Apa sebenarnya alasan dibalik kegagalan buah iblis buatan Vegapunk yang dimakan Momonosuke masih jadi pertanyaan besar sebagian fans One Piece. Padahal, Vegapunk adalah sosok ilmuwan yang sangat jenius yang mampu menciptakan teknologi canggih. Seperti yang Geeks ketahui, bahwa ada banyak penemuan hebat dan spektakuler dari sosok Vegapunk selama ini dan buah iblis adalah salah satunya.

Seperti halnya Caesar Clown, Vegapunk juga menciptakan buah iblis versinya sendiri. Jika caesar menciptakan SMILEs, yang banyak dikonsumsi oleh anak buah Kaido dan penduduk Wano, Vegapunk hanya menciptakan satu buah iblis saja. Buah iblis tersebut tidak memiliki nama. Dan dalam arc Punk Hazard diperlihatkan bagaimana Momonosuke memakan buah iblis Vegapunk tersebut.

Buah Iblis Momonosuke

Kozuki Momonosuke adalah karakter yang terlempar ke masa depan oleh ibunya, Kozuki Toki. Momonosuke, bersama beberapa anggota Red Scabbards, kemudian bertemu dengan Luffy di arc Dressrosa. Sejak saat itulah, mereka kemudian ikut bertarung dan berpetualang bersama kru Topi Jerami. Dan saat di Punk Hazard, Momonosuke memakan buah iblis buatan Vegapunk.

Ternyata, itu merupakan buah iblis buatan Vegapunk yang pada awalnya diciptakan untuk menirukan kekuatan buah iblis Kaido. Seperti yang muncul dalam kilas balik Kaido di arc Wano, dia sempat menjadi tawanan bagi pihak angkatan laut. Vegapunk kemudian melakukan penelitian terhadap Kaido dan kekuatan buah iblis Uo Uo yang dia miliki demi bisa menirukan dan memperbanyak kekuatannya.

Dan setelah memakan buah iblis tersebut akhirnya Momonosuke memiliki kemampuan dan kekuatan yang hampir mirip dengan Uo Uo milik Kaido. Misalnya, Momonosuke bisa berubah wujud menjadi seekor naga. Dan dalam arc Wano diperlihatkan dia mampu untuk menciptakan awan api meskipun tidak sempurna, serta mampu untuk menembakan Boro Breath ke arah admiral Aramaki.

Kenapa Dianggap Gagal?

Namun, yang menarik kemudian adalah adanya sebuah pernyataan dari Vegapunk sendiri yang menyebutkan jika buah iblis buatannya tersebut gagal. Padahal, jika kita melihat kekuatan dan kemampuan Momonosuke ketika menggunakan buah iblisnya nampak dia memiliki semua hal yang Kaido miliki. Juga, jika kita membandingkannya dengan buah iblis buatan SMILEs jelas buah iblis buatan Vegapunk jauh lebih unggul.

Hal ini pun sempat memunculkan berbagai spekulasi di kalangan fans. Misalnya, Vegapunk tidak ingin buah iblis buatannya tersebut dimiliki oleh World Government. Jika Vegapunk menyebut bahwa buah iblis buatannya sukses, maka mereka akan meminta Vegapunk untuk memperbanyak buah iblis buatan tersebut. World Government akan membuat pasukan naga.

Kemudian, spekulasi lainnya adalah buah iblis buatan buatan tersebut memiliki kelemahan, seperti buah iblis buatan tersebut tidak terlalu bisa dikendalikan jika membandingkannya dengan buah iblis yang asli. Namun, fakta sebenarnya mengenai alasan mengapa buah iblis tersebut dianggap gagal akhirnya muncul di chapter 1067. Vegapunk sendiri yang menjelaskan apa alasan kegagalannya.

Dalam informasi bocoran chapter tersebut, Vegapunk mengungkapkan jika buah iblis buatan milik Momonosuke dia anggap sebagai sebuah kegagalan karena warna naga yang muncul adalah merah muda. Sedangkan, naga milik Kaido adalah biru. Vegapunk adalah sosok yang sangat perfeksionis, yang mana inilah alasan dia menganggap jika buah iblis tersebut gagal karena tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Vegapunk Mampu Ciptakan Buah Iblis Sempurna

Setelah penjelasan di atas, pertanyaanya kemudian adalah apakah artinya Vegapunk mampu menciptakan buah iblis yang sempurna atau nyaris sempurna? Melihat bagaimana buah iblis Momonosuke mampu menirukan dengan sempurna kekuatan dan bentuk buah iblis Kaido, rasanya Vegapunk memang mampu untuk menciptakan hal tersebut. Bahkan, buah iblis ini mampu mendekati sumber aslinya.

Apakah kemudian Vegapunk memiliki buah iblis yang jauh lebih baik? Apakah artinya Vegapunk sudah menciptakan banyak buah iblis buatan? Untuk saat ini, hal tersebut sepertinya masih misterius. Namun, melihat bagaimana dia adalah sosok yang perfeksionis dalam menciptakan sesuatu bukan hal mustahil jika Vegapunk sudah menciptakan buah iblis buatan lebih dari satu.

Dari mana kemudian Vegapunk bisa mengetahui semua informasi mengenai pembuatan dari buah iblis tersebut? Kemungkinan besar tidak lain adalah dari buku-buku yang pernah dia baca sebelumnya. Dalam chapter 1066, terungkap bahwa Vegapunk sudah membaca buku-buku milik ilmuwan Ohara. Sebelumnya, buku-buku tersebut ditenggelamkan ke danau sebelum kemudian para rakasasa muncul dan menyelamatkannya.

Buku-buku tersebut kemudian mereka bawa ke pulau Elbaf. Vegapunk kemudian mengaku bahwa dia secara diam-diam pergi ke Elbaf untuk membaca semua isi buku tersebut, yang diizinkan oleh sosok penjaganya, Jaguar D. Saul. Mungkin, buku-buku itu berisi informasi tentang buah iblis yang mana kemudian Vegapunk coba aplikasikan atau tirukan. Dan hasil dari uji coba yang dia lakukan bisa kita lihat dari buah iblis milik Momonosuke.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.