Mother Flame hasil ciptaan Vegapunk kemungkinan bukanlah sebuah senjata melainkan sumber energi dari Senjata Kuno. Dalam beberapa chapter terakhir para fans melihat rahasia masa lalu yang perlahan mulai Oda Sensei ungkap. Rahasia tersebut terungkap melalui potongan informasi yang muncul. Contohnya adalah perkenalan dari sosok Nefertari Lily yang memiliki koneksi dengan Im.

Kemudian, kita juga mengetahui apa yang sebenarnya terjadi saat Im menghancurkan kerajaan Lulusia. Im nampak memerintahkan Gorosei untuk mengaktifkan senjata buatan Vegapunk bernama “Mother Flame.” Senjata tersebut kemudian Im gunakan untuk menghancurkan Lulusia. Namun, bagaimana jika sebenarnya Mother Flame bukan senjata melainkan sumber energi untuk Senjata Kuno.

Mother Flame Adalah Sumber Energi

Spekulasi jika Mother Flame adalah sumber energi untuk Senjata Kuno muncul berkat beberapa petunjuk yang ada. Pertama, di chapter 1086 nampak bagaimana Ivankov dan Dragon berdiskusi jika rasanya mustahil Vegapunk membuat sebuah senjata yang mampu untuk menghancurkan umat manusia. Dalam kilas baliknya dengan Dragon pun nampak Vegapunk justru mengutuk apa yang Im dan Gorosei lakukan terhadap penduduk Ohara, terlepas dia adalah bagian dari pihak World Government.

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bahwa Vegapunk justru memiliki cita-cita yang mulia. Dia ingin menciptakan sebuah sumber energi gratis yang bisa seluruh manusia gunakan dan manfaatkan demi kehidupan mereka. Namun, sampai saat ini, Vegapunk masih belum berhasil menemukan formula atau masih belum mampu untuk menciptakan sumber energi tersebut.

Berdasarkan berbagai hal yang sudah terungkap di atas, artinya sosok Vegapunk adalah karakter yang tidak mau jadi penghancur umat manusia terlepas dia bekerja untuk World Government. Jika memang demikian, mengapa kemudian Im dengan jelas menyebutkan bahwa dia ingin mencoba “penemuan Vegapunk” untuk menghancurkan kerajaan Lulusia? Terdapat sebuah teori menarik mengenai hal ini.

mother flame senjata kuno

Penemuan dari Vegapunk tersebut, yaitu Mother Flame, sebenarnya bukan Senjata Kuno. Kemungkinan, ini adalah sumber kekuatan yang digunakan untuk menjalankan Senjata Kuno itu sendiri. Meskipun begitu, Vegapunk memang sepertinya sudah berhasil menciptakan Senjata Kuno. Hal ini terbukti dalam percakapan Dragon dengan Ivankov, di mana Dragon bertanya “mengapa kemudian Vegapunk baru menggunakan senjata tersebut sekarang?”

Dalam teorinya menyebutkan jika Vegapunk belum menggunakan senjata tersebut karena, dia sendiri masih belum menemukan sumber kekuatan atau sumber energi dari senjata itu. Vegapunk sendiri masih melakukan berbagai riset untuk menemukan sumber energi yang dia inginkan. Lilith juga sempat menyatakan jika sumber energi Egghead berasal dari api dan mereka sedang mencari sebuah api abadi. Dari apa yang Lilith ucapkan tersebut bisa diasumsikan jika Mother Flame sebenarnya adalah sumber energi dan bukan senjata.

Masih Belum Sempurna

Pertanyaan besar lainnya kemudian adalah jika Vegapunk memang sudah berhasil menemukan atau menciptakan sumber energi untuk Senjata Kuno, mengapa dia mengatakan bahwa penemuannya hampir berhasil? Bukankah Vegapunk sudah berhasil menciptakan sumber energi tersebut? Jawabannya adalah karena Mother Flame adalah sumber energi yang masih belum sempurna.

Jinbei pernah berkelakar jika Vegapunk adalah sosok yang perfeksionis atau ingin segala sesuatunya sempurna, yang mana hal tersebut memang terbukti benar. Ketika Luffy membahas tentang buah iblis buatan yang Momonosuke konsumsi, Vegapunk kecewa karena warna dari buah iblis tersebut – dan juga warna transformasi naga Momonosuke – tidak sama dengan warna dari buah iblis Kaido.

mother flame senjata kuno

Justru, buah iblis tersebut memiliki warna merah muda yang mana Vegapunk menganggap hal tersebut sebagai sebuah kegagalan. Padahal, dalam arc Wano kemarin, kita melihat bagaimana buah iblis tersebut mampu menirukan hampir seluruh kekuatan dari Uo Uo no Mi milik Kaido. Jadi, kesimpulannya, Mother Flame adalah tiruan atau replika dari sumber kekuatan yang juga pernah digunakan pada masa lalu.

Namun, saat ini, hal tersebut masih belum sempurna. Mother Flame mirip seperti buah iblis buatan Momonosuke, yaitu menirukan kekuatan aslinya. Jika, kekuatan dari Mother Flame yang belum sempurna pun sudah sangat dahsyat maka artinya ketika kemudian sumber energi tersebut berhasil Vegapunk ciptakan dengan baik maka kekuatannya akan jauh lebih dahsyat lagi. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.