Siapa yang tidak mengenal Stan Lee? Penulis, editor, sekaligus wajah Marvel Comics ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Banyak dari karya-karyanya yang sampai hari ini makin populer di kalangan penggemar, baik di komik maupun Marvel Cinematic Universe. Hal inilah yang sering membuatnya dianggap berseberangan dengan DC. Faktanya di DC Universe sendiri sebenarnya ada karakter parodi yang dimaksudkan untuk mengejek Stan Lee. Di mana penciptanya adalah Jack Kirby, mantan kolaborator Lee yang memutuskan hengkang dari Marvel dan pindah ke DC. Penasaran siapa karakternya? Mari kita bahas.

Funky Flashman, Villain DC Universe

Karakter yang digunakan DC Universe untuk mengejek Stan Lee tidak lain adalah seorang villain bernama Funky Flashman. Seperti yang disinggung di awal, Funky adalah karakter yang diciptakan oleh Jack Kirby ketika dia bekerja untuk DC dan pertama kali diceritakan melalui komik Mister Miracle #6 yang rilis tahun 1972. Di DC Universe parodi Stan Lee ini awalnya digambarkan sebagai seorang pedagang asongan yang dipekerjakan oleh seorang konglomerat bernama Colonel Mockingbird. Namun ketika bosnya meninggal, kehidupan Funky mulai berubah karena dia menguasai semua aset dan harta Mockingbird.

DC Universe stan lee

Dikenal sebagai karakter yang nyeleneh dan sering mengatakan kata aneh seperti “Exelcior!” Funky hanya ditemani oleh seorang pelayan bernama Houseroy. Mirisnya Houseroy sendiri adalah seorang penjilat yang berharap bisa mewarisi semua kekayaan Flashman ketika dia meninggal nanti. Karena tidak mampu mempertahankan kekayaannya, seiring dengan berjalannya waktu semua aset dan harta Funky mulai habis. Pada titik inilah dia mulai mencari pemasukan lain dengan menjadi manager dari seorang New God sekaligus superhero DC Mister Miracle yang bekerja sebagai pesulap ahli meloloskan diri.

Tujuan utama Funky tidak lain adalah merampas teknologi Apokoliptian milik Mister Miracle. Perbuatan serakahnya ini justru malah memberi sinyal kepada pasukan khusus Darkseid’ Female Furies, yang memang tengah mencari keberadaan Mister Miracle karena dia telah lari dari tanggung jawabnya di Planet Apokolips. Sejurus kemudian Female Furies datang dan langsung menghancurkan rumah Funky beserta semua isinya. Sejak saat itulah parodi Stan Lee di DC Universe ini benar-benar kehilangan semua kekayaannya dan kembali menjadi orang miskin hanya dalam hitungan detik.

Anggota Secret Society of Super-Villains

Sementara Mister Miracle bisa melanjutkan kehidupannya, bahkan menikah dengan mantan Female Furies bernama Big Barda, Funky Flashman sebagai parodi Stan Lee di DC Universe hanya bisa menjalani sisa kehidupannya dengan terlunta-lunta mencari pekerjaan baru. Namun karena dia dikenal sebagai sosok karismatik yang mengklaim dirinya hebat dalam ilmu manajemen bisnis, pada akhirnya dia direkrut oleh Secret Society of Super-Villains. Tim supervillain DC yang terdiri dari Lex Luthor, Reverse-Flash, dan lain sebagainya ini menyuruh Funky untuk menjadi humas mereka alias wajah di masyarakat.

DC Universe stan lee

Meskipun tidak memiliki kekuatan super, tetapi sejatinya Funky memang hebat dalam pekerjaannya, apalagi dia dikenal mempunyai kemampuan untuk memanipulasi orang lain dengan kharismanya. Walaupun begitu karena sejak awal dia berafiliasi dengan supervillain, pada akhirnya parodi Stan Lee ini selalu berakhir gagal di DC Universe. Kegagalannya sebagai humas Secret Society of Super-Villains, lantas membuat Funky dikeluarkan dan makin terpuruk. Di sisa hidupnya dia diceritakan menjadi penipu kelas teri yang punya ambisi untuk kembali sukses suatu hari nanti.

Bukti Perselisihan Kirby dan Lee

Perlu kita catat apa yang digambarkan Jack Kirby di DC Universe melalui karakter Funky Flashman ini sebenarnya berbanding terbalik dengan apa terjadi kepada Stan Lee di dunia nyata. Karena faktanya sampai sekarang Lee masih tetap dikenang sebagai wajah Marvel yang tak tergantikan. Marvel Studios bahkan baru saja merilis dokumenter berjudul Stan Lee di Disney+ sebagai bentuk penghormatan kepada pionir Marvel yang meninggal pada tahun 2018 ini. Hal inilah yang baru-baru ini kembali memicu protes Neal Kirby, anak Jack Kirby yang merasa Lee adalah orang yang egois.

DC Universe stan lee

Menurut Neal, Stan Lee telalu sering mengakui hasil karya bersama ayahnya sebagai milik pribadi. Sebagai pengingat, Lee dan Jack Kirby adalah pencipta dari karakter populer Marvel seperti Captain America, Hulk, dan Fantastic Four. Karena sejarah tersebut lah banyak yang merasa bahwa seharusnya Kirby juga mendapatkan eksposur yang sama seperti Lee, tetapi nyatanya tidak. Berbekal perselisihan abadi ini cukup jelas bahwa karakter Funky Flashman sendiri adalah bukti bahwa Kirby setidaknya pernah membenci mantan kolaboratornya, sebelumnya akhirnya dia meninggal pada tahun 1994.

Sekian pembahasan tentang karakter Funky Flashman yang dijadikan bahan ejekan oleh DC Universe dan Jack Kirby kepada Stan Lee. Sekarang karena Marvel dan DC sudah dipegang oleh orang lain, perselihan antara kedua media ini sudah tidak menjadi isu utama lagi. Sayangnya hal yang sama tidak berlaku untuk pihak Kirby dan Lee. Semoga saja suatu hari nanti perselisihan antara kedua tokoh yang sudah meninggal ini bisa selesai, karena sejatinya mereka sama-sama pionir yang telah membuat dunia komik superhero Amerika bisa sebesar sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.