Batman akhirnya ungkap alasan mengapa kemudian dia tidak mampu untuk bunuh Joker dalam berbagai cerita. Salah satu rivalitas yang paling populer di dunia komik adalah antara Batman dan Joker. Rivalitas mereka jadi salah satu yang paling sengit bahkan sampai mengarah pada tingkatan yang brutal. Pertarungan antara Batman dan Joker sendiri sudah jadi salah satu pertarungan yang ikonik, karena mereka sudah melakukannya selam lebih dari delapan puluh tahun.

Namun, satu hal yang banyak orang sadari dalam rivalitas Batman dan Joker adalah bagaimana the Dark Knight tidak mampu bunuh Joker. Hal ini bahkan sempat dipertanyakan oleh Jason Todd alias Red Hood. DC Comics sendiri sudah sering memberikan jawaban mengenai hal ini. Namun, kali ini Batman sendiri yang menjelaskan mengenai alasan tersebut. Hal ini terungkap dalam komik Batman #135 karya Chip Zdarsky

batman tidak bunuh jokerDalam ceritanya Bruce Wayne menjelaskan alasan Batman tidak bunuh Joker kepada Zur-En-Arrh. Zur-En-Arrh sendiri adalah android yang Bruce Wayne siapkan jika dia sudah bertindak terlalu jauh dan berubah jadi sosok kriminal. Namun, jika kemudian Bruce Wayne berhasil melakukan satu pembunuhan seorang kriminal, seperti Joker, maka dia tidak akan membutuhkan Zur-En-Arrh. Android tersebut menjelaskan jika Batman benar-benar melewati batas, maka dia akan melepaskan sisi gelapnya yang jarang dia perlihatkan.

Ketika kemudian momen kriminal dan pembunuhan tersebut terjadi, maka Bruce Wayne atau Batman tidak akan berhenti. Namun, dalam versi alternatif lainnya sosok Batman memang pernah diperlihatkan mampu untuk menghabisi nyawa aorang lain. Misalnya Vampire batman, Grim Knight, dan yang paling populer adalah Batman Who Laughs. Batman di timeline utama pun rentan untuk berubah menjadi jahat, seperti yang muncul dalam cerita Batman: Fortress di mana dia hampir saja berubah jadi jahat setelah mendapatkan kekuatan Superman.

Meskipun para karakter pahlawan lain beranggapan apa yang Batman lakukan dengan tidak bunuh Joker adalah langkah yang tepat, sebagian beranggapan ini adalah sesuatu yang benar. Batman berusaha sekuat tenaga untuk bisa mencegah trauma yang terjadi ketika dia masih kecil terjadi. Semakin kuat sosok Batman, semakin besar upayanya untuk tetap berada dalam jalurnya. Bagaimana menurut kalian terkait hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.