Dalam cerita One Piece sejauh ini Eiichiro Oda sudah memperkenalkan sekitar sembilan keluarga yang ikut jadi pendiri dunia. Sekitar 800 tahun lalu terdapat sebuah perang besar yang merubah tatanan dunia One Piece. Perang tersebut melibatkan 20 kerajaan yang beraliansi untuk menghancurkan sebuah kerajaan besar yaitu Kerajaan Kuno yang sampai saat ini tidak ada informasi mengenai namanya.

Dalam perang tersebut aliansi tersebut berhasil menang atas Kerajaan Kuno. Mereka pun kemudian mendikiran organisasi World Government yang mana hal itu dianggap jadi awal dunia One Piece. Dan 20 kerajaan tersebut dianggap menjadi para pendiri dunia dan memiliki titel naga langit. Tetapi, dari 20 nama keluarga pendiri dunia tersebut baru sembilan keluarga yang sudah diketahui sejauh ini. Siapa saja?

Keluarga Nefertari

Nama keluarga pendiri dunia pertama yang Eiichiro Oda perkenalkan dalam cerita One Piece adalah keluarga Nefertari. Keluarga kerajaan ini pertama kali muncul di awal cerita yaitu di arc Alabasta. Saat itu, Crocodile berusaha untuk mencari keberadaan salah satu Senjata Kuno yang tidak lain adalah Pluton. Namun, kemudian kelompok Topi Jerami berhasil muncul dan mengalahkan Crocodile.

keluarga pendiri dunia one piece

Keluarga Nefertari sendiri merupakan keluarga pendiri dunia yang unik. Meskipun dia jadi salah satu yang ikut membentuk World Government, namun mereka menolak status naga langit dan bahkan memutuskan untuk tidak ikut tinggal di wilayah Mary Geoise. Mereka memutuskan untuk tetap tinggal di kerajaan Alabasta. Sayangnya, justru keluarga ini dianggap pengkhianat dan jadi musuh bagi yang lain.

Keluarga Donquixote

Keluarga Donquixote adalah nama keluarga pendiri dunia pertama lainnya yang muncul dalam cerita One Piece. Fakta ini terungkap dalam arc Dressrosa dalam kilas balik masa lalu Donquixote Doflamingo. Dalam kilas balik tersebut terungkap jika keluarga Donquixote merupakan salah satu keluarga pendiri dunia dengan beberapa anggota keluarga mereka yang sudah terungkap.

keluarga pendiri dunia one piece

Contohnya adalah Doflamingo, Homing, Rosinante, istri dan ibu dari Homing dan Rosinante serta Doflamingo, dan juga Mjosgard. Homing sendiri merupakan ayah dari Doflamingo dan Rosinante yang memutuskan untuk keluarg dari Mary Geoise dan jadi rakyat biasa. Sayangnya, nasib Homing dan istrinya harus berakhir tragis. Tidak diketahui apakah masih ada keluarga Donquixote lainnya selain Mjosgard di Mary Geoise.

Keluarga Figarland

Keluarga Figarland adalah salah satu nama keluarga pendiri dunia lainnya selain keluarga Donquixote. Nama keluarga Figarland pertama kali muncul dalam booklet One Piece 4 Billion. Selain itu, nama ini juga muncul dalam film One Piece Film: Red di mana Gorosei menganggap Uta jadi bagian dari keluarga Figarland karena diketahui di adalah anak dari Shanks.

keluarga pendiri dunia one piece

Sejauh ini, baru ada dua orang yang diketahui jadi bagian dari keluarga Figarland. Mereka adalah Shanks dan juga Garling. Yang menarik adalah Garling dan Shanks memiliki dua pekerjaan berbeda. Shanks adalah seorang bajak laut dengan titel Yonko, sedangkan Garling adalah pemimpin dari kelompok milik Im dan Gorosei yaitu Holy Knight.

Keluarga Jaygarcia

Keluarga Jaygarcia adalah salah satu keluarga yang baru Oda perkenalkan di arc Egghead saat ini. Nama keluarga ini pertama kali muncul di chapter 1073 ketika salah satu Gorosei yaitu Saint Jaygarcia Saturn ikut untuk pergi ke Egghead. Di chapter 1086 terungkap jika para Gorosei memiliki peranan masing-masing. Untuk Saturn sendiri dia mengurusi masalah teknologi. Karena itulah, dia memutuskan untuk ikut pergi ke Egghead. Selain Saturn, belum diketahui lagi siapa karakter dari keluarga Jaygarcia.

Keluarga Markus

Keluarga Markus juga baru Oda perkenalkan dalam ceritanya. Namanya muncul pertama kali di chapter 1086 kemarin setelah puluhan tahun menjadi misteri. Salah satu Gorosei diketahui merupakan bagian dari keluarga ini, yaitu Saint Markus Mars. Dia memiliki tugas untuk mengurusi masalah lingkungan. Dalam ceritanya, memang Markus Mars jarang muncul dan terlibat dalam cerita. Tidak diketahui siapa lagi anggota keluarga ini.

Keluarga Topman

Keluarga pendiri dunia yang juga diperkenalkan di chapter 1086 adalah keluarga Topman. Salah satu anggota keluarga ini adalah Gorosei yaitu Saint Topman Walcury. Walcury memiliki tugas dalam urusan hukum. Dalam ceritanya dia sempat muncul beberapa kali, misalnya ketika dia marah saat pihak angkatan laut memasukan nama D dalam poster buruan terbaru Luffy. Keluarga ini pun baru satu orang anggota keluarga yang Oda perlihatkan.

Keluarga Shepard

Gorosei lainnya yang jadi bagian dari salah satu keluarga pendiri dunia adalah Saint Shepard Ju Peter. Dia memiliki peranan dalam urusan agrikultur atau pertanian dan perkebunan di dunia One Piece. Sosok Ju Peter dianggap yang paling muda dari anggota Gorosei lainnya. Tidak diketahui siapa lagi anggota keluarga Shepard dalam cerita One Piece selain Ju Peter.

Keluarga Ethan Baron

Keluarga pendiri dunia terakhir dari pihak Gorosei adalah Ethan Baron. Anggota dari keluarga ini adalah Saint Ethan Baron V. Nusjuro. Dia adalah gorosei yang mengurusi masalah keuangan. Gorosei ini bisa dibilang unik karena memiliki penampilan yang berbeda, di mana pakaiannya cukup tradisional. Hal inilah yang membuat banyak orang berpikir jika keluarga Ethan Baron mungkin berasal dari Wano. Namun, bagaimana kemudian keluarga ini bisa jadi salah satu pendiri dunia masih jadi misteri.

Keluarga Nerona

keluarga pendiri dunia one piece

Seperti halnya nama keluarga para Gorosei, nama keluarga Nerona sendiri baru Oda hadirkan di chapter 1086 kemarin. Dan yang menarik adalah dalam chapter tersebut terungkap jika keluarga Nerona merupakan keluarga asal dari sosok Im sang pemimpin dunia. Jadi, nama lengkap Im adalah Saint Nerona Im. Menurut penjelasan Ivankov, nama Nerona Im sendiri sudah ada sejak 800 tahun lalu. Dia kemungkinan menggunakan kekuatan yang bisa membuatnya hidup abadi atau berumur panjang.

Dari 20 keluarga kerajaan yang sudah membangun dunia One Piece memang Oda Sensei baru memperkenalkan sekitar sembilan keluarga. Yang menarik adalah tidak semua keluarga pendiri dunia One Piece sejalan pemahamannya seperti keluarga Nefertari. Menarik tentunya untuk mengetahui keluarga pendiri dunia One Piece lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.