Ada berbagai fakta menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui tentang sosok salah satu Gorosei yang muncul di chapter terbaru One Piece yaitu Saint Jaygarcia Saturn. Dalam chapter tersebut diperlihatkan jika Gorosei itu ikut dalam rombongan kapal angkatan laut yang dipimpin oleh Kizaru menuju pulau Egghead. Besar kemungkinan dia juga hendak pergi ke pulau tersebut.

Gorosei merupakan salah satu otoritas tertinggi dalam dunia One Piece, yang sampai saat ini masih jadi misteri besar. Eiichiro Oda masih belum banyak menghadirkan informasi tentang lima tetua bintang tersebut, meskipun saat ini mereka sudah mulai aktif untuk bergerak. Munculnya salah satu Gorosei di chapter 1073 kemarin jelas mengejutkan para fans. Ada beberapa fakta menarik tentang Saint Jaygarcia Saturn yang sudah dihadirkan sejauh ini. Apa saja?

Gorosei Pertama Yang Oda Ungkap Namanya

Seperti dijelaskan di atas, bahwa Eiichiro Oda masih belum mengungkapkan banyak informasi tentang Gorosei. Bahkan, Oda belum memberi tahu siapa nama-nama mereka. Namun, untuk pertama kalinya, di chapter 1073 akhirnya Oda mengungkapkan nama salah satu dari mereka yaitu Saint Jaygarcia Saturn. Artinya para fans harus menunggu lebih dari dua dekade untuk mengetahui siapa nama mereka atau salah satu dari mereka.

Terlepas dari hal tersebut tentunya hal ini disambut baik oleh para fans. Ini bisa jadi sinyal jika Oda mungkin akan menghadirkan nama-nama Gorosei lainnya. Hal tersebut mengingat cerita One Piece sudah mulai memasuki fase terakhir. Dan para Gorosei juga sudah mulai banyak terlibat dalam berbagai cerita, seperti dalam arc pulau Egghead ini. Hanya tinggal masalah waktu sebelum Oda memperkenalkan para Gorosei lainnya.

Pernah Bertemu Vegapunk

Selain memperkenalkan salah satu nama Gorosei untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir, chapter 1073 juga menghadirkan fakta lain. Ternyata, Saint Jaygarcia Saturn pernah bertemu dengan Vegapunk pada masa lalu. Hal ini diketahui saat Kizaru bertanya apakah Saturn pernah bertemu dengan sang ilmuwan. Gorosei itu kemudian menjawab jika mereka pernah bertemu sekali pada masa lalu.

Sayangnya, tidak dijelaskan kapan pertemuan itu terjadi dan apa yang mereka bahas dalam pertemuan tersebut. Namun, bisa jadi, mereka bertemu untuk membahas berbagai proyek penemuan atau teknologi yang harus ditemukan dan dikerjakan oleh Vegapunk. Bisa juga mereka membahas tentang apa saja hal-hal yang tidak bisa atau tidak boleh dilakukan oleh Vegapunk.

Memiliki banyak pengetahuan

Saint Jaygarcia Saturn diketahui memiliki banyak pengetahuan yang dibuktikan dari berbagai hal yang dia pernah ucapkan. Misalnya, setiap kali momen Gorosei muncul dalam sebuah panel atau cerita Saturn selalu menjadi sosok yang banyak menyampaikan informasi. Contohnya, pada chapter 594 dia sempat membahas tentang koneksi Luffy dan Garp di mana dia menyebutkan jika dia tidak terkejut dengan hubungan kakek dan cucu tersebut.

Kemudian, dia juga pernah membahas tentang pergerakan dari sosok Blackbeard pasca perang besar di Marineford. Dan Saint Jaygarcia Saturnini juga yang mengungkapkan informasi bahwa ada buah iblis legendaris yang selama ini masih misterius, dan diketahui belum ada orang yang berhasil membangkitkannya dalam 800 tahun terakhir. Buah iblis tersebut tidak lain Hito Hito no Mi, Model: Nika yang dikonsumsi Luffy.

Sosok Yang Meminta luffy untuk dihabisi

Dalam chapter 1042, kita melihat bagaimana salah satu agen CP0 yang berada di Onigashima, Guernica, mendapatkan perintah untuk menghabisi Monkey D. Luffy. Padahal, saat itu, Luffy sedang bertarung menghadapi Kaido. Guernica sendiri coba memberikan penjelasan tentang kondisi tersebut, yang mana sosok yang memberikan perintah tersebut tidak peduli dengan situasi dan kondisinya.

Dan di akhir chapter tersebut kita melihat Guernica menganggu jalannya pertarungan, yang berakhir dengan kematian sang agen. Kemudian terungkap jika Saint Jaygarcia Saturn adalah sosok yang memberikan perintah untuk menghabisi Luffy. Dia hanya ingin Luffy dihentikan, bagaimana pun caranya. Gorosei ini tahu jika Luffy akan memberikan potensi bahaya besar bagi mereka pada masa yang akan datang.

Mampu Mengaktifkan Buster Call

Sebagai salah satu dari Lima Tetua Bintang alias Gorosei, Saint Jaygarcia Saturn jelas memiliki wewenang yang lebih. Dia memiliki kekuatan dan kekuasaan di atas yang lain, kecuali Im. Dan salah satu kekuasaan dan kekuatan yang dia miliki adalah dia bisa menginisiasi atau memulai serangan Buster Call. Seperti yang Geeks ketahui, Buster Call adalah penyerangan skala besar dari angkatan laut.

Mereka akan mengerahkan hampir semua armada untuk menghancurkan satu target. Tidak sembarangan orang bisa mengaktifkan Buster Call. Hanya orang-orang yang memiliki jabatan tinggi, seperti Gorosei, yang bisa mengaktifkannya. Dengan Saint Jaygarcia merupakan bagian dari Gorosei artinya dia bisa mengaktifkan Buster Call. Bisa jadi, momen penyerangan ke pulau Egghead pun sebenarnya diinisiasi oleh Saturn.

Mampu Mengendalikan Seraphim

Fakta Saint Jaygarcia Saturn yang terakhir adalah dia bisa mengendalikan Seraphim. Dalam chapter sebelumnya terungkap jika Seraphim memiliki sistem hierarki tentang siapa saja yang memerintah manusia buatan Vegapunk tersebut. Mereka adalah Gorosei, Vegapunk, Sentomaru, atau siapa pun yang memiliki Authority Chip. Gorosei berada di peringkat pertama dari hierarki tersebut.

Seperti halnya Buster Call, artinya Saint Jaygarcia mampu untuk mengendalikan Seraphim. Hal ini karena dia merupakan bagian dari Gorosei. Mungkin, inilah alasan mengapa kemudian Saint Jaygarcia muncul atau ikut ke pulau Egghead. Dia tahu untuk bisa mengendalikan Seraphim maka dia butuh untuk bisa datang ke pulau tersebut. Karena itulah, dia memutuskan untuk ikut dalam rombongan Kizaru.

Kemunculan Saint Jaygarcia Saturn di chapter 1073 kemarin, memberikan tanda bahwa puncak cerita di pulau Egghead akan segera terjadi. Akan ada sesuatu yang luar biasa dahsyat yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat. Di sisi lain, ini juga mungkin jadi tanda bahwa Oda akan mulai menghadirkan titik terang tentang identitas para Gorosei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.