi alternatif di The Flash. Namun dia mengaku tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apakah keduanya jadi dimunculkan atau tidak? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Filmnya sendiri akan tayang di bioskop pada 20 Desember 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.